Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PESTA YAAHOWU, PEMBERI INSPIRASI MEMBANGUN PARIWISATA



Pesta Yaahowu di Kepulauan Nias, kembali digelar pada bulan November tahun 2019 ini di lapangan Merdeka Ibukota Kecamatan Lahomi dan Pantai Indah Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara (Sumut). Yaahowu Nias Festival ini merupakan sebuah kegiatan besar bagi masyarakat Kepulauan Nias, dalam usaha untuk menampilkan kekayaan “Budaya Nias” yang bisa dikatakan budaya adiluhung dari Kepulauan Nias yang telah dipelihara oleh generasi dari orang-orang Nias dari waktu ke waktu. Hebatnya, Budaya leluhur nenek moyang Kepulauan Nias ini, masih dipelihara oleh orang-orang Nias sampai sekarang.

Pelaksanaan kegiatan Pesta Yaahowu Nias Festival ini, merupakan sebuah event pariwisata Kepulauan Nias dalam upaya untuk mensosialisasi pariwisata kepada masyarakat serta sebagai atraksi wisata bagi para wisatawan, baik untuk wisatawan nusantara (Wisnus) maupun untuk wisatawan manca negara (Wisman). Beberapa kegiatan yang akan mengisi acara Pesta Yaahowu Nias Festival kali ini merupakan ide kreatif dari penyelenggara Pesta Yaahowu Nias Festival di Nias Barat. Kegiatan-kegiatan yang akan ditampilkan pada acara Pesta Yaahowu Nias Festival ini, meliputi:
1.      Ya'ahowu Nias Karnaval
2.      Pagelaran tarian tradisional khas masing-masing daerah Se-Kepulauan Nias
3.      Pagelaran Atraksi Budaya
4.      Lomba Permainan Rakyat
5.      Perlombaan Olahraga
6.      Lomba Atraksi Silat Tradisional
7.      Lomba Kreasi Kerajinan Tangan Dari Bahan Sinasa
8.      Festival Kuliner Nias
9.      Yaahowu Idol 2019
10.  Pemilihan Putri Pariwisata Kepulauan Nias 2019
11.  Festival Ya'ahowu Camping Ground
12.  Hiburan yang dipersembahkan oleh Artis Lokal dan Artis Nasional

Wow . . kegiatan-kegiatan yang akan ditampilkan pada acara Pesta Yaahowu Nias Festival yang dilaksanakan di wilayah Kabupaten Nias Barat ini, sangat beraneka-ragam, sekaligus memertontonkan berbagai tarian dari masing-masing Kabupaten dan Kota se-Kepulauan Nias. Pada dasarnya berbagai kegiatan yang dilaksanakan pada acara Pesta Yaahowu Nias Festival, merupakan stimulan bagi masing-masing Kabupaten dan Kota untuk menyatukan langkah di dalam memajukan dan mengembangkan Pariwisata di Kepulauan Nias.

Sebagai perwujudan sekaligus menggali berbagai unsur budaya yang telah hidup ditengah-tengah masyarakat  Kepulauan Nias, akan ditampilkan pada waktu pelaksanaan Pesta Yaahowu Nias Festival ini, yang bisa dinikmati oleh masyarakat Kepulauan Nias  dan para wisatawan dari nusantara Indonesia dan dari mancanegara. Inilah pertunjukkan ‘Budaya Kepulauan Nias’ kepada Anda, yang menghargai nilai budaya yang sudah berlangsung lama dan hidup ditengah-tengah masyarakat Kepulauan Nias berabad-abad yang lalu.

Untuk itu, pada Pesta Yaahowu Nias Festival yang dilaksanakan pada tanggal 16-20 November 2019 mendatang, barangkali akan menampilkan juga wajah-wajah budaya Nias yang masih hidup sampai sekarang, seperti memahat kayu, tari Maena, tari Perang, dan tarian-tarian yang lain, serta pertunjukkan perihal kerajinan-kerajinan khas Kepulauan Nias yang hanya dapat dilihat dan diketahui, apabila para wisatawan berlomba untuk datang di wilayah Kepaulauan Nias di waktu terlaksananya Pesta Yaahowu Nias Festival di wilayah Nias Barat.


Kalau kita lihat persiapannya sudah sangat memberi harapan bisa berhasil, bahkan informasi pelaksanaan Pesta Yaahowu ini, sudah di lauching di Jakarta pada tanggal 18 Juli 2019 yang lalu. Mengapa kegiatan ‘Ya’ahowu Nias Festival 2019’ di lauching di Jakarta? Tentu ada pertimbangan khusus dari Pelaksana Pesta Yaahowu Nias Festival ini, yah . . paling tidak untuk memberikan informasi kepada berbagai pihak atau kepada masyarakat Indonesia bahwa akan ada kegiatan Yaahowu Nias Festival pada bulan November di Kabupaten Nias Barat.

Memang seyogyanya acara launching kegiatan Yaahowu Nias Festival, sebaiknya dapat dilaksanakan di Kabupaten Nias Barat yang dihadiri oleh pejabat-pejabat dari Pusat dan Provinsi Sumatera Utara, sekaligus melakukan pengecekan tentang persiapan yang sudah diwujudkan di Nias Barat sampai saat launching. Tetapi barangkali karena faktor kesibukan dari para pejabat yang terhormat ini, maka akhirnya acara launching kegiatan yang maha besar di Kepulauan Nias ini, terpaksa gongnya dibunyikan di Jakarta.

Tapi apa daya ya, letak geografis Kepulauan Nias memang jauh dari mana-mana, jauh dari Kota Medan dan jauh juga dari Kota Jakarta hehehe. Karena letak geografisnya jauh, maka tidak salah apabila Kepulauan Nias ini bisa dijadikan sebagai salah satu Provinsi di Indonesia. Artinya bisa mengatur sendiri mengenai kebutuhannya, seperti jalan lingkar Kepulauan Nias, jalan Provinsi serta jalan Kabupaten dan Kota. Kalau sekarang serba menunggu untuk menangani kebutuhan yang sangat vital bagi masyarakatnya, seperti jalan Provinsi yang ada di Kepulauan Nias masih harus menunggu kebaikan hati dari Provinsi Sumatera Utara. Masalah listrik dan air bersih juga masih menunggu kebaikan hati dari Provinsi dan Pusat.

Karena itu, pada pelaksanaan kegiatan Yaahowu Nias Festival tahun 2019 ini, sangat berharap adanya kebaikan hati dari Provinsi dan Pusat, agar Kepulauan Nias ini diberi peluang untuk menjadi salah satu Provinsi di Indonesia tercinta ini. Apabila telah menjadi Provinsi Kepulauan Nias, barangkali rantai birokrasinya tidak perlu panjang-panjang, tetapi bisa menangani sendiri birokrasinya sebagai follow up dari harapan dan keinginan Presiden Jokowi, agar bisa membuat simpel dan mudah menangani daerahnya, yang kebetulan letak geografisnya berada di kawasan barat Indonesia yang sudah berbatasan langsung dengan Lautan Hindia.

Harapan ini, semoga bisa mengetuk hati para pengambil kebijakan di Jakarta dan Medan, untuk menjadikan Kepulauan Nias menjadi sebuah Provinsi di Indonesia. Kami di Kepulauan Nias tidak perlu banyak mengeluarkan biaya perjalanan dinas untuk mengurus segala sesuatu di Medan dan Jakarta, tetapi justru dana perjalanan dinas sebesar itu, bisa dimanfaatkan pada hal-hal yang lebih bermanfaat bagi masyarakat Kepulauan Nias. Sekaligus keinginan ini dalam upaya menyambut keinginan Bapak Menteri Dalam Negeri untuk melakukan penghematan atas biaya perjalanan dinas di dalam dan luar negeri.
Memang pada pelaksanaan kegiatan yang besar ini di Kepuluan Nias, khususnya di Kabupaten Nias Barat yang menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan Yaahowu Nias Festival ini, tentu kegiatan ini berhubungan erat dengan hadirnya para wisatawan di bumi Kepulauan Nias pada waktu acara dilaksanakan maupun setelah dilaksanakan kegiatan Yaahowu Nias Festival. Kedatangan wisatawan nusantara (Wisnus) dan wisatawan mancanegara (Wisman) untuk melihat dan merasakan perihal nilai budaya Kepulauan Nias yang unik dan khas ini, akan semakin menggiurkan wisatawan untuk datang di Kepulauan Nias pada waktu yang akan datang.

Selain itu, harapan besar masyarakat Kepulauan Nias di saat dimulainya kegiatan Yaahowu Nias Festival di bulan November mendatang, dapat dihadiri dan sekaligus membuka kegiatan budaya Kepulauan Nias ini oleh Presiden Jokowi, yang telah menjadi Pemimpin dan Sahabat yang telah akrab dengan masyarakat Kepulauan Nias. Yaahowu untuk Bapak Presiden Joko Widodo.

Post a Comment for "PESTA YAAHOWU, PEMBERI INSPIRASI MEMBANGUN PARIWISATA"