Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

INOVASI BAGI WIRAUSAHAWAN

 

BAGI seorang wirausahawan, kata Inovasi merupakan kata yang penting dan melekat pada pribadi sang wirausahawan. Mengapa inovasi sangat penting bagi wirausahawan? Karena inovasi berperan penting dalam meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) itu sendiri (Atmadji, 2018). Tanpa inovasi, perusahaan tidak bertahan lama dan tidak memiliki daya saing. Dengan kata lain, tanpa inovasi perusahaan akan mati.

Apa itu inovasi? Inovasi dapat diartikan sebagai proses dan/atau hasil pengembangan pemanfaatan/mobilisasi pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman untuk menciptakan atau memerbaiki produk, proses, dan/atau sistem yang baru, yang memberikan nilai yang berarti atau secara signifikan (Wikipedia). Artinya, inovasi itu merupakan sebuah ide untuk melakukan pembaharuan terhadap sesuatu hal, seperti yang bisa kita dilakukan pada tampilan produk usaha yang dimiliki, supaya lebih diminati oleh pelanggan/calon pelanggan.

Hal ini dipertegas oleh Zwell dalam Sudarmanto (2009) dengan mengatakan bahwa inovasi merupakan kompetensi yang dengannya orang menghasilkan ide, metode, solusi, dan produk baru. Dengan demikian, inovasi itu melibatkan orientasi terhadap kreativitas dan penemuan. Jadi, hadirnya kompetensi pada seorang sumber daya manusia (SDM), akan menghasilkan ide-ide baru, dan mampu menerapkannya dalam organisasi atau produk usaha yang sedang digeluti.

Ada beberapa hal bentuk inovasi yang bisa dilakukan, agar mampu memberikan daya saing pada produk usaha, yaitu: 1. Meningkatkan atau menggantikan proses-proses dari setiap produk usaha untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas, atau untuk memungkinkan organisasi usaha memperluas jangkauan atau kualitas produk barang/jasa yang ada; 2. Mengembangkan produk barang atau jasa yang sepenuhnya baru dan semakin tinggi mutunya; 3. Memberikan nilai tambah kepada produk barang atau jasa yang telah ada. Jadi, beberapa organisasi usaha yang selalu berinovatif akan menjadi sebuah organisasi yang bakal dipuji-puji oleh pelanggan maupun calon pelanggan.

Mengapa organisasi/wirausahawan mampu mendapatkan perhatian dan pujian sehebat itu dari pelanggan? Karena inovasi itu merupakan proses penciptaan produk usaha yang lebih baik atau lebih efektif daripada sebelumnya. Jadi, hebatnya inovasi itu dapat menghasilkan sesuatu yang baru pada produk barang dan jasa, yang menampilkan hal yang lebih baik daripada sebelumnya.

Berdasarkan hal yang sudah dijelaskan di atas, maka munculkanlah inovasi-inovasi baru pada penyediaan produk usaha Anda, dengan memanfaatkan perkembangan teknologi seperti artificial intelligence (AI), virtual platform, dan hybrid event. Manfaatkan teknologi untuk mendapatkan berbagai inspirasi untuk mampu dalam menghendel produk usaha Anda yang berbalut keunikan, sehingga mampu menarik minat para pelanggan. Fokuskanlah tugas dan pekerjaannya Anda pada sektor usaha Anda yang berbasis pada kualitas, budaya, kearifan lokal, berkelanjutan dan sehat.  

Inovasi inilah yang memberi dukungan pada produk usaha yang terus diminati oleh pelanggan. Inovasi yang dilakukan oleh wirausahawan terhadap produk usaha minuman yang sedang ngetren sekarang seperti minuman minuman kekinian, sang wirausahawan berusaha untuk memperoleh sesuatu yang baru dan lebih baik.

Apa ciri ciri yang bisa dilihat dari sudut pandang inovasi? Ciri-ciri dari produk usaha yang sudah memperoleh hasil dari inovasi tersebut, seperti: 1. Produk usahanya memiliki beberapa jenis minuman atau bervariasi; 2. Produk usahanya menampilkan rasa baru; dan 3. Produk yang dihasilkan memiliki kemasan baru. Hadirnya produk baru sebagai hasil dari inovasi sang wirausahawan, mampu memberikan kepuasan bagi para pelanggan serta layanan yang diberikan kepada pelanggan semakin memiliki daya tarik bagi siapa saja yang melakukan pembelian dari produk usaha sang wirausahawan.

Perihal minuman kekinian yang sedang ngetren di masyarakat, banyak yang mengusahakannya, seperti minuman yang berbahan dari cheese dan squash. Minuman-mnuman yang sejenis ini sudah banyak yang mengusahakannya, dan terdapat di setiap daerah. Mereka berusaha melakukan inovasi di bidang minuman kekinian itu, supaya memperoleh rasa yang disukai para pelanggan.

Berdasarkan hasil wawancara penulis kepada penjual minuman kekinian, diperoleh tahap-tahap yang sudah dilakukan oleh penjual minuman kekinian ini, yaitu: 1. Beli minuman kekinian di beberapa tempat yang katanya enak; 2. Lihat di youtube perihal cara-cara membuat minuman kekinian; 3. Beli bahan-bahan untuk membuat minuman dan memilih bubuk-bubuk yang rasanya enak; 4. Mencoba membuat takaran minuman sendiri sesuai rasa yang diinginkan; 5. Setelah takaran minuman selesai dibuat, baru menentukan harga minuman per cup yang sesuai dengan pasar; dan 6. Buat buku menu minuman.

Melalui usaha-usaha yang sudah dilakukan seperti yang sudah dijelaskan di atas, menghasilkan 3 (tiga) seri minuman kekinian, yaitu:

1.    Seri Cheese

a.    Thaitea cheese

b.    Greentea cheese

c.     Chocolate cheese

d.    Ovaltine cheese

e.     Milo cheese

f.     Vanilla cheese

g.     Taro cheese

h.    Redvelvet cheese

i.      Cappuccino cheese

j.      Moccacino cheese

k.    Hazelnut cheese

2.    Seri Original

Sama dengan nomor 1 (satu), hanya tidak memakai cheese

3.    Seri Squash

a.    Orange squash

b.    Watermelon squash

c.     Soursop squash

d.    Rainbow squash

e.     Happy soda


Daftar pustaka

1. Atmadji, W., 2018. Tanpa Inovasi Perusahaan Akan Mati. Suaramerdeka.com-21 Mei 2022

      2. Sudarmanto. 2009. Kinerja dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Post a Comment for " INOVASI BAGI WIRAUSAHAWAN"