Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KENALKAN OBJEK WISATA DAERAH



Objek wisata yang sudah ada di daerah tentu banyak, seperti wisata pantai, wisata alam (gunung dan lembah), wisata sungai, agro wisata, wisata harimbale serta wisata lompat batu di Nias Selatan, dan objek wisata lainnya. Supaya masyarakat bersemangat untuk membuka usaha di sekitar objek wisata, perlu mendatangkan banyak wisatawan. Bagaimana cara supaya wisatawan datang? Lakukanlah kegiatan promosi wisata, bekerjasama dengan biro-biro perjalanan dan perhimpunan hotel dan restoran Indonesia (PHRI), untuk turutserta menawarkan objek wisata tersebut.

Menawarkan objek wisata berarti mau memerkenalkan dengan melakukan kegiatan promosi wisata kepada masyarakat dalam dan luar negeri. Promosi wisata itu, bisa dilakukan dengan cara, seperti: 1. Promosi penjualan; 2. Periklanan; 3. Personal selling; 4. Public relation; dan 5. Direct and on line marketing..

Untuk kegiatan promosi penjualan, bisa mengadakan kegiatan lomba festival antar kecamatan, seperti festival kerajinan, kuliner, atraksi buadaya, dan musik tradisional, atau seperti lomba selancar, perahu layar, diving, dan pameran setiap tahun. Untuk periklanan dapat dilakukan dengan pemasangan atau pembuatan iklan di  media cetak/elektronik, brosur, leaflet,. Pada kegiatan personal selling bisa dilakukan dengan membuat presentasi penjualan via biro-biro perjalanan dan PHRI, pertemuan penjualan via guide, program insentif. Untuk kegiatan public relation bisa dilakukan dengan membuat naskah pidato Bupati atau SKPD, seminar, press kits, laporan tahunan, sponsorship, publikasi, lobbying, events, membuat majalah pariwisata. Dan yang terakhir yaitu kegiatan direct and on line marketing bisa dengan mencantumkan atau mengirimkan informasi melalui katalog, pos, telepon, ponsel (face book, whatsapp, instagram, twitter), TV, fax, dan internet.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mempromosikan satu atau beberapa objek wisata yang sudah siap ditawarkan kepada masyarakat (pasar). Apakah bauran promosi itu dapat dilakukan bersama-sama untuk mempromosikan sebuah produk? Sangat bergantung pada objek yang akan ditawarkan ke pasar. Umpamanya sebuah usaha hotel (produk jasa), bisa melakukan kegiatan promosi melalui manajemen bauran promosi, dengan tujuan untuk menjangkau konsumen dan konsumen potensial, supaya dapat tetap memilih produk pelayanan hotelnya.

Pelaksanaan manajemen bauran promosi pada usaha hotel, dapat dilakukan dengan beberapa cara yang menggambarkan bauran promosi. Pada promosi penjualan, hotel tersebut melakukan kegiatan pembuatan promotion gifts (T-shirt) dan special discount (hari libur dan hari raya), memberikan product knowledge kepada biro perjalanan dan atau agen perjalanan. Untuk periklanan, menggunakan surat kabar, majalah, in house advertising, outdoor advertising (neon sign) dan poster-poster di biro perjalanan. Pada kegiatan personal selling, dengan cara menggerakkan seluruh sumber daya manusia (SDM) hotel untuk bertindak sebagai penjual (internal), dan petugas marketing melakukan kegiatan sales call (eksternal). Untuk kegiatan public relation, dilakukan dengan menjalin hubungan dengan pers, publisitas produk (surat kabar, majalah), komunikasi perusahaan (sponsor suatu kegiatan), lobbying (departemen pemerintahan dan kedutaan asing). Dan untuk kegiatan direct and on line marketing ditempuh dengan cara membuat web-site dan melakukan kontak kepada konsumen potensial, dengan mengirim berita objek wisata melalui e-mail atau facebook atau twitter atau pada media lainnya.

Disinilah akan terlihat kepemilikan jiwa kreativitas dan inovatif dalam mempromosikan objek-objek wisata. Sifat kreatif dan inovasi seseorang, akan tampak pada aksi yang dilakukannya untuk menawarkan ke pasar (masyarakat) supaya dikenal, dikunjungi, dan dimanfaatkan penggunaannya oleh wisatawan dan calon wisatawan.

Mari kita lihat sepak-terjang mantan Gubernur DKI Jakarta Jokowi (sekarang Presiden Republik Indonesia). Mantan Gubernur DKI yang hobinya blusukan ini, sangat bersemangat untuk membangun provinsi DKI Jakarta pada waktu itu. Banyak melakukan aksi untuk perbaikan kehidupan warga masyarakat DKI Jakarta. Salah satu aksi yang dilakukan mantan Gubernur DKI Jakarta itu adalah mempromosikan Jakarta sebagai daerah tujuan wisata di Kuala Lumpur Malaysia, dengan tujuan agar orang-orang Malaysia mau melakukan kunjungan wisata di Jakarta. Baik wisatawan yang melakukan rekreasi maupun wisatawan yang melakukan bisnis di Jakarta.

Kegiatan yang dilakukan Jokowi di Malaysia, membawa 25 pelaku dan asosiasi industri pariwisata Jakarta, untuk memberikan presentasi dan menawarkan berbagai paket wisata menarik kepada 150 buyer yang merupakan biro perjalanan yang cukup dikenal di Malaysia. Selain itu Jokowi juga membawa beberapa penyanyi dan penari, yang turut mempromosikan Enjoy Jakarta (positioning pariwisata Jakarta), dalam kegiatan sebuah pertunjukkan seni atau konser musik. Atau kegiatan promosi ini bisa disebut promosi wisata dalam format bisnis, dilengkapi dengan konser musik dan pagelaran budaya. Misi ini dilakukan dalam upaya mewujudkan target jumlah wisatawan  dari Malaysia sebanyak 500.000 orang pada tahun 2013 yang lalu.
Selain di Kuala Lumpur Malaysia, juga ke beberapa Negara lain yang memiliki potensi pasar wisatawan, seperti Negara China, Asia Timur, dan Timur Tengah. Sementara kegiatan di dalam negeri, menggelar juga program promosi Jakarta Tourism Expo di beberapa kota di Indonesia, seperti Surabaya, Bali, Manado dan Banjarmasin. Semua kegiatan ini, untuk mengupayakan agar sektor pariwisata semakin bisa memberikan kontribusi yang optimal pada pendapatan daerah DKI Jakarta.

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, bahwa DKI sebagai Kota Jasa, Jakarta sangat berpotensi mengembangkan sektor pariwisatanya. Pasalnya, bukan hanya sarana dan prasarana yang telah tersedia, tetapi diperkaya dengan keragaman budaya dan objek wisata. Untuk itu, Jakarta harus terus berbenah diri dalam membangun sarana dan prasarana pariwisatanya.

Bagaimana dengan pariwisata di daerah? Sudah memiliki keragaman budaya, yang telah diwariskan nenek moyang kita dulu. Kita memiliki berbagai objek dan daya tarik wisata alam dan laut yang memiliki daya beda dengan daerah lain. Karena itu, mari kita menghayati dan mencontoh sepak-terjang dan aksi yang telah dilakukan Jokowi ini.

Untuk menyaksikan wisata budaya dan wisata yang lain di daerah, harus segera berbenah diri, terutama sarana dan prasarana pariwisatanya, kebersihan lingkungan, dan keamanan. Tatalah objek wisata termasuk desa wisatanya, agar menjadi indah di mata, di hati dan di pendapatan.

Raih para wisatawan melalui kegiatan promosi budaya dan kesenian, agar positioning daerah kita dikenal dan dikunjungi. Hal ini sangat urgen untuk melakukan kegiatan promosi wisata, agar mudah dikenal di dunia. Tawarkanlah objek wisata yang unik dan bernilai, agar dapat menarik wisatawan berkunjung di daerah kita tercinta.

Post a Comment for "KENALKAN OBJEK WISATA DAERAH"