KENALKAN OBJEK WISATA DAERAH
Objek
wisata yang sudah ada di daerah tentu banyak, seperti wisata pantai, wisata alam
(gunung dan lembah), wisata sungai, agro wisata, wisata harimbale serta wisata
lompat batu di Nias Selatan, dan objek wisata lainnya. Supaya masyarakat
bersemangat untuk membuka usaha di sekitar objek wisata, perlu mendatangkan
banyak wisatawan. Bagaimana cara supaya wisatawan datang? Lakukanlah kegiatan promosi
wisata, bekerjasama dengan biro-biro perjalanan dan perhimpunan hotel dan restoran
Indonesia (PHRI), untuk turutserta menawarkan objek wisata tersebut.
Menawarkan
objek wisata berarti mau memerkenalkan dengan melakukan kegiatan promosi wisata
kepada masyarakat dalam dan luar negeri. Promosi wisata itu, bisa dilakukan
dengan cara, seperti: 1. Promosi penjualan; 2. Periklanan; 3. Personal selling; 4. Public relation; dan 5. Direct and on line marketing..
Untuk
kegiatan promosi penjualan, bisa mengadakan kegiatan lomba festival antar
kecamatan, seperti festival kerajinan, kuliner, atraksi buadaya, dan musik
tradisional, atau seperti lomba selancar, perahu layar, diving, dan pameran setiap tahun. Untuk periklanan dapat dilakukan
dengan pemasangan atau pembuatan iklan di
media cetak/elektronik, brosur, leaflet,.
Pada kegiatan personal selling bisa
dilakukan dengan membuat presentasi penjualan via biro-biro perjalanan dan PHRI,
pertemuan penjualan via guide,
program insentif. Untuk kegiatan public
relation bisa dilakukan dengan membuat naskah pidato Bupati atau SKPD,
seminar, press kits, laporan tahunan,
sponsorship, publikasi, lobbying, events, membuat majalah pariwisata.
Dan yang terakhir yaitu kegiatan direct
and on line marketing bisa dengan mencantumkan atau mengirimkan informasi
melalui katalog, pos, telepon, ponsel (face
book, whatsapp, instagram, twitter), TV, fax, dan internet.
Banyak
hal yang bisa dilakukan untuk mempromosikan satu atau beberapa objek wisata yang
sudah siap ditawarkan kepada masyarakat (pasar). Apakah bauran promosi itu dapat
dilakukan bersama-sama untuk mempromosikan sebuah produk? Sangat bergantung
pada objek yang akan ditawarkan ke pasar. Umpamanya sebuah usaha hotel (produk
jasa), bisa melakukan kegiatan promosi melalui manajemen bauran promosi, dengan
tujuan untuk menjangkau konsumen dan konsumen potensial, supaya dapat tetap
memilih produk pelayanan hotelnya.
Pelaksanaan
manajemen bauran promosi pada usaha hotel, dapat dilakukan dengan beberapa cara
yang menggambarkan bauran promosi. Pada promosi penjualan, hotel tersebut
melakukan kegiatan pembuatan promotion gifts (T-shirt) dan special discount (hari libur dan
hari raya), memberikan product knowledge kepada biro perjalanan dan atau agen perjalanan. Untuk
periklanan, menggunakan surat kabar, majalah, in house advertising, outdoor
advertising (neon sign)
dan poster-poster di biro perjalanan. Pada kegiatan personal selling, dengan cara menggerakkan seluruh sumber daya
manusia (SDM) hotel untuk bertindak sebagai penjual (internal), dan petugas marketing melakukan kegiatan sales
call (eksternal). Untuk kegiatan public
relation, dilakukan dengan menjalin hubungan dengan pers, publisitas produk
(surat kabar, majalah), komunikasi perusahaan (sponsor suatu kegiatan), lobbying (departemen pemerintahan dan
kedutaan asing). Dan untuk kegiatan direct
and on line marketing ditempuh dengan cara membuat web-site dan melakukan kontak kepada konsumen potensial, dengan
mengirim berita objek wisata melalui e-mail
atau facebook atau twitter atau pada media lainnya.
Disinilah
akan terlihat kepemilikan jiwa kreativitas dan inovatif dalam mempromosikan objek-objek
wisata. Sifat kreatif dan inovasi seseorang, akan tampak pada aksi yang
dilakukannya untuk menawarkan ke pasar (masyarakat) supaya dikenal, dikunjungi,
dan dimanfaatkan penggunaannya oleh wisatawan dan calon wisatawan.
Mari
kita lihat sepak-terjang mantan Gubernur DKI Jakarta Jokowi (sekarang Presiden
Republik Indonesia). Mantan Gubernur DKI yang hobinya blusukan ini, sangat
bersemangat untuk membangun provinsi DKI Jakarta pada waktu itu. Banyak
melakukan aksi untuk perbaikan kehidupan warga masyarakat DKI Jakarta. Salah
satu aksi yang dilakukan mantan Gubernur DKI Jakarta itu adalah mempromosikan
Jakarta sebagai daerah tujuan wisata di Kuala Lumpur Malaysia, dengan tujuan
agar orang-orang Malaysia mau melakukan kunjungan wisata di Jakarta. Baik
wisatawan yang melakukan rekreasi maupun wisatawan yang melakukan bisnis di
Jakarta.
Kegiatan
yang dilakukan Jokowi di Malaysia, membawa 25 pelaku dan asosiasi industri
pariwisata Jakarta, untuk memberikan presentasi dan menawarkan berbagai paket
wisata menarik kepada 150 buyer yang
merupakan biro perjalanan yang cukup dikenal di Malaysia. Selain itu Jokowi
juga membawa beberapa penyanyi dan penari, yang turut mempromosikan Enjoy Jakarta (positioning pariwisata Jakarta), dalam kegiatan sebuah pertunjukkan
seni atau konser musik. Atau kegiatan promosi ini bisa disebut promosi wisata
dalam format bisnis, dilengkapi dengan konser musik dan pagelaran budaya. Misi
ini dilakukan dalam upaya mewujudkan target jumlah wisatawan dari Malaysia sebanyak 500.000 orang pada
tahun 2013 yang lalu.
Selain
di Kuala Lumpur Malaysia, juga ke beberapa Negara lain yang memiliki potensi
pasar wisatawan, seperti Negara China, Asia Timur, dan Timur Tengah. Sementara
kegiatan di dalam negeri, menggelar juga program promosi Jakarta Tourism Expo di beberapa kota di
Indonesia, seperti Surabaya, Bali, Manado dan Banjarmasin. Semua kegiatan ini, untuk
mengupayakan agar sektor pariwisata semakin bisa memberikan kontribusi yang optimal
pada pendapatan daerah DKI Jakarta.
Menurut
mantan Gubernur DKI Jakarta itu, bahwa DKI sebagai Kota Jasa, Jakarta sangat
berpotensi mengembangkan sektor pariwisatanya. Pasalnya, bukan hanya sarana dan
prasarana yang telah tersedia, tetapi diperkaya dengan keragaman budaya dan objek
wisata. Untuk itu, Jakarta harus terus berbenah diri dalam membangun sarana dan
prasarana pariwisatanya.
Bagaimana
dengan pariwisata di daerah? Sudah memiliki keragaman budaya, yang telah
diwariskan nenek moyang kita dulu. Kita memiliki berbagai objek dan daya tarik wisata
alam dan laut yang memiliki daya beda dengan daerah lain. Karena itu, mari kita
menghayati dan mencontoh sepak-terjang dan aksi yang telah dilakukan Jokowi ini.
Untuk
menyaksikan wisata budaya dan wisata yang lain di daerah, harus segera berbenah
diri, terutama sarana dan prasarana pariwisatanya, kebersihan lingkungan, dan
keamanan. Tatalah objek wisata termasuk desa wisatanya, agar menjadi indah di
mata, di hati dan di pendapatan.
Raih
para wisatawan melalui kegiatan promosi budaya dan kesenian, agar positioning daerah kita dikenal dan dikunjungi.
Hal ini sangat urgen untuk melakukan kegiatan promosi wisata, agar mudah dikenal
di dunia. Tawarkanlah objek wisata yang unik
dan bernilai, agar dapat menarik wisatawan
berkunjung di daerah kita tercinta.
Post a Comment for "KENALKAN OBJEK WISATA DAERAH"