Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SKIL HUMAS RUMAH SAKIT



Skil Humas rumah sakit dapat diartikan sebagai medan keterampilan yang seharusnya dimiliki dan dikuasai oleh sumber daya manusia (SDM) Humas rumah sakit. Untuk apa memiliki suatu keterampilan? Supaya Humas rumah sakit mengetahui dan mendalami keterampilan itu, agar Humas rumah sakit dapat mewujudkan kinerjanya yang berhasil di bidang Humas rumah sakit.

Setiap SDM usaha apa pun dan dipekerjakan di bidang apa pun, selalu diharapkan oleh Manajemen usaha untuk mewujudkan kinerja terbaik di bidang pekerjaan yang dilakukan, khususnya di bidang usaha sebagai SDM Humas rumah sakit. Selain diharapkan oleh sebuah Manajemen usaha, diharapkan juga oleh setiap SDM Humas untuk dapat berhasil dalam menunaikan tugasnya sebagai SDM Humas rumah sakit. Syukur-syukur akan mendapatkan penghargaan berupa sertifikat dari Manajemen rumah sakit, yang dapat diartikan sebagai pengakuan pada hasil kerja yang telah dilakukan oleh SDM Humas, sekaligus difoto pada saat menerima penghargaan itu, dan akhirnya menjadi sebuah kenangan yang indah untuk seumur hidup hehehe. 

Untuk mewujudkan kinerja terbaik dari SDM Humas rumah sakit, maka ada beberapa skil (keterampilan) yang harus dimiliki dan dikuasai oleh SDM Humas rumah sakit, antara lain:
1.      Skil yang pertama
a.      Bisa menulis berita dengan baik (silahkan terbitkan sebuah “majalah” di rumah sakit)
b.      Hasil tulisannya bisa dikirimkan pada beberapa majalah/koran/media online
c.       Menjadi seorang blogger untuk kebutuhan para pelangganya
2.      Skil yang kedua
a.      Mempunyai hubungan baik dengan wartawan cetak dan elektronik serta yang terkait dengan media online
b.      Kalau ada berita yang kurang baik pada keadaan rumah sakit (keluhan/kritik), segera bisa diinfokan kondisi pelayanan rumah sakit yang benar
3.      Skil yang ketiga
a.      Menguasai teknologi komunikasi dan komputer (video vlog)
b.      Memberikan konten personal dalam bentuk artikel, video, foto
4.      Skil yang keempat
a.      Aktif melihat perkembangan di media sosial
b.      Selalu bertindak sebagai seorang marketer
c.       Menginfokan mengenai daya beda (DB) dan daya tarik (DT) dari produk pelayanan jasa rumah sakit
5.      Skil yang kelima
a.      Memiliki jaringan dengan pelanggan (pasien)
b.      Memberikan informasi waktu kontrol pasien
c.       Memberikan informasi dan menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada pasien rumah sakit
d.      Memberikan informasi mengenai produk pelayanan jasa yang baru di rumah sakit
6.      Skil yang keenam
a.      Memiliki jaringan dengan instansi Pemerintah
b.      Memiliki jaringan dengan instansi Swasta
7.      Skil yang ketujuh
a.      Menjadi seorang teman untuk melakukan diskusi dengan pengguna pelayanan rumah sakit
b.      Bertindak sebagai pendengar yang baik
c.       Memberikan informasi yang membantu lawan bicara
8.      Skil yang kedelapan
a.      Menguasai public speaking (ceramah, pidato) yang bertujuan memberikan informasi, memengaruhi atau menghibur audiens
b.      Membaca buku-buku yang berhubungan dengan master of ceremonies (MC) profesional
9.      Skil yang kesembilan
a.      Mengikuti perkembangan berita atau informasi yang berkaitan dengan rumah sakit, produk kesehatan lain atau umum
b.      Suka membaca “surat kabar” dan “majalah”
10. Skil yang kesepuluh
a.      Memiliki jiwa kebersamaan dalam bekerja pada sebuah tim serta kreatif (team building)
b.      Melakukan kolaborasi dari berbagai tugas
c.       Mengembangkan kerja kelompok (team work)
11. Skil yang kesebelas
a.      Mampu menangani program komputer sesuai kebutuhan Humas
b.      Bisa bekerjasama dengan programmer
12. Skil yang keduabelas
Lincah dan cepat dalam memberikan berbagai informasi tentang produk jasa rumah sakit
13. Skil yang ketigabelas
a.      Memahami data rumah sakit
b.      Mampu menganalisis data tersebut secara statistik
c.       Mampu memberikan informasi kepada khalayak sesuai yang diharapkan
14. Skil yang keempatbelas
a.      Memiliki mobile (HP) yang canggih
b.      Mampu menulis dan memiliki data dari produk jasa rumah sakit
15. Skil yang kelimabelas
Penanganan pengambilan video yang menarik bagi banyak calon pasien

Untuk memiliki dan menguasai skil Humas rumah sakit seperti yang disebutkan di atas, tentu tidak mudah dan butuh waktu yang serius untuk diterapkan dalam semangat dari SDM Humas. Hal ini merupakan suatu kewajaran bagi setiap SDM di rumah sakit, untuk selalu berusaha memiliki kinerja yang baik dalam tugasnya, sehingga mampu memiliki kinerja terbaik dalam pekerjaan yang sedang diemban. Demikian juga untuk SDM Humas rumah sakit, harus berusaha bekerja keras dan disiplin dalam tugasnya sehingga rumah sakit Anda semakin dipercaya oleh masyarakat di wilayahnya.

Merebut simpati masyarakat untuk setiap produk pelayanan yang ada di rumah sakit, merupakan hasil dari kerja keras SDM rumah sakit secara keseluruhan, yang selalu peduli kepada kepentingan dan kebutuhan pasien dan calon pasien yang memeriksakan dirinya pada pelayanan rumah sakit. Untuk itu, SDM Humas harus terus-menerus meningkatkan pengetahuannya pada skil yang seharusnya dimiliki oleh SDM Humas rumah sakit, agar pelayanan rumah sakit semakin mendapat kepercayaan dari khalayak yang memilih memeriksakan kesehatannya pada produk pelayanan rumah sakit, sesuai penyakit yang diderita oleh pasien. Selamat melayani dan selamat untuk selalu memoles pelayanannya dalam melayani dan menghadapi masyarakat pengguna kesehatan.

Post a Comment for "SKIL HUMAS RUMAH SAKIT"