HOME CARE DI RUMAH SAKIT
SEBUAH
pertanyaan muncul dari seorang peserta lokakarya hubungan masyarakat (Humas)
rumah sakit, yaitu apakah pemberian pelayanan kesehatan kepada pasien rumah
sakit, harus dilaksanakan di dalam rumah sakit saja? Saya mencoba berdialog
dengan mereka, bahwa sebaiknya pemberian pelayanan kesehatan kepada pasien itu,
bisa di dalam rumah sakit dan bisa juga di luar rumah sakit. Kalau pasien yang
datang di rumah sakit berarti mereka diterima dengan baik serta berusaha
memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada mereka. Apabila pasien sudah
dinyatakan bisa berobat jalan di rumah, karena penyakitnya sudah mulai ringan,
maka sebaiknya pemberian pelayanan ya bisa di rumah. Pemberian pelayanan
kesehatan di rumah inilah yang disebut pelayanan “Home Care”.
Tim
pelayanan kesehatan Home Care rumah
sakit
Pemberian
pelayanan Home Care merupakan
pemberian pelayanan kesehatan yang melanjutkan pemberian pelayanan kesehatan
dari rumah sakit. Artinya, pemberian pelayanan kesehatan kepada pasien dan/atau
keluarga pasien di rumahnya pasien. Hal ini dilakukan kepada mantan pasien
rumah sakit dalam hal pemeriksaan tekanan darah, membersihkan dan mengobati
luka, menangani penyakit diabetes, penyakit stroke,
pemeriksaan asam urat, kolesterol, dan menyuntik pasien bila dibutuhkan. Karena
itu, pada pelaksanaan pelayanan kesehatan Home
Care, sebaiknya menyiapkan alat-alat kesehatan yang dibutuhkan, seperti
alat bantu pernafasan, obat-obatan, dan peralatan lain serta memberikan
informasi mengenai makan minum yang diperlukan pasien di rumah, untuk mendukung
kesembuhan pasien dari penyakit yang diderita.
Pelayanan
berbentuk Home Care ini, sebetulnya
pemberian pelayanan yang kasat mata, yang dapat memberikan pelayanan kesehatan
secara Tim, dan dapat dilihat oleh pasien dan keluarga pasien langsung,
sehingga pasien dan keluarga pasien semakin memercayai pada pelayanan rumah
sakit. Pada dasarnya pemberian pelayanan kesehatan kepada pasien itu,
sebetulnya sudah dilakukan secara Tim pada pemberian pelayanan pada waktu
datang untuk mengobati penyakitnya di rumah sakit, hanya saja sumber daya
manusia (SDM) rumah sakit di dalam pelayanannya mungkin datangnya tidak
berbarengan, tetapi datang sendiri-sendiri sesuai waktu SDM itu.
Oleh
karena itu, pada pemberian pelayanan kesehatan Home Care dari rumah sakit, sebetulnya sangat disenangi oleh pasien
dan pada umumnya disambut dengan gembira. Mengapa mereka senang kalau didatangi
di rumah? Karena pasien tidak merasa bolak-balik kontrol di rumah sakit,
sekaligus bisa menghemat pada biaya transportasi dan biaya lain yang
mengikutinya. Selain itu, yang paling dirasakan oleh pasien adalah adanya respon
dan perhatian besar dari rumah sakit, untuk berupaya memercepat kesembuhan
pasien dari penyakitnya. Perhatian inilah yang dapat dinilai oleh pasien bahwa
rumah sakit ini sangat peduli pada tingkat kesembuhan pasien tanpa datangnya
penyakit baru lagi, selama pasien masih di dalam pengawasan SDM rumah sakit
terhadap penyakitnya.
Tim
Home Care sedang bekerja di rumah
pasien
Sebagai
sebuah Tim pengawasan dan sekaligus dapat bertindak untuk mengobati pasien dari
penyakit yang diderita, alangkah baiknya Tim pelayanan kesehatan Home Care ini bisa dipimpin oleh seorang
dokter umum, dengan membawa seorang driver
(pengemudi) kendaraan dari rumah sakit ditambah beberapa perawat senior, ahli
gizi, laboran, Humas, dan lain-lain sesuai kebutuhan sebagai Tim Home Care dari rumah sakit. Tentu
sebelum dilaksanakan pemberangkatan Tim Home
Care dari rumah sakit, sebelumnya telah dilakukan dan mengklasifikasi
pasien lebih dahulu, untuk ditemui setiap hari itu, termasuk pengaturan
perjalanan yang akan ditempuh, sehingga sekali jalan terus melayani pasien-pasien
di rumah dari awal pemberangkatan sampai bisa mengakhiri pekerjaannya sesuai
jam kerja yang diberlakukan setiap rumah sakit. Atau Tim Home Care bisa menentukan berapa lama jam kerja yang dibutuhkan
pada hari itu.
Tim
pemberi pelayanan kesehatan Home Care
ini, sebetulnya merupakan utusan dari Manajemen rumah sakit, untuk melakukan
kunjungan dengan kasih kepada pasien-pasien tertentu. Segala sesuatunya telah
lebih dahulu disiapkan oleh Manajemen rumah sakit, seperti kebutuhan bensin
kendaraan, kebutuhan makan siang bagi Tim Home
Care, termasuk penentuan besarnya jasa yang diterima rumah sakit termasuk SDM
Home Care itu. Khusus SDM Home
Care akan dibayarkan setiap bulan. Kalau bisa, pada pelayanan kesehatan Home Care ini, hendaknya dapat
dilaksanakan secara profesional dalam tugasnya, sehingga memberikan daya dorong
besar pada produk-produk jasa pelayanan kesehatan rumah sakit di waktu yang
akan datang.
Tim
Home Care sedang membawa pasien ke
rumah sakit
Mungkin
pelayanan kesehatan Home Care selama
ini hanya untuk memenuhi permintaan dari mantan pasien rumah sakit dan/atau
calon pasien yang sangat membutuhkan, sehingga jumlah pasien yang dilayani
secara Home Care masih terbatas
jumlah pasien yang dilayani. Tetapi kalau pelayanan kesehatan Home Care ini bisa dijalankan dan dilaksanakan
dengan baik, akan memberikan pemahaman baru bagi pasien dan calon pasien rumah
sakit, untuk memahami bahwa pelayanan kesehatan Home Care ini ternyata dapat dilakukan oleh Manajemen sebuah rumah
sakit sesuai kebutuhan dari pasien itu, yang barangkali mengalami kesulitan
untuk datang di rumah sakit karena adanya keterbatasan fisik dari pasien
tersebut. Dan apabila Manajemen rumah sakit sudah mampu untuk menangani
pelayanan kesehatan Home Care ini
dengan baik dan profesional, justru dapat meningkatkan kemantapan pasien untuk
selalu dilayani oleh rumah sakit kita di waktu yang akan datang.
Kalau
kita berpikir mengenai pelayanan kesehatan Home
Care ini, sebetulnya sudah lama dijalankan oleh perawat-perawat rumah sakit
dan SDM lainnya seperti ahli gizi, laboran, dan tokoh lain dari sebuah rumah
sakit. Hanya saja pelaksanaannya baru sebatas perorangan, belum berbentuk
sebagai Tim. Karena itu, alangkah baiknya pelayanan kesehatan Home Care pada waktu sekarang, dapat
ditangani oleh Manajemen rumah sakit secara terorganisir dan tertangani dengan
baik, yang dapat memberi pemahaman baru kepada pasien dan calon pasien rumah
sakit, untuk selalu lebih dekat dan berusaha menjalin hubungan yang baik dengan
produk jasa pelayanan rumah sakir kita.
Hal
lain yang bisa dikaitkan pada kegiatan pelayanan kesehatan Home Care ini, bahwa Tim dari pelayanan kesehatan Home Care ini, dapat juga bertindak
sebagai pelaksanaan tugas sebagai marketer
(pemasar) pada pelayanan produk jasa rumah sakit kepada masyarakat. Nah,
sejauhmana dapat bertindak sebagai marketer
pada produk jasa kesehatan rumah sakit, sangat bergantung pada pemanfaatan
waktu yang perlu dilakukan Manajemen rumah sakit kepada pasien dan calon
pasiennya. Pada Tim ini jelas sudah mengikutsertakan SDM Humas rumah sakit,
yang dapat bertindak sebagai marketer
pada produk jasa yang telah dimiliki rumah sakit. Tinggal pemanfaatan waktu saja
serta dapat membawa berbagai brosur produk pelayanan jasa rumah sakit, seperti
brosur mengenai penanganan medical check
up (MCU) di rumah sakit, pelayanan pemeriksaan darah untuk mengetahui
tingkat asam urat, kolesterol, tekanan darah, gula darah, dan lain sebagainya.
Jadi sekali lagi, sangat bergantung pada pemanfaatan tempat dan waktu, sasaran,
dan tindakan pemeriksaan kesehatan lainnya dari pasien yang dikunjungi Tim Home Care rumah sakit.
Mari
kita merenung dan berpikir mengenai pelayanan rumah sakit yang dengan fleksibilitas,
dinamis, dan mengikuti zaman sekarang, yang hanya cukup menggunakan android di handphone masing-masing. Berilah pelayanan rumah sakit yang sudah
berkembang sekarang secara terorganisir seperti pemberi pelayanan kesehatan Home Care dari rumah sakit. Selamat
menjalankan kegiatan untuk menjemput pasien Anda, dan bukan lagi hanya menunggu
dan menunggu pasien di area gedung rumah sakit Anda.
Post a Comment for "HOME CARE DI RUMAH SAKIT"