Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RUANG LINGKUP HUMAS DAN MARKETING RUMAH SAKIT

MENGAPA Anda tertarik untuk mendalami Humas dan Marketing di rumah sakit? Di rumah sakit itu, hanya ada 2 (dua) hal yang perlu Anda dalami dan dicermati lebih serius, yaitu produk jasa kesehatan yang ditawarkan kepada masyarakat dan bagaimana masyarakat mengenal, memahami, dan mengerti mengenai produk jasa kesehatan yang dimiliki. Peribahasa lama mengatakan bahwa “tak kenal maka tak sayang”, yang dapat dimaknai bahwa sifat perangai seseorang tidak dapat diketahui pasti jika belum mengenalnya secara dekat hehehe. Semakin mendekati masyarakat melalui kegiatan Humas dan Marketing di rumah sakit, semakin dikenal dan sayang pada produk jasa kesehatan yang Anda tawarkan.

Apabila organisasi rumah sakit mau menawarkan produk jasa kesehatan kepada masyarakat, berarti rumah sakit harus menawarkan berbagai produk jasa kesehatan yang telah dimiliki. Bagaimanna menawarkan produk jasa kesehatan kepada masyarakat? Anda harus tahu lebih dahulu mengenai apa saja produk jasa kesehatan yang dimiliki rumah sakit. Produk jasa kesehatan di rumah sakit, cukup banyak ya, seperti produk jasa kesehatan instalasi rawat jalan, instalasi gawat darurat (IGD), dan instalasi lain seperti rawat inap per kelas, unit perawatan khusus, bedah sentral, laboratorium, radiologi, gizi, dan alat-alat diagnostik. Nah, setiap produk jasa kesehatan yang ditawarkan itu, tentu memiliki perbedaan antar satu dan yang lainnya, seperti sumber daya manusia (SDM), alat medik yang mendukung, komunikasi dengan pasien, sikap dan perilaku terhadap pasien, perhatian kepada pasien, kerjasama antar SDM, waktu yang dibutuhkan SDM dalam melayani pasien, dan lain-lain.
Produk jasa kesehatan Instalasi Gawat Darurat RS

Karena hal-hal yang disebutkan di atas bisa berbeda pada setiap produk jasa kesehatan, maka disarankan agar berusaha terus untuk menjadikan setiap produk jasa yang ditawarkan kepada masyarakat itu, tidak dalam kondisi cacat atau kurang bagus. Setelah produk itu dinyatakan bagus dari berbagai perspektif, maka lakukanlah strategi pemasaran usaha Anda sebagai yang bergerak di bidang produk kesehatan. Apa strategi Anda dalam memasarkan usaha kesehatan yang dimiliki? Untuk diketahui bahwa strategi Anda untuk menawarkan produk jasa kesehatan yang dimiliki, sehingga tumbuh MINAT mau memeriksakan kesehatannya, waktu terganggu kesehatannya atau untuk medical check up (MCU), yaitu melakukan kegiatan Humas dan Marketing di rumah sakit.

Bagaimana cara Humas dan Marketing rumah sakit untuk melakukan kegiatannya? Untuk memulai kegiatan Humas dan Marketing di rumah sakit, Anda harus mengetahui hal-hal seperti:
1.      Mencari tahu kebutuhan dan keinginan pasar (masyarakat) yang belum terpenuhi
2.    Mencari tahu, mengukur, dan menghitung “ukuran pasar dan potensi laba” (minimal dapat menutupi biaya pelayanan)
3.      Menunjukkan segmen pasar yang dapat dilayani
4.    Merancang dan meningkatkan produk yang tepat (cocok) dengan segmen pasar yang terpilih
Untuk kegiatan Humas, merupakan suatu seni untuk membuat organisasi Anda disukai dan dihormati oleh karyawan, pasien, supplier, komunitas, pers, dan pemerintah. Atas dasar itu, maka kegiatan Humas meliputi hal-hal seperti yang disebut di bawah ini, yaitu:
1.      Meningkatkan awareness kepada pasien rumah sakit Anda
2.  Menginformasikan sesuatu (produk, merek, organisasi, aktivitas organisasi) kepala masyarakat
3.      Mendidik pasien (pelanggan)
4.      Membentuk pemahaman yang jelas atas produk dan organisasi rumah sakit
5.      Membangun trust dan kredibilitas rumah sakit
6.   Memberikan alasan atau keyakinan  tertentu bagi pasien atau calon pasien untuk melakukan pembelian
7.      Memotivasi akseptansi pasien pada produk jasa kesehatan rumah sakit

Tugas SDM Humas
Sementara itu, pada kegiatan Marketing rumah sakit, akan melakukan beberapa hal seperti yang disampaikan tokoh Marketing Indonesia Bapak Kartajaya (2012) dalam bukunya Hermawan Kartajaya on Marketing, yaitu:
1.  Untuk Target Person, kegiatan marketingnya adalah: a. Melakukan survey kepada customer untuk memahami need and want, dan b. Membuat produk jasa kesehatan untuk memenuhi kebutuhan dan kemauan customer
2.     Untuk Individual Person, kegiatan marketing yang perlu dilakukan adalah: a. Melakukan interaksi dengan customer melalui CRM (Customer Relationship Management), b. Memahami mengenai expectation and perception  mereka, dan c. Era ini memiliki konsep customer satisfaction
3.    Untuk Social Person, kegiatan marketingnya adalah: a. Customer tidak hanya berinteraksi dengan pemasar tetapi customer sudah saling berinteraksi, b. Variabel yang memengaruhi ekspektasi dan persepsi customer jadi multi arah, dan c. Harus terus mengerti dan mendalami tentang customer
Dengan demikian, tugas dari Pemasar (marketer), yaitu menjadi teman sejati dari pelanggannya. Artinya terjadi pergeseran pemahaman yang mendalam, dari ‘mind’ (benak) ke ‘heart’ (hati) lalu akhirnya ke ‘spirit’ (semangat).


Untuk dapat melakukan pekerjaan Marketing dengan baik, setiap produk jasa kesehatan yang telah disediakan rumah sakit, harus dapat dicermati dan didalami dengan benar. Oleh karena itu pemahaman atas produk itu harus dimengerti dengan baik dan searah dengan pengertian dari produk jasa kesehatan itu. Produk jasa kesehatan itu merupakan sesuatu hal yang ditawarkan kepada orang lain (pasar), untuk memenuhi kebutuhan si pasien. Berarti, produk itu pasti memiliki nilai bagi orang lain (pasar). Dengan demikian, semua produk jasa kesehatan yang ada di rumah sakit diharapkan dapat memenuhi kebutuhan manusia ataupun organisasi yang menggunakannya.
Produk jasa kesehatan instalasi rawat inap RS

Berdasarkan pemahaman-pemahaman seperti yang diutarakan di atas, hendaknya dapat dipahami bahwa tugas dari Humas dan Marketing rumah sakit, memiliki fokus yang sama untuk meningkatkan minat dari masyarakat untuk mau memeriksakan kesehatannya di rumah sakit yang dimiliki. Rumah sakit yang memiliki banyak produk jasa kesehatan yang ditawarkan kepada pasar (masyarakat), hendaknya diusahakan setiap produk jasa kesehatan itu betul-betul mampu memenuhi kepentingan dan kebutuhan dari pasien rumah sakit. Pelayanan yang ramah, berkualitas, dan memanusiakan manusia yang membutuhkan pemeriksaan yang selalu respon itu, dapat diandalkan untuk dapat membukukan tingkat kepercayaan yang mumpuni dari pasien lama dan pasien baru di rumah sakit Anda.

1 comment for "RUANG LINGKUP HUMAS DAN MARKETING RUMAH SAKIT"