Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

VISI CALON KEPALA DAERAH


1.     Latar Belakang
Tulisan ini diperuntukkan kepada calon Kepala Daerah yang merasa mampu menjadi Pemimpin di daerah tertentu. Berdasarkan hasil respon dari warga masyarakat yang mengeluhkan mengenai kekecewaan mereka yang dipaparkan melalui media sosial, kelihatannya dari sebagian besar Pemimpin daerah itu belum mampu menjalankan Visinya sampai sekarang ini. Mereka itu hanya mampu bekerja secara rutin saja dan sering melakukan perjalan dinas dengan hasil akhir masih sangat terbatas, serta belum dirasakan manfaatnya oleh sebagian besar warga masyarakat.
Banyak warga masyarakat yang menyesali atas terpilihnya Pemimpin Daerah ini, dikira sudah mampu bekerja baik sesuai Visinya. Ternyata sampai saat ini hanya gongnya saja yang berbunyi, sementara hasil yang ditunggu-tunggu warga masyarakat tidak kunjung datang alias hanya biasa saja. Waktu kampanye bersuara sangat lantang untuk memerbaiki kehidupan warga masyarakat, tetapi hingga sampai sekarang, janji-janji pada waktu kampanye sepertinya bagaikan hembusan angin yang terasa sebentar, lalu selanjutnya anginnya itu hanya melewati saja tanpa meninggalkan kesan dan pesan hehehe.
Berkaca dari kejadian seperti yang diceritakan di atas, lalu berusaha mencoba memberi masukan berupa buah pemikiran. Buah pemikiran ini semacam sebuah inspirasi yang perlu dikembangkan lagi oleh mereka yang sudah bersemangat untuk menjadi calon Kepala Daerah, agar nantinya tidak hanya melakukan hembusan bagaikan angin saja, tetapi bisa meninggalkan hasil kinerjanya kepada warga masyarakat, sesuai dengan Visinya.      
2.    Visi Kepala Daerah
Sebuah Visi berarti menggambarkan impian seorang calon Kepala Daerah untuk dapat mewujudkan impiannya itu, setelah terpilih menjadi seorang Kepala Daerah yang definitif. Bagaimana mewujudkannya? Bila sudah terpilih sebagai Kepala Daerah, tentu harus bekerja keras untuk mewujudkan impiannya itu, serta bisa terlaksana dengan baik selama menjadi Kepala Daerah selama 5 (lima) tahun yang akan datang. Kalau perlu, sebelum berakhir jabatannya sebagai Kepala Daerah, lakukanlah brainstorming (curah pendapat) dengan tokoh-tokoh masyarakat untuk menanyakan berbagai hal yang belum sempat terrealisir dari Visinya itu, sehingga seakan memberi gambaran berupa hasil pencapaian dari Visinya itu kepada warga masyarakat di daerah itu.
Contoh pernyataan Visi seorang Kepala Daerah, yaitu “menjadi daerah yang warga masyarakatnya memiliki jiwa wirausaha untuk dapat meningkatkan tarah hidupnya menjadi lebih baik dan maju dalam 5 (lima) tahun yang akan datang”. Nah, apa kata kunci yang terdapat pada Visi ini? Kata kuncinya terdiri dari: 1. Warga masyarakat memiliki jiwa wirausaha; dan 2. Taraf hidup dari warga masyarakat meningkat.
Pokok-pokok pikiran yang terdapat pada Visi di atas, yaitu jiwa wirausaha berusaha mengembangkan diri sendiri dengan hadirnya berbagai ide cemerlang untuk membangun dan meningkatkan taraf hidupnya. Mengenai peningkatan taraf hidup, dapat dinilai dari tolok ukur mengenai kuantitas kepemilikan pendapatan dari warga masyarakat di daerah ini.   
3.    Misi Kepala Daerah
Setelah calon Kepala Daerah menyatakan mimpinya untuk memerbaiki dan meningkatkan taraf hidup dari warga masyarakat di daerah itu, lalu berusaha menunaikan berbagai tugas untuk merealisasikan Visi dari calon Kepala Daerah. Adapun Misi yang dilakukan dalam upaya mewujudkan tercapainya Visi Kepala Daerah tersebut, antara lain:
a.  Mendatangkan banyak orang di daerah ini agar warga masyarakat berusaha memenuhi kebutuhan dari orang-orang yang mendatangi daerah ini.
b.  Melakukan pelatihan kepada Kepala Desa dan tokoh masyarakat untuk mengetahui dan memahami berbagai kebutuhan dari orang yang mendatangi daerah ini.
c.   Menghadirkan para pelaku usaha untuk membimbing warga masyarakat dalam berusaha untuk menghasilkan produk yang dibutuhkan para pendatang di daerah ini.
d.  Memasarkan hasil-hasil usaha dari warga masyarakat untuk dibeli oleh warga masyarakat lain yang berada di wilayah Sumatera Utara.
e.   Meningkatkan kualitas produk dari usaha warga masyarakat agar memiliki daya saing dan daya guna bagi warga masyarakat lain di wilayah Sumatera Utara.
f.     Mengembangkan sistem informasi desa (Sisdes) yang melayani kebutuhan warga masyarakat, sekalian dihubungkan dengan system online yang sudah berkembang pada zaman now. 
g.   Menetapkan potensi dari masing-masing Desa untuk memudahkan pembangunan dan pengembangan setiap Desa di wilayah setiap Kecamatan.
Apa kata kunci dari Misi Kepala Daerah ini? Kata kuncinya ya mendatangkan banyak orang di daerah, menghubungi pelaku usaha untuk melatih dan membimbing serta meningkatkan kualitas produk usaha dari warga masyarakat. Selanjutnya memasarkan hasil-hasil produk usaha dari warga masyarakat untuk meningkatkan pendapatan dari warga masyarakat daerah, dan memberikan pelayanan kepada warga masyarakat dengan suatu sistem yang mampu memberi semangat untuk mengikuti dan memeroleh informasi yang berbasis digital, sesuai zaman now hehehe
4.    Tujuan Kepala Daerah
Memberi petunjuk dan arah menyeluruh dari Kota/Kabupaten yang akan diwujudkan oleh Kepala Daerah nantinya, setelah duduk dalam jabatan Pemimpin Daerah. Adapun tujuan yang bisa diwujudkan, antara lain:
a.  Dapat memberikan pelayanan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan warga masyarakat
b. Dapat memberikan pendidikan, kesehatan, dan pasar usaha kepada warga masyarakat
c. Dapat melaksanakan jejaring produk usaha warga masyarakat kepada para pengusaha dan para pengguna di wilayah republik Indonesia
5.      Keyakinan Dasar Seorang Kepala Daerah
Merupakan daya pendorong bagi aparat daerah menuju masa depan yang dicita-citakan. Keyakinan yang akan dibangun, antara lain:
a. Kami berkeyakinan bahwa pelaksanaan sifat gotong royong diantara warga masyarakat dapat menghasilkan produk usaha yang memenuhi kebutuhan orang banyak
b.  Kami berkeyakinan bahwa pemberian pelayanan yang baik kepada masyarakat akan menumbuhkan motivasi dan semangat dari warga masyarakat untuk berusaha
c.   Kami berkeyakinan bahwa pelaksanaan pendidikan, kesehatan, dan pembukaan pasar usaha akan meningkatkan semangat dari warga masyarakat untuk berusaha
d.  Kami berkeyakinan bahwa kerjasama antara aparat pemerintah dengan warga masyarakat akan dapat meningkatkan pendapatan warga masyarakat
6.     Nilai Dasar Seorang Kepala Daerah
Merupakan nilai yang diperjuangkan, agar mampu menghasilkan yang terbaik untuk warga masyarakat. Nilai yang dimaksud, seperti yang tertulis di bawah ini:
a.      Antusias
b.     Takut pada Tuhan
c.       Ikhlas melayani
d.      Bekerja secara tim
e.      Berjiwa wirausaha
7.     SWOT Menurut Kepala Daerah
Sebagai calon Kepala Daerah harus memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai kekuatan (Strengths) yang sudah dimiliki daerah itu, kelemahan (Weaknesses) yang terdapat di daerah, peluang (Opportunities) yang perlu dibuka dan dituju oleh warga masyarakat, serta ancaman (Threats) yang bakal menghambat sehingga Visi dan Misi calon Kepala Daerah itu tidak dapat diwujudkan.
SWOT ini harus dikupas secara mendalam oleh calon Kepala Daerah sehingga memiliki kemampuan untuk menjalankan berbagai kegiatan untuk membawa warga masyarakat memiliki pendapatan yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan pendapatan tahun-tahun sebelum menjabat sebagai Kepala Daerah. Dengan kepemilikan analisis SWOT ini, seorang Kepala Daerah akan mudah untuk mendorong kukuatan dan mengurangi kelemahan dari daerah yan akan dipimpin, serta dapat menangkap peluang dan menangani berbagai ancaman yang akan terjadi. Berbasis pemahaman SWOT ini, akan memampukan Kepala Daerah untuk meningkatkan daya guna dan daya saing daerah di masa yang akan datang.  
8.    Prasarana dan Sarana di Daerah
Prasarana jalan dan jembatan sudah dapat diprogramkan sebagai tindaklanjut dari Visi Presiden Jokowi. Program Presiden Jokowi kan sudah jelas seperti pendidikan, kesehatan, pasar tradisional warga masyarakat, dan penciptaan investasi serta lapangan pekerjaan. Kegiatan pada pelaksanaan pembangunan di sini, tinggal membuat berbagai program kerja dari masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang didasarkan pada Visi dan Misi Kepala Daerah.
Berdasarkan hal tersebut, maka pemenuhan prasarana dan sarana yang dibutuhkan daerah tinggal disesuaikan dengan program prioritas dari Pemerintah Pusat. Oleh karena itu, permudahlah persyaratan untuk berinvestasi di daerah, termasuk kecepatan untuk menyediakan tanah, jalan, dan kebutuhan yang lain dari para investor.
9.     Penanganan Organisasi Pemerintahan
Organisasi pemerintah daerah disesuaikan dengan kebutuhan dari Kepala Daerah. Diusahakan struktur organisasi yang dianut tidak menciptakan “kaya struktur miskin fungsi”, tetapi sebaiknya ciptakan struktur organisasinya dengan penggambaran “kaya fungsi miskin struktur”.
Untuk diketahui bahwa kunci utama pada organisasi, mudah dan cepat pelaksanaan program kerja serta segera dirasakan manfaatnya oleh warga masyarakat di daerah. Organisasi yng semakin small akan memudahkan jalur birokrasinya serta efektif seperti yang diharapkan oleh Presiden Jokowi hehehe. Bekerjalah dengan struktur organisasi yang simpel serta mudah menggerakkannya.
10. Penanganan Kebutuhan Warga Masyarakat
Pada dasarnya kebutuhan warga masyarakat itu tidak banyak dan mereka serba menginginkan pelayanan yang baik dan cepat. Jangan pakai motto “mudah untuk dipersulit”. Aparat yang bekerja disitu sudah mendapatkan gaji yang seharusnya sebagai pemberi pelayanan yang baik dan mudah, karena itu rubahlah mindsetnya menjadi seorang pemberi pelayanan yang baik dan cepat tanpa meminta sogokan dari orang yang dilayani.
11. Penanganan Pengembangan Daerah
Pada pengembangan daerah, lakukanlah pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan serta pembangunan infrastruktur sumber daya manusia (SDM) dengan berbagai cara, serta pembangunan infrastruktur langit yaitu terpenuhinya kebutuhan internet bagi warga masyarakat di daerah. Hal lain yang tidak kalah pentingnya yaitu pelaksanaan pekerjaan yang bertindak sebagai pemasar, baik kebijakan dari Pemerintah Daerah maupun hasil-hasil yang diusahakan oleh waga masyarakat. Apabila Pemimpinnya beserta aparatnya bisa bertindak sebagai marketer, akan memberi kemudahan keberhasilan yang banyak bagi warga masyarakat.
12. Peningkatan Pendapatan Warga Masyarakat
Sebagai sebuah keberhasilan yang ditorehkan seorang Kepala Daerah akan lebih mudah mengukur keberhasilan yang telah dicapai oleh Kepala Daerah berdasarkan Visi dan Misinya. Semua sudah ada kriteria pengukurannya seperti indeks pembangunan manusia di daerah, indeks kematian Ibu dan Anak, indeks inflasi, indeks besarnya pendapatan warga masyarakat, dan indek-indeks yang lain.
Penggunaan parameter indeks ini, untuk memudahkan pengukuran dari besar kecilnya kinerja dari seorang Kepala Daerah setiap tahun. Tentu yang menggunakan indeks ini ya para SKPD yang membidangi tugas yang melekat di Dinasnya. Kepala Daerah tinggal memonitor saja sebagai pemberi semangat kepada Kepala Daerah untuk memacu daya juang yang dimiliki untuk mewujudkan Visi dan Misi dari Kepala Daerah tersebut.

Bapak/Ibu yang sudah bersemangat menjadi calon Walikota dan/atau Kabupaten, silahkan direnungkan tulisan ini. Apa yang sudah ditulis bukan merupakan template untuk diikuti saja, tetapi semata-mata hanya sebagai pemicu inspirasi Bapak/Ibu untuk menyempurnakannya sesuai dengan semangat dan mimpi-mimpi yang sudah dimimpikan untuk memajukan daerah yang akan dipimpin ke depan.
Hanya pesan saya bahwa setiap calon Kepala Daerah sudah memiliki perspektif yang paling baik untuk membangun dan mengembangkan kepemilikan jiwa wirausaha bagi warga masyarakat setempat. Karena itu Bapak/Ibu bisa menambah atau mengurangi untuk kesempurnaan Visi Anda sebagai calon Kepala Daerah yang sukses bila Anda sudah terpilih sebagai Kepala Daerah yang definitif. Selamat memerjuangkan taraf hidup warga masyarakat di daerah yang menjadikan Anda sebagai Pemimpin di daerah itu.

Post a Comment for "VISI CALON KEPALA DAERAH"