Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PROGRAM HUMAS RUMAH SAKIT



PADA waktu diskusi dalam sebuah lokakarya Humas rumah sakit, ada peserta lokakarya yang bersedia memberikan informasi mengenai aktivitas-aktivitas dari Humas rumah sakit, yang selama ini sudah dijalankan. Fokus dari aktivitas yang sudah dilakukan itu semata-mata untuk:
1.      Meningkatkan awareness (kesadaran) masyarakat dalam hal kesehatan
2.  Menginformasikan produk jasa pelayanan kesehatan yang sudah disediakan untuk melayani kebutuhan pengguna (pasien)
3.     Mendidik pelanggan (pengguna) untuk tetap sehat
4.     Membentuk pemahaman bahwa produk jasa pelayanan rumah sakit sudah terakreditasi
5.  Membangun trust (kepercayaan) dan kredibilitas dalam pemberian pelayanan kepada pasien
6. Memberikan alasan atau keyakinan tertentu bagi pelanggan untuk menggunakan pelayanan kesehatan, agar selalu dapat memelihara kesehatannya yang nantinya profitable (menguntungkan) diri sendiri di bidang kesehatan
7.      Memotivasi akseptasi (penerimaan) pelanggan atas produk jasa pelayanan rumah sakit

Untuk mampu menjalankan berbagai aktivitas Humas rumah sakit seperti yang disebutkan di atas, maka Humas rumah sakit harus berusaha keras untuk menjalankan fungsinya sebagai Humas rumah sakit, dalam bidang:
1.     Press relations, menyajikan berita dan informasi mengenai rumah sakit sepositif mungkin
2.  Product publicity, mensponsori usaha-usaha untuk memublisasikan produk unggulan rumah sakit
3.     Corporate communication, mengupayakan pemahaman mengenai pelayanan rumah sakit melalui komunikasi secara internal dan eksternal
4.    Lobbying, menjalin relasi dengan Dinas Kesehatan yang berkaitan dengan regulasi dan legislasi
5.     Counseling, memberikan saran dan pertimbangan kepada pihak Manajemen rumah sakit mengenai isu-isu publik, posisi rumah sakit, dan citra rumah sakit

Untuk mendalami informasi yang disampaikan peserta lokakarya ini, lalu dilakukan diskusi dalam hal berbagai program kerja Humas rumah sakit, yang dapat menggambarkan pelaksanaan dari aktivitas dan fungsi Humas tersebut. Program kerja Humas yang bisa dikembangkan bisa berupa:
1.  Publikasi: laporan tahunan, brosur, artikel, company newsletters, company magazines, materi audiovisual
2. Events: konferensi pers, seminar, pameran, kontes dan kompetisi, perayaan HUT, sponsorship (olahraga, musik, budaya, dan pendidikan), penggalangan dana, peragaan busana, tur, dll
3.    Berita: konferensi pers (press release)
4.    Pidato: berkaitan dengan informasi dan relasi dengan publik
5.  Aktivitas pelayanan publik: menyumbangkan sebagian dari sisa hasil usaha organisasi kepada panti asuhan, penderita kanker, anak jalanan, yayasan
6.  Identity media: logo organisasi, alat tulis, brosur, signs, business cards, business form, gedung, seragam, websites, dan dress codes

Bentuk-bentuk program kerja yang seharusnya dilaksanakan itu, dicoba diarahkan pada bentuk program kerja nyata dari sebuah rumah sakit, sebagai pedoman bagi peserta lokakarya ini. Dari bentuk program kerja yang seharusnya ini, ada juga informasi peserta dari rumah sakit lain, yang sudah mengerjakan program kerjanya selama ini. Adapun program kerja yang sudah dilaksanakan selama ini, seperti:
1.    Menerbitkan berbagai brosur mengenai produk jasa pelayanan yang sudah ada di rumah sakit
2.    Menerbitkan majalah rumah sakit
3.    Menerbitkan buku kenangan pada setiap hari ulang tahun rumah sakit
4.  Menjalin hubungan dengan berbagai instansi agar pelayanan kesehatan karyawannya dapat dilakukan di rumah sakit
5.  Menangani berbagai complain pasien dan keluarganya pada produk jasa pelayanan rumah sakit
6.     Melakukan survei kepuasan pengguna produk jasa pelayanan rumah sakit
7.    Melakukan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat melalui jalinan kerjasama dengan beberapa Radio dan Televisi lokal

Berkaitan dengan diskusi yang semakin memberi cakupan dala hal wawsan Humas rumah sakit, cukup memberi gambaran atau pedoman bagi peserta lokakarya ini, untuk melihat kembali program kerja Humas rumah sakit selama ini. Untuk pemantapannya, perlu juga mendalami dan mengembangkan program kerja Humas rumah sakit, menurut kekuatan dan kebutuhan dari Humas rumah sakit itu sendiri. Sebagai garda terdepan dalam hal berbagai informasi yang bisa dikembangkan di rumah sakit, untuk meningkatkan pemahaman pasien dan calon pasien pada produk jasa pelayanan rumah sakit, perlu juga dikaitkan dengan mendalami mengenai Skill Humas yang lain, yang sudah tertulis dalam gambaran profesi Humas di rumah sakit.

Kita tidak boleh hanya bekerja seperti biasa-biasa saja atau hanya bertitik-tolak pada program kerja yang sudah dikerjakan Humas rumah sakit selama ini, tetapi harus terus dikembangkan program kerja Humas rumah sakit itu, agar semakin mantap langkahnya dalam menjamin berbagai informasi mengenai keadaan produk jasa kesehatan rumah sakit itu sendiri. Dengan demikian, pada akhirnya akan dapat menjadi sarana penyuluhan kesehatan kepada masyarakat di wilayah kerja rumah sakit.

Hasil yang dapat kita pelajari dari berbagai aktivitas Humas rumah sakit ini, terus Tupoksinya, termasuk program kerja yang sudah dilakukan selama ini, perlu direview kembali. Barangkali ada penambahan dan/atau pengurangan dari program kerja Humas yang sudah dilakukan, termasuk pendalaman pada skill Humas rumah sakit itu. Apabila sudah direview kembali program kerja Humas rumah sakit, diharapkan Humas rumah sakit akan menjadi Be the first, Be the best, dan Be the different dalam melaksanakan program kerja Humas di waktu yang akan datang, demi mewujudkan keberhasilan rumah sakit, dan terjadinya peningkatan jumalh kunjungan pasien di rumah sakit Bapak dan Ibu. Selamat menjadi sumber daya manusia (SDM) Humas yang kapabel dan profesional di dalam melakukan pekerjaannya.

Post a Comment for "PROGRAM HUMAS RUMAH SAKIT"