SKIL HUMAS RUMAH SAKIT
Skil Humas rumah sakit dapat diartikan sebagai medan keterampilan yang seharusnya dimiliki dan dikuasai oleh sumber daya manusia (SDM) Humas rumah sakit. Untuk apa memiliki suatu keterampilan? Supaya Humas rumah sakit mengetahui dan mendalami keterampilan itu, agar Humas rumah sakit dapat mewujudkan kinerjanya yang berhasil di bidang Humas rumah sakit.
Setiap
SDM usaha apa pun dan dipekerjakan di bidang apa pun, selalu diharapkan oleh
Manajemen usaha untuk mewujudkan kinerja terbaik di bidang pekerjaan yang
dilakukan, khususnya di bidang usaha sebagai SDM Humas rumah sakit. Selain
diharapkan oleh sebuah Manajemen usaha, diharapkan juga oleh setiap SDM Humas
untuk dapat berhasil dalam menunaikan tugasnya sebagai SDM Humas rumah sakit.
Syukur-syukur akan mendapatkan penghargaan berupa sertifikat dari Manajemen
rumah sakit, yang dapat diartikan sebagai pengakuan pada hasil kerja yang telah
dilakukan oleh SDM Humas, sekaligus difoto pada saat menerima penghargaan itu, dan
akhirnya menjadi sebuah kenangan yang indah untuk seumur hidup hehehe.
Untuk
mewujudkan kinerja terbaik dari SDM Humas rumah sakit, maka ada beberapa skil
(keterampilan) yang harus dimiliki dan dikuasai oleh SDM Humas rumah sakit,
antara lain:
1. Skil
yang pertama
a.
Bisa menulis berita dengan baik (silahkan terbitkan
sebuah “majalah” di rumah sakit)
b.
Hasil tulisannya bisa dikirimkan pada
beberapa majalah/koran/media online
c.
Menjadi seorang blogger untuk kebutuhan para pelangganya
2. Skil
yang kedua
a.
Mempunyai hubungan baik dengan wartawan
cetak dan elektronik serta yang terkait dengan media online
b.
Kalau ada berita yang kurang baik pada keadaan
rumah sakit (keluhan/kritik), segera bisa diinfokan kondisi pelayanan rumah
sakit yang benar
3. Skil
yang ketiga
a.
Menguasai teknologi komunikasi dan
komputer (video vlog)
b.
Memberikan konten personal dalam bentuk
artikel, video, foto
4. Skil
yang keempat
a. Aktif
melihat perkembangan di media sosial
b. Selalu
bertindak sebagai seorang marketer
c. Menginfokan
mengenai daya beda (DB) dan daya tarik (DT) dari produk pelayanan jasa rumah
sakit
5. Skil
yang kelima
a. Memiliki
jaringan dengan pelanggan (pasien)
b. Memberikan
informasi waktu kontrol pasien
c. Memberikan
informasi dan menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada pasien rumah sakit
d. Memberikan
informasi mengenai produk pelayanan jasa yang baru di rumah sakit
6. Skil
yang keenam
a.
Memiliki jaringan dengan instansi
Pemerintah
b.
Memiliki jaringan dengan instansi Swasta
7. Skil
yang ketujuh
a.
Menjadi seorang teman untuk melakukan
diskusi dengan pengguna pelayanan rumah sakit
b.
Bertindak sebagai pendengar yang baik
c.
Memberikan informasi yang membantu lawan
bicara
8. Skil
yang kedelapan
a.
Menguasai public speaking (ceramah, pidato) yang
bertujuan memberikan informasi, memengaruhi atau menghibur audiens
b.
Membaca buku-buku yang berhubungan dengan master of ceremonies (MC) profesional
9. Skil
yang kesembilan
a.
Mengikuti perkembangan berita atau
informasi yang berkaitan dengan rumah sakit, produk kesehatan lain atau umum
b.
Suka membaca “surat kabar” dan “majalah”
10. Skil
yang kesepuluh
a.
Memiliki jiwa kebersamaan dalam bekerja
pada sebuah tim serta kreatif (team building)
b.
Melakukan kolaborasi dari berbagai tugas
c.
Mengembangkan kerja kelompok (team work)
11. Skil
yang kesebelas
a. Mampu
menangani program komputer sesuai kebutuhan Humas
b. Bisa
bekerjasama dengan programmer
12. Skil
yang keduabelas
Lincah
dan cepat dalam memberikan berbagai informasi tentang produk jasa rumah sakit
13. Skil
yang ketigabelas
a. Memahami
data rumah sakit
b. Mampu
menganalisis data tersebut secara statistik
c. Mampu
memberikan informasi kepada khalayak sesuai yang diharapkan
14. Skil
yang keempatbelas
a. Memiliki
mobile (HP) yang canggih
b. Mampu
menulis dan memiliki data dari produk jasa rumah sakit
15. Skil
yang kelimabelas
Penanganan pengambilan video yang menarik bagi banyak
calon pasien
Untuk
memiliki dan menguasai skil Humas rumah sakit seperti yang disebutkan di atas,
tentu tidak mudah dan butuh waktu yang serius untuk diterapkan dalam semangat
dari SDM Humas. Hal ini merupakan suatu kewajaran bagi setiap SDM di rumah
sakit, untuk selalu berusaha memiliki kinerja yang baik dalam tugasnya,
sehingga mampu memiliki kinerja terbaik dalam pekerjaan yang sedang diemban. Demikian
juga untuk SDM Humas rumah sakit, harus berusaha bekerja keras dan disiplin dalam
tugasnya sehingga rumah sakit Anda semakin dipercaya oleh masyarakat di
wilayahnya.
Merebut
simpati masyarakat untuk setiap produk pelayanan yang ada di rumah sakit,
merupakan hasil dari kerja keras SDM rumah sakit secara keseluruhan, yang selalu
peduli kepada kepentingan dan kebutuhan pasien dan calon pasien yang
memeriksakan dirinya pada pelayanan rumah sakit. Untuk itu, SDM Humas harus
terus-menerus meningkatkan pengetahuannya pada skil yang seharusnya dimiliki
oleh SDM Humas rumah sakit, agar pelayanan rumah sakit semakin mendapat
kepercayaan dari khalayak yang memilih memeriksakan kesehatannya pada produk
pelayanan rumah sakit, sesuai penyakit yang diderita oleh pasien. Selamat
melayani dan selamat untuk selalu memoles pelayanannya dalam melayani dan menghadapi
masyarakat pengguna kesehatan.
Post a Comment for "SKIL HUMAS RUMAH SAKIT"