PRODUK PELAYANAN YANG MEMILIKI NILAI, DIPERCAYA PASIEN
APABILA
ada pertanyaan, apakah ada “nilai” pelayanan rumah sakit Anda pada waktu
memberikan pelayanan kepada pasien dan calon pasien Anda? Tentu untuk menjawab
pertanyaan ini termasuk sulit, karena belum tahu atau merasa tidak begitu
penting menciptakan nilai pada pelayanan yang Anda tampilkan kepada pasien
Anda. Pada umumnya pemberian pelayanan itu ya seperti ini atau seperti biasa
saja, sama dengan pelayanan rumah sakit lain.
Untuk
itu saya mencoba memberikan bahasan pada waktu membantu Manajemen rumah sakit,
untuk menyusun Perencanaan Strategi rumah sakitnya. Saya sangat antusias untuk
memberikan tantangan bagi Manajemen rumah sakit, agar mampu menunjukkan NILAI
DASAR PELAYANAN (NDP) rumah sakitnya kepada masyarakat pengguna pelayanan rumah
sakit. Maksudnya, rumah sakitnya memiliki daya beda pada pelayanan yang
ditampilkan kepada pasien, yang menggambarkan ciri khas dari pelayanan rumah
sakit tersebut. Contoh: rumah sakit A memiliki diferensiasi pelayanan dengan
rumah sakit lain dalam hal ‘Kebersihan’. Apabila Anda bertanya kepada salah seorang
pasien di rumah sakit ini, pasti jawaban si pasien: saya memilih berobat di
rumah sakit ini, karena ‘bersih’. Inilah yang sudah terpatri di benak pasien
dan/atau calon pasiennya bahwa rumah sakit ini bersih. Pada hal ‘bersih’ ini di rumah sakit memang merupakan hal
pokok dan yang utama, pada penanganan manajemen sebuah rumah sakit.
Nilai
Dasar Pelayanan (NDP) dari sebuah rumah sakit merupakan gambaran pelayanan
rumah sakit yang diaktualisasikan dalam tampilan pelayanan pada waktu
memberikan pelayanan kepada pasien-pasien rumah sakit. Artinya, nilai dari
suatu pelayanan dari SDM rumah sakit itu bisa terlihat pada senyum, salam, dan
sapa (S3) kepada pasien, cara berkomunikasi, kerjasama antar SDM pada waktu
melakukan kegiatan pelayanan kepada pasien, informasi tindakan pengobatan
selanjutnya, bahasa tubuh SDM waktu memberikan pelayanan, perhatian SDM rumah
sakit kepada pasien, dan seterusnya. Hal-hal yang disebutkan di atas, merupakan
suatu kemasan dari produk jasa yang
dipadukan demi terwujudnya pelayanan yang fokus kepada pasien rumah sakit.
Berdasarkan
kemasan pelayanan rumah sakit seperti yang disebutkan di atas, maka
pertanyaannya adalah NDP apa yang akan dimantapkan oleh Manajemen rumah sakit
pada rumah sakitnya? Pada akhirnya, NDP yang direnungkan dan disepakati oleh
Manajemen rumah sakit pada pemberian pelayanan SDM, yaitu:
1. Integritas
(jujur)
2. Antusias
(bersemangat)
3. Taqwa
(sabar)
4. Ikhlas
melayani
5. Bekerja
secara tim
6. Berjiwa
wirausaha
Nilai
Dasar Pelayanan (NDP) rumah sakit yang disebutkan di atas kelihatan cukup
banyak ya, dan tentu diusahakan supaya berhasil. Untuk itu NDP rumah sakit, harus
dibumikan oleh Manajemen rumah sakit kepada setiap sumber daya manusia (SDM)
rumah sakit, agar dapat menjadi budaya
kerja yang melekat pada diri SDM rumah sakit, dalam upaya pemberian
pelayanan kepada para pengguna produk jasa pelayanan di rumah sakit. Sebagai
budaya kerja yang ditampilkan dalam melayani setiap pasien di rumah sakit, maka
harus terus dibudidayakan kepada SDM rumah sakit secara terus menerus, agar
mampu mempraktekkan NDP itu kepada setiap pasien rumah sakit.
Berdasarkan
pemahaman atas NDP yang diwujudkan pada pelayanan rumah sakit sehari-hari, maka
seyogyanya pada setiap rumah sakit harus memiliki NDP khusus yang dapat memiliki
diferensiasi dari pelayanan rumah sakit lain. Apabila rumah sakit itu milik
pemerintah seyogyanya memiliki ciri khas yang tergambar pada tampilan
pelayanannya kepada masyarakat pengguna. Mengapa bisa menciptakan ciri khas
sebagai nilai dalam pelayanannya? Karena di rumah sakit pemerintah biasanya
alat medik yang sangat dibutuhkan sudah terpenuhi, sehingga diagnose dokter
jauh lebih canggih di dalam menganalisis penyebab penyakit yang diderita pasien.
Demikian
juga pada rumah sakit lain yang dimiliki yayasan yang bergerak pada pelayanan
kesehatan berdasarkan perspektif agama, dan/atau rumah sakit berdasarkan
perseroan terbatas (PT). Tentu setiap rumah sakit harus berusaha untuk mengkaji
dan menjabarkan NDP yang akan diterapkan di rumah sakitnya, berdasarkan
latarbelakang berdirinya sebuah rumah sakit tersebut.
Contoh
lain dari NDP sebuah rumah sakit yaitu Kecepatan dan Komunikasi. Artinya, rumah
sakit ini mengutamakan kecepatan SDM untuk bisa memberikan pelayanan kepada
pasien, serta pemberian informasi kepada setiap pasien harus didasarkan pada
upaya pengkomunikasian pelayanan dengan baik. Komunikasi yang diberikan SDM
harus terdengar baik kepada pasien dengan pengucapan salam dulu, baru
dilanjutkan informasi lain. Melalui penetapan NDP pada tampilan pelayanan rumah
sakit, akan diusahakan dan dilakukan terus oleh SDM rumah sakit pada kegiatan pemberian
pelayanan rumah sakit di masa depan, sehingga pasien merasa puas dan senang
pada tampilan pelayanan rumah sakit.
Mengenai
apa yang akan menjadi NDP sebuah rumah sakit, sangat tergantung pada latar
belakang berdirinya sebuah rumah sakit, yang harus disepakati oleh pemilik
rumah sakit dan Manajemen rumah sakit. Melalui kesepakatan ini, akan memudahkan
untuk melakukan daya dorong kepada seluruh SDM rumah sakit, untuk
mengaplikasikan NDP itu pada tampilan pelayanan yang diberikan rumah sakit
kepada setiap pasien rumah sakit. Apabila rumah sakit mampu mewujudkan NDP-nya
pada pemberian pelayanan kepada pasien dan calon pasien rumah sakit, secara
tidak langsung akan menancapkan pilar kepercayaan pasien pada pelayanan rumah
sakit Anda.
Kepercayaan
pasien dan calon pasien rumah sakit Anda, akan memberikan kemampuan kepada Anda
untuk menindaklanjuti pengembangan pelayanan rumah sakit Anda ke depan. Karena
itu, mantapkan NDP rumah sakit Anda, yang pada akhirnya dapat menjadi pemasaran
rumah sakit Anda, yang dilakukan oleh seluruh karyawan rumah sakit Anda. Inilah
model pemasaran rumah sakit Anda yang sangat ekselen dan sangat berbiaya
rendah, serta menancapkan tingkat kepercayaan pasien pada pelayanan rumah sakit
Anda. Selamat merumuskan dan membudidayakan NDP Anda, kepada masyarakat
pengguna pelayanan jasa rumah sakit Anda.
Post a Comment for "PRODUK PELAYANAN YANG MEMILIKI NILAI, DIPERCAYA PASIEN"