PROGRAM HUMAS RUMAH SAKIT
PADA
waktu diskusi dalam sebuah lokakarya Humas rumah sakit, ada peserta lokakarya yang
bersedia memberikan informasi mengenai aktivitas-aktivitas dari Humas rumah
sakit, yang selama ini sudah dijalankan. Fokus dari aktivitas yang sudah
dilakukan itu semata-mata untuk:
1. Meningkatkan
awareness (kesadaran) masyarakat
dalam hal kesehatan
2. Menginformasikan
produk jasa pelayanan kesehatan yang sudah disediakan untuk melayani kebutuhan
pengguna (pasien)
3. Mendidik
pelanggan (pengguna) untuk tetap sehat
4. Membentuk
pemahaman bahwa produk jasa pelayanan rumah sakit sudah terakreditasi
5. Membangun
trust (kepercayaan) dan kredibilitas
dalam pemberian pelayanan kepada pasien
6. Memberikan
alasan atau keyakinan tertentu bagi pelanggan untuk menggunakan pelayanan
kesehatan, agar selalu dapat memelihara kesehatannya yang nantinya profitable (menguntungkan) diri sendiri
di bidang kesehatan
7. Memotivasi
akseptasi (penerimaan) pelanggan atas produk jasa pelayanan rumah sakit
Untuk
mampu menjalankan berbagai aktivitas Humas rumah sakit seperti yang disebutkan
di atas, maka Humas rumah sakit harus berusaha keras untuk menjalankan fungsinya
sebagai Humas rumah sakit, dalam bidang:
1. Press relations,
menyajikan berita dan informasi mengenai rumah sakit sepositif mungkin
2. Product publicity,
mensponsori usaha-usaha untuk memublisasikan produk unggulan rumah sakit
3. Corporate communication,
mengupayakan pemahaman mengenai pelayanan rumah sakit melalui komunikasi secara
internal dan eksternal
4. Lobbying,
menjalin relasi dengan Dinas Kesehatan yang berkaitan dengan regulasi dan
legislasi
5. Counseling,
memberikan saran dan pertimbangan kepada pihak Manajemen rumah sakit mengenai
isu-isu publik, posisi rumah sakit, dan citra rumah sakit
Untuk
mendalami informasi yang disampaikan peserta lokakarya ini, lalu dilakukan diskusi
dalam hal berbagai program kerja Humas rumah sakit, yang dapat menggambarkan
pelaksanaan dari aktivitas dan fungsi Humas tersebut. Program kerja Humas yang
bisa dikembangkan bisa berupa:
1. Publikasi:
laporan tahunan, brosur, artikel, company
newsletters, company magazines,
materi audiovisual
2. Events:
konferensi pers, seminar, pameran, kontes dan kompetisi, perayaan HUT, sponsorship (olahraga, musik, budaya,
dan pendidikan), penggalangan dana, peragaan busana, tur, dll
3. Berita:
konferensi pers (press release)
4. Pidato:
berkaitan dengan informasi dan relasi dengan publik
5. Aktivitas
pelayanan publik: menyumbangkan sebagian dari sisa hasil usaha organisasi kepada
panti asuhan, penderita kanker, anak jalanan, yayasan
6. Identity
media: logo organisasi, alat tulis, brosur, signs,
business cards, business form, gedung, seragam, websites,
dan dress codes
Bentuk-bentuk
program kerja yang seharusnya dilaksanakan itu, dicoba diarahkan pada bentuk
program kerja nyata dari sebuah rumah sakit, sebagai pedoman bagi peserta
lokakarya ini. Dari bentuk program kerja yang seharusnya ini, ada juga
informasi peserta dari rumah sakit lain, yang sudah mengerjakan program
kerjanya selama ini. Adapun program kerja yang sudah dilaksanakan selama ini,
seperti:
1. Menerbitkan berbagai brosur mengenai produk jasa pelayanan
yang sudah ada di rumah sakit
2. Menerbitkan majalah rumah sakit
3. Menerbitkan buku kenangan pada setiap hari ulang tahun
rumah sakit
4. Menjalin hubungan dengan berbagai instansi agar pelayanan
kesehatan karyawannya dapat dilakukan di rumah sakit
5. Menangani berbagai complain pasien dan keluarganya
pada produk jasa pelayanan rumah sakit
6. Melakukan survei kepuasan pengguna produk jasa pelayanan rumah
sakit
7. Melakukan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat melalui
jalinan kerjasama dengan beberapa Radio dan Televisi lokal
Berkaitan
dengan diskusi yang semakin memberi cakupan dala hal wawsan Humas rumah sakit, cukup
memberi gambaran atau pedoman bagi peserta lokakarya ini, untuk melihat kembali
program kerja Humas rumah sakit selama ini. Untuk pemantapannya, perlu juga mendalami
dan mengembangkan program kerja Humas rumah sakit, menurut kekuatan dan
kebutuhan dari Humas rumah sakit itu sendiri. Sebagai garda terdepan dalam hal
berbagai informasi yang bisa dikembangkan di rumah sakit, untuk meningkatkan
pemahaman pasien dan calon pasien pada produk jasa pelayanan rumah sakit, perlu
juga dikaitkan dengan mendalami mengenai Skill
Humas yang lain, yang sudah tertulis dalam gambaran profesi Humas di rumah
sakit.
Kita
tidak boleh hanya bekerja seperti biasa-biasa saja atau hanya bertitik-tolak
pada program kerja yang sudah dikerjakan Humas rumah sakit selama ini, tetapi
harus terus dikembangkan program kerja Humas rumah sakit itu, agar semakin
mantap langkahnya dalam menjamin berbagai informasi mengenai keadaan produk
jasa kesehatan rumah sakit itu sendiri. Dengan demikian, pada akhirnya akan
dapat menjadi sarana penyuluhan kesehatan kepada masyarakat di wilayah kerja
rumah sakit.
Hasil
yang dapat kita pelajari dari berbagai aktivitas Humas rumah sakit ini, terus Tupoksinya,
termasuk program kerja yang sudah dilakukan selama ini, perlu direview kembali. Barangkali ada
penambahan dan/atau pengurangan dari program kerja Humas yang sudah dilakukan,
termasuk pendalaman pada skill Humas rumah
sakit itu. Apabila sudah direview
kembali program kerja Humas rumah sakit, diharapkan Humas rumah sakit akan menjadi
Be
the first, Be the best, dan Be the different dalam melaksanakan program
kerja Humas di waktu yang akan datang, demi mewujudkan keberhasilan rumah
sakit, dan terjadinya peningkatan jumalh kunjungan pasien di rumah sakit Bapak
dan Ibu. Selamat menjadi sumber daya manusia (SDM) Humas yang kapabel dan
profesional di dalam melakukan pekerjaannya.
Post a Comment for "PROGRAM HUMAS RUMAH SAKIT"