DISAIN KERJA HUMAS RUMAH SAKIT
PROFESI
Humas sudah diketahui banyak oleh masyarakat termasuk instansi pemerintah dan
swasta. Di berbagai organisasi sudah membuka peluang bagi yang memiliki profesi
Humas ini, untuk bergabung dan memajukan organisasi yang dimiliki. Mengapa
Humas penting bagi organisasi? Karena Humas itu bekerja dengan seni manajemen
agar disukai dan dihormati oleh sumber daya manusia (SDM) organisasi, para
pelanggan organisasi, dan para penyalur kebutuhan yang berhubungan dengan
organisasi. Wow . . sangat keren ya hehehe
Hal
yang sangat menarik lagi pada profesi Humas ini yaitu melakukan evaluasi
terhadap sikap-sikap publik (masyarakat) pada organisasinya. Lalu mengidentifikasi
kebijakan dan prosedur yang berlaku di organisasinya dalam melayani publiknya,
menyusun rencana serta menjalankan program-program komunikasi untuk memperoleh
pemahaman dan penerimaan publik terhadap organisasinya. Wow . . apa pun
organisasinya, pasti sangat memerhatikan mengenai pendapat publik terhadap
organisasinya. Kalau pendapat publik terhadap organisasinya baik ya akan
dilanjutkan perihal program kerja dari organisasi tersebut, tetapi kalau
sebaliknya pendapat publik termasuk kurang baik atau organisasinya kurang
memberi manfaat bagi publik ya mestinya Manajemennya harus meneliti dan
mendalami mengapa organisasinya kurang diterima oleh publik.
Mari
kita belajar dari sebuah organisasi rumah sakit, yang tiba-tiba berhembus
berita yang kurang menguntungkan rumah sakit, yaitu “Mahal”. Apa dampaknya?
Pengunjung rumah sakit mendadak menurun sekaligus penerimaan rumah sakit juga
ikut menurun. Menghadapi situasi seperti ini tentu tidak gampang, butuh waktu
untuk menjelaskannya kepada masyarakat, melalui berbagai saluran informasi
mengenai keadaan rumah sakit dan usaha Manajemen rumah sakit untuk menjadikan
pasien itu bukan merupakan sebuah objek, melainkan sebagai subjek pelayanan
rumah sakit. Sebagai subjek pelayanan, maka pasien sangat diperhatikan mengenai
kondisi penyakit yang diderita, sehingga biaya yang dibebankan kepada pasien
sesuai kondisi pasien itu sendiri.
Pada
dasarnya Humas itu memiliki berbagai macam program yang dirancang untuk
mempromosikan atau melindungi citra organisasi atau produk jasa pelayanannya
kepada publik (masyarakat). Untuk mewujudkan program kerja dalam upaya untuk
merancang dan mempromosikan sebuah hotel, Humas hotel harus mengetahui lebih
dahulu mengenai apa itu housekeeping,
front office, dan rooms di hotel tersebut. Dengan
mengetahui hal-hal yang disebutkan di atas, akan memudahkan bagi Humas hotel
untuk memberikan berbagai informasi yang mendukung keberadaan produk jasa yang
ada di hotel tersebut, sekaligus dapat bertindak sebagai marketer (pemasar) hotelnya bagi para pelanggan dan calon pelanggan
hotel tersebut hehehe.
Untuk
Humas rumah sakit, yang biasa dilaksanakan selama ini ya hanya bertindak
sebagai pelaksana kegiatan yang normal-normal saja, seperti:
1. Melakukan
jumpa pers
2. Menyelenggarakan
acara peluncuran produk jasa baru
3. Menangani
komplain pasien dan keluarga pasien pada pelayanan rumah sakit
Kalau
Humas rumah sakit hanya menangani 3 (tiga) kegiatan seperti yang disebutkan di
atas, dirasa masih sangat minim. Kalau kita lihat pengertian dan potensi Humas
rumah sakit itu, seharusnya masih banyak potensi Humas yang perlu digali untuk dilakukan
di waktu yang akan datang. Potensi Humas ini akan sangat keren lagi apabila Humas
rumah sakit dapat bertindak dengan luwes dan fleksibel dalam menjalankan
pekerjaannya. Perilaku dari seorang Humas sangat berperan dalam tugas yang akan
dilakukan, termasuk sopan dan santunnya. Performance
dari seorang Humas sangat dibutuhkan dalam upaya menentukan suatu
keberhasilan dalam tugas yang dilaksanakan ke depan. Karena itu seorang teman
mengatakan sambil bergurau, bahwa Humas itu harus memiliki inner beauty, terus luwes dan fleksibel hehehe.
Beberapa
disain kerja yang perlu dilakukan oleh Humas di organisasinya seperti rumah
sakit, antara lain:
1. Pidato
Materi pidato Direktur rumah sakit pada
acara upacara bendera pada setiap tanggal 17, termasuk pidato Direktur pada peringatan
tanggal ulang tahun rumah sakit dan pada peringatan tanggal kemerdekaan
republik Indonesia (RI), diharapkan materi pidato Direktur rumah sakit dikonsep
oleh Humas, yang dibantu oleh panitia yang ditunjuk untuk mengurus dan
melaksanakan kegiatan yang dimaksud. Tentu tujuannya ya agar informasi mengenai
lembaganya dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat secara luas.
2. Seminar
Kegiatan sebuah seminar perlu dipikirkan oleh Humas
dan Marketing rumah sakit. Pada
umumnya materi yang diseminarkan itu berkaitan langsung dengan berbagai
kebutuhan dari pasien dan masyarakat yang lain. Tujuannya ya untuk memperkenalkan
produk jasa pelayanan yang perlu diketahui dan dipahami oleh pasien dan calon
pasien rumah sakit. Sebagai contoh kegiatan, bisa menyelenggarakan seminar
mengenai “pemahaman dan pelayanan kegawatdaruratan pada awam”, “pemahaman gejala
stroke, hepatitis, diabetes” dan lain-lain,
sesuai perkembangan penyakit pasien yang sedang banyak diderita oleh masyarakat
pada masa kini.
3.
Press
kits
Pada pelaksanaan kegiatan ini, Humas menyusun konsep-konsep
konferensi pers selama 1 (satu) tahun ke depan. Materi konsepnya bisa perihal produk
jasa pelayanan yang baru di rumah sakit atau alat medis yang baru, penyuluhan
kesehatan, rencana lembaganya untuk mengembangkan produk jasa pelayanan yang
sudah ada, dan sebagainya.
4. Laporan
Tahunan
Biasanya laporan tahunan rumah sakit
disiapkan oleh tim yang telah ditunjuk Direktur rumah sakit untuk itu. Nah,
Humas bekerjasama dengan tim yang sudah terbentuk termasuk distribusi laporan
tahunan organisasi itu kepada lembaga atau individu yang berkepentingan dan
masyarakat lainnya yang relevan.
5. Donasi
Walaupun rumah sakit termasuk organisasi non profit, tetapi perlu dibiasakan juga
untuk memberikan donasi atau bekerjasama dengan pihak lain untuk membantu para penderita
kanker, operasi bibir sumbing, dan sebagainya. Kegiatan ini perlu dilakukan
dalam upaya untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat bahwa kegiatan yang
dilakukan rumah sakit semata-mata untuk mewujudkan sehat bagi pasien dan calon
pasien rumah sakit.
6.
Sponsorships
Untuk hal-hal yang bersifat sponsorship dalam sebuah kegiatan yang dilaksanakan masyarakat,
perlu juga disiapkan oleh rumah sakit. Pada umumnya yang diberi dana khusus
seperti pada kegiatan olahraga, musik, budaya, dan pendidikan.
7. Publikasi
Berbagai hal yang bisa dipublikasikan oleh Humas. Bisa
mengenai keberhasilan pelayanan rumah sakit, manfaat dari alat medik yang baru,
SDM medik (dokter) yang baru praktek di rumah sakit atau kegiatan lain yang
mungkin banyak dibutuhkan masyarakat sekitar rumah sakit.
8.
Lobbying
Kegiatan ini dilakukan dalam upaya menciptakan relasi
dengan pemerintah daerah, DPRD, dan instansi swasta lainnya, untuk melakukan
kerjasama dengan rumah sakit dalam hal pemeriksaan kesehatan atau mau
menjalankan medical check up bagi karyawan-karyawannya.
9.
Events
Menciptakan kegiatan dengan melakukan olahraga bersama
dalam menyambut peristiwa besar yang berkaitan dengan kesehatan, atau hari
ulang tahun daerah atau melombakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan
kebersihan lingkungan, disain poster kebersihan dan berbagai perlombaan di
bidang kesehatan.
10. Majalah
organisasi
Majalah ini dapat berisi tentang penyuluhan
kesehatan, kegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan rumah sakit atau promosi
kesehatan. Bisa juga diisi semacam testimoni dari pasien yang sudah sehat
kembali atau berupa nasehat dari tokoh agama/tokoh penutan masyarakat. Majalah
ini bisa juga diisi oleh tenaga medik dan non medik yang berkaitan dengan
kebijakan yang sudah dan akan diterapkan di rumah sakit, dalam upaya untuk
semakin berjalannya pelayanan yang berkualitas kepada pasien rumah sakit.
Disain kerja dari Humas ini, bisa saja muncul dari
saran atau kondisi yang ditemui Humas di lapangan. Artinya, bisa saja
berkembang menurut kebutuhan masyarakat dalam bidang kesehatan. Untuk
perkembangan dari disain kerja Humas ini sangat didorong, agar Humas mampu
bekerja dengan profesional di bidangnya, sesuai kemajuan masyarakat di bidang
ilmu dan teknologi, yang erat kaitannya dengan perkembangan dunia kesehatan di
era globalisasi ini. Selamat melanjutkan disain kerja Humas selanjutnya, untuk
mewujudkan pekerjaan Humas yang lebih dahsyat dan semakin maju di tengah-tengah
kebutuhan masyarakat pada organisasi yang ditekuni oleh Humas.
Post a Comment for "DISAIN KERJA HUMAS RUMAH SAKIT"