Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

HOME CARE DI RUMAH SAKIT


SEBUAH pertanyaan muncul dari seorang peserta lokakarya hubungan masyarakat (Humas) rumah sakit, yaitu apakah pemberian pelayanan kesehatan kepada pasien rumah sakit, harus dilaksanakan di dalam rumah sakit saja? Saya mencoba berdialog dengan mereka, bahwa sebaiknya pemberian pelayanan kesehatan kepada pasien itu, bisa di dalam rumah sakit dan bisa juga di luar rumah sakit. Kalau pasien yang datang di rumah sakit berarti mereka diterima dengan baik serta berusaha memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada mereka. Apabila pasien sudah dinyatakan bisa berobat jalan di rumah, karena penyakitnya sudah mulai ringan, maka sebaiknya pemberian pelayanan ya bisa di rumah. Pemberian pelayanan kesehatan di rumah inilah yang disebut pelayanan “Home Care”.

Tim pelayanan kesehatan Home Care rumah sakit

Pemberian pelayanan Home Care merupakan pemberian pelayanan kesehatan yang melanjutkan pemberian pelayanan kesehatan dari rumah sakit. Artinya, pemberian pelayanan kesehatan kepada pasien dan/atau keluarga pasien di rumahnya pasien. Hal ini dilakukan kepada mantan pasien rumah sakit dalam hal pemeriksaan tekanan darah, membersihkan dan mengobati luka, menangani penyakit diabetes, penyakit stroke, pemeriksaan asam urat, kolesterol, dan menyuntik pasien bila dibutuhkan. Karena itu, pada pelaksanaan pelayanan kesehatan Home Care, sebaiknya menyiapkan alat-alat kesehatan yang dibutuhkan, seperti alat bantu pernafasan, obat-obatan, dan peralatan lain serta memberikan informasi mengenai makan minum yang diperlukan pasien di rumah, untuk mendukung kesembuhan pasien dari penyakit yang diderita.

Pelayanan berbentuk Home Care ini, sebetulnya pemberian pelayanan yang kasat mata, yang dapat memberikan pelayanan kesehatan secara Tim, dan dapat dilihat oleh pasien dan keluarga pasien langsung, sehingga pasien dan keluarga pasien semakin memercayai pada pelayanan rumah sakit. Pada dasarnya pemberian pelayanan kesehatan kepada pasien itu, sebetulnya sudah dilakukan secara Tim pada pemberian pelayanan pada waktu datang untuk mengobati penyakitnya di rumah sakit, hanya saja sumber daya manusia (SDM) rumah sakit di dalam pelayanannya mungkin datangnya tidak berbarengan, tetapi datang sendiri-sendiri sesuai waktu SDM itu.

Oleh karena itu, pada pemberian pelayanan kesehatan Home Care dari rumah sakit, sebetulnya sangat disenangi oleh pasien dan pada umumnya disambut dengan gembira. Mengapa mereka senang kalau didatangi di rumah? Karena pasien tidak merasa bolak-balik kontrol di rumah sakit, sekaligus bisa menghemat pada biaya transportasi dan biaya lain yang mengikutinya. Selain itu, yang paling dirasakan oleh pasien adalah adanya respon dan perhatian besar dari rumah sakit, untuk berupaya memercepat kesembuhan pasien dari penyakitnya. Perhatian inilah yang dapat dinilai oleh pasien bahwa rumah sakit ini sangat peduli pada tingkat kesembuhan pasien tanpa datangnya penyakit baru lagi, selama pasien masih di dalam pengawasan SDM rumah sakit terhadap penyakitnya.

Tim Home Care sedang bekerja di rumah pasien

Sebagai sebuah Tim pengawasan dan sekaligus dapat bertindak untuk mengobati pasien dari penyakit yang diderita, alangkah baiknya Tim pelayanan kesehatan Home Care ini bisa dipimpin oleh seorang dokter umum, dengan membawa seorang driver (pengemudi) kendaraan dari rumah sakit ditambah beberapa perawat senior, ahli gizi, laboran, Humas, dan lain-lain sesuai kebutuhan sebagai Tim Home Care dari rumah sakit. Tentu sebelum dilaksanakan pemberangkatan Tim Home Care dari rumah sakit, sebelumnya telah dilakukan dan mengklasifikasi pasien lebih dahulu, untuk ditemui setiap hari itu, termasuk pengaturan perjalanan yang akan ditempuh, sehingga sekali jalan terus melayani pasien-pasien di rumah dari awal pemberangkatan sampai bisa mengakhiri pekerjaannya sesuai jam kerja yang diberlakukan setiap rumah sakit. Atau Tim Home Care bisa menentukan berapa lama jam kerja yang dibutuhkan pada hari itu.

Tim pemberi pelayanan kesehatan Home Care ini, sebetulnya merupakan utusan dari Manajemen rumah sakit, untuk melakukan kunjungan dengan kasih kepada pasien-pasien tertentu. Segala sesuatunya telah lebih dahulu disiapkan oleh Manajemen rumah sakit, seperti kebutuhan bensin kendaraan, kebutuhan makan siang bagi Tim Home Care, termasuk penentuan besarnya jasa yang diterima rumah sakit termasuk SDM Home Care itu. Khusus  SDM Home Care akan dibayarkan setiap bulan. Kalau bisa, pada pelayanan kesehatan Home Care ini, hendaknya dapat dilaksanakan secara profesional dalam tugasnya, sehingga memberikan daya dorong besar pada produk-produk jasa pelayanan kesehatan rumah sakit di waktu yang akan datang.

Tim Home Care sedang membawa pasien ke rumah sakit

Mungkin pelayanan kesehatan Home Care selama ini hanya untuk memenuhi permintaan dari mantan pasien rumah sakit dan/atau calon pasien yang sangat membutuhkan, sehingga jumlah pasien yang dilayani secara Home Care masih terbatas jumlah pasien yang dilayani. Tetapi kalau pelayanan kesehatan Home Care ini bisa dijalankan dan dilaksanakan dengan baik, akan memberikan pemahaman baru bagi pasien dan calon pasien rumah sakit, untuk memahami bahwa pelayanan kesehatan Home Care ini ternyata dapat dilakukan oleh Manajemen sebuah rumah sakit sesuai kebutuhan dari pasien itu, yang barangkali mengalami kesulitan untuk datang di rumah sakit karena adanya keterbatasan fisik dari pasien tersebut. Dan apabila Manajemen rumah sakit sudah mampu untuk menangani pelayanan kesehatan Home Care ini dengan baik dan profesional, justru dapat meningkatkan kemantapan pasien untuk selalu dilayani oleh rumah sakit kita di waktu yang akan datang.

Kalau kita berpikir mengenai pelayanan kesehatan Home Care ini, sebetulnya sudah lama dijalankan oleh perawat-perawat rumah sakit dan SDM lainnya seperti ahli gizi, laboran, dan tokoh lain dari sebuah rumah sakit. Hanya saja pelaksanaannya baru sebatas perorangan, belum berbentuk sebagai Tim. Karena itu, alangkah baiknya pelayanan kesehatan Home Care pada waktu sekarang, dapat ditangani oleh Manajemen rumah sakit secara terorganisir dan tertangani dengan baik, yang dapat memberi pemahaman baru kepada pasien dan calon pasien rumah sakit, untuk selalu lebih dekat dan berusaha menjalin hubungan yang baik dengan produk jasa pelayanan rumah sakir kita.

Hal lain yang bisa dikaitkan pada kegiatan pelayanan kesehatan Home Care ini, bahwa Tim dari pelayanan kesehatan Home Care ini, dapat juga bertindak sebagai pelaksanaan tugas sebagai marketer (pemasar) pada pelayanan produk jasa rumah sakit kepada masyarakat. Nah, sejauhmana dapat bertindak sebagai marketer pada produk jasa kesehatan rumah sakit, sangat bergantung pada pemanfaatan waktu yang perlu dilakukan Manajemen rumah sakit kepada pasien dan calon pasiennya. Pada Tim ini jelas sudah mengikutsertakan SDM Humas rumah sakit, yang dapat bertindak sebagai marketer pada produk jasa yang telah dimiliki rumah sakit. Tinggal pemanfaatan waktu saja serta dapat membawa berbagai brosur produk pelayanan jasa rumah sakit, seperti brosur mengenai penanganan medical check up (MCU) di rumah sakit, pelayanan pemeriksaan darah untuk mengetahui tingkat asam urat, kolesterol, tekanan darah, gula darah, dan lain sebagainya. Jadi sekali lagi, sangat bergantung pada pemanfaatan tempat dan waktu, sasaran, dan tindakan pemeriksaan kesehatan lainnya dari pasien yang dikunjungi Tim Home Care rumah sakit.

Mari kita merenung dan berpikir mengenai pelayanan rumah sakit yang dengan fleksibilitas, dinamis, dan mengikuti zaman sekarang, yang hanya cukup menggunakan android di handphone masing-masing. Berilah pelayanan rumah sakit yang sudah berkembang sekarang secara terorganisir seperti pemberi pelayanan kesehatan Home Care dari rumah sakit. Selamat menjalankan kegiatan untuk menjemput pasien Anda, dan bukan lagi hanya menunggu dan menunggu pasien di area gedung rumah sakit Anda. 

Post a Comment for "HOME CARE DI RUMAH SAKIT"