Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MENGAPA JOKOWI DICINTAI RAKYAT?

 



Sebagai Rakyat Biasa

Pada masa sebagai seorang anak yang mulai tumbuh besar di lingkungan yang serba terbatas ekonominya, sangat merasakan keadaan yang serba kekurangan di dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Lingkungan yang serba terbatas ekonominya dari orang orang yang tinggal di wilayah itu, mendorong yang bersangkutan untuk berusaha mendapatkan penghasilan tambahan dari kegiatan yang dilakukan di pasar tradisional, yaitu menyediakan payung bagi masyarakat yang membutuhkan, sehingga bisa mendapatkan penghasilan tambahan bagi ekonomi keluarga.

Hal ini bisa diketahui dari cerita hidup Pak Joko Widodo, yang dikenal dengan nama sebutan Jokowi. Cerita hidup Pak Jokowi pada masa anak anak yang mulai tumbuh menjadi remaja sungguh memprihatinkan, bahkan rumah tempat tinggal berpindah beberapa kali, bahkan sempat bertempattinggal di bantaran sungai bengawan Solo.

Anda bisa membayangkan bagaimana sulitnya hidup Pak Jokowi pada masa anak anak menjadi remaja. Untung saja Pak Jokowi tetap mau berusaha melanjutkan pendidikannya di sekolah dasar (SD) dan tingkat selanjutnya. Kehidupan Pak Jokowi pada masa remaja ditempuh dengan penuh perjuangan, sehingga Pak Jokowi berusaha dengan sekuat tenaga untuk menyelesaikan pendidikannya, supaya bisa mendapatkan hidup yang lebih layak. Peribahasa menyebutkan “biar hidup susah yang penting tidak menyusahkan orang lain”, sehingga terus berusaha memerbaiki keadaan hidup melalui berbagai usaha yang dapat dilakukan, serta terus berjibaku pada bidang pendidikan yang dijalani.

Jadi . . walaupun Pak Jokowi menempuh kehidupan dengan penuh kesulitan, tetapi tetap memiliki tekad untuk terus menempuh pendidikannya dalam upaya untuk memerbaiki hidup menjadi lebih baik. Melalui hidup yang ditempa dengan kemelaratan, terus berjuang untuk menjadikan hidup menjadi bermakna bagi orang lain.

Lingkungan yang membentuk pribadi Pak Jokowi untuk melawan kemelaratan, terus dilakukan dengan menempuh tingkat pendidikan yang sedang dijalani. Pak Jokowi berpendapat bahwa hanya melalui jenjang pendidikan yang bisa mengubah pribadi menjadi lebih baik. Dengan begitu, apa pun yang bisa mendukung ditempuhnya pendidikan yang semakin baik, akan dilakukan supaya bisa menyelesaikan tingkat pendidikan yang sedang dijalani. Hal ini bisa dilakukan karena didorong tekad yang membara untuk berusaha melepaskan diri dari lingkungan ekonomi yang serba terbatas itu,

Sehubungan keadaan yang sudah pernah dialami dengan kondisi yang seperti itu, Pak Jokowi sangat memahami gambaran hidup manusia yang sedang berada dalam lingkungan yang kumuh, keadaan ekonomi mereka yang serba kekurangan dan serba terbatas itu. Kondisi yang seperti ini, Pak Jokowi sangat memahaminya, sehingga menimbulkan rasa empati yang mendalam terhadap orang orang yang mengalami hidup serba berkekurangan, dan kondisi yang serba mengalami keadaan yang pahit getir dalam menjalani hidupnya beserta keluarganya.

Sebagai Orang yang Berkinerja

Pak Jokowi yang sudah terbiasa berjuang keras dalam hidupnya, dan merasakan begitu beratnya menjalani hidup ini. Berdasarkan kondisi hidup yang sudah dialami tersebut, menimbulkan perasaan empati kepada orang lain yang masih berada pada level yang serba berkekurangan dalam bidang ekonomi. Pak Jokowi terus berusaha dan berjuang memerbaiki hidup dengan berwiraswasta pada bidang yang menjadi passionnya, yang diharapkan bisa memperoleh penghasilan serta memberikan manfaat bagi kebahagiaan hidup keluarga, dan barangkali orang lain, melalui talenta yang dimiliki. Passion yang dimiliki yaitu berjuang berusaha melalui kompetensi yang sudah dimiliki, yaitu berwirausaha pada bidang mebel. Usaha mebel yang dijalankan tersebut sangat menjanjikan, bahkan sudah bisa melakukan kegiatan ekspor mebel di beberapa negara.

Melalui usaha yang sudah eksis di bidang permebelan itu, Pak Jokowi didorong oleh teman teman yang berusaha di bidang mebel, untuk menjadi Walikota Solo, Jawa Tengah (Jateng). Pada akhirnya Pak Jokowi tertarik menjadi Walikota di Solo, sekaligus mewujudkan keinginan Beliau supaya bisa semakin mampu memberikan manfaat bagi banyak orang, melalui hadirnya berbagai kebijakan pemerintah yang pro rakyat.

Pak Jokowi melakukan sebuah perenungan bahwa bila hanya sebagai pengusaha mebel, bisanya hanya memberikan manfaat bagi beberapa orang saja, seperti jumlah karyawan usaha mebel, dan/atau pemberian corporate social responsibility (CSR) perusahaan kepada masyarakat yang bertempattinggal di sekitar lingkungan perusahaan, baik terhadap karyawan, konsumen, komunitas maupun terhadap masyarakat di sekitar lingkungan perusahaan. Tetapi sebaliknya, bila terpilih menjadi Walikota/Gubernur, dan/atau Presiden RI, akan lebih bisa dan memiliki peluang untuk melaksanakan berbagai program kerja di bidang kepentingan umum dan ekonomi dalam upaya memerbaiki ekonomi masyarakat di wilayah itu, tentu sangat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat, sehingga mendapatkan perbaikan ekonomi, pendidikan, dan kesehatan bagi keluarga.

Berdasarkan pengalaman hidup yang dirasakan dan dijalani Pak Jokowi, sejak masa kanak kanak, remaja sampai masa dewasa, kehidupan dan perasaan Pak Jokowi sangat berempati kepada banyak orang, terutama bagi mereka yang mengalami hidup susah dalam menjalani hidup ini. Mengapa Pak Jokowi mudah berempati kepada rakyat yang mengalami kesusahan di bidang ekonomi? Karena Beliau sendiri sudah merasakan pahit getirnya kehidupan. Sejak kecil sudah berusaha banting tulang untuk berusaha mendapatkan penghasilan, yang dapat meningkatkan ekonomi keluarganya. Inilah yang disebut ‘hidup penuh perjuangan’.

Oleh karena sudah terbiasa untuk berusaha melakukan sesuatu yang terbaik bagi kehidupannya dan bagi orang lain, maka setelah Beliau menduduki jabatan Walikota, Gubernur, dan Presiden Republik Indonesia (RI) selalu berusaha keras untuk membangun dan memerbaiki kehidupan rakyat Indonesia, melalui berbagai program kerja yang dieksekusi untuk dapat memberi kemudahan dan meningkatkan taraf hidup rakyat yang semakin baik dan bermanfaat.

Selama menduduki jabatan Presiden RI yang hampir 2 (dua) periode tersebut, Presiden Jokowi sudah membangun berbagai bentuk dan jenis pembangunan yang sangat dibutuhkan rakyat. Apa saja yang dibangun dan dikembangkan Pak Jokowi selama menduduki jabatan Presiden RI? Banyak hal yang sudah dibangun dan dikembangkan oleh Pak Jokowi selama ini, dan sudah dirasakan manfaatnya oleh sebagian masyarakat Indonesia. Pembangunan yang sudah dilaksanakan, yaitu:

1.    Pembangunan jalan tol

2.    Pembangunan jalan arteri (jalan umum)

3.    Pembangunan jalan desa

4.    Pembangunan transportasi kereta api

5.    Pembangunan mass rapid transit (MRT)

6.    Pembangunan lintas raya terpadu (LRT)

7.    Pembangunan kereta cepat Whoosh

8.    Pembangunan pasar tradisional

9.    Pembangunan kawasan perbatasan dengan negara lain

10. Pembangunan pelabuhan laut

11. Pembangunan pelabuhan udara

12. Pembangunan embung

13. Pembangunan irigasi

14. Pembangunan perumahan bagi rakyat

15. Pemberian berbagai subsidi kepada masyarakat

16. Pemberian bantuan sosial kepada masyarakat

17. Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), dan

18. Pembangunan lainnya      

Berbagai pemberian bantuan sosial dan subsidi kepada rakyat, serta berbagai jenis pembangunan lainnya yang sudah dilaksanakan pada zaman pemerintahan Jokowi, sangat dirasakan manfaatnya oleh seluruh rakyat Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan tingginya approval rating (tingkat kepuasan) rakyat Indonesia terhadap kinerja pemerintahan Pak Jokowi sangat tinggi yaitu sebesar 81,7% (Antara News, Januari 2024). Tingkat kepercayaan rakyat Indonesia yang sangat tinggi ini, memberi gambaran bahwa hal hal yang dikerjakan Pak Jokowi selama ini sudah sangat sesuai dengan kebutuhan dan bermanfaat bagi rakyat Indonesia. Oleh karena itu, apabila ada beberapa elit politik dan beberapa tokoh masyarakat kita yang lain, menjelek-jelekkan, memfitnah, atau memojokkan Pak Jokowi, pada umumnya sebagian besar rakyat Indonesia tidak bisa menerima hal hal yang seperti itu. Rakyat kita sudah sangat menghargai dan merasa bangga pada hasil hasil dari pemberian bantuan sosial dan subsidi serta pembangunan yang sudah diwujudkan dalam era pemerintahan Pak Jokowi.

Berbagai hal yang sudah dikerjakan Pak Jokowi, sudah sangat membantu rakyat kebanyakan untuk memperoleh pendapatan yang semakin baik dalam bidang ekonominya. Selain meningkatnya tingkat ekonomi masyarakat, memberikan juga kemudahan dalam upaya menggerakkan berbagai sumber ekonomi yang dapat memberikan perbaikan pada tingkat ekonomi masyarakat, beserta mampu meningkatkan mobilisasi masyarakat dalam berusaha, karena sudah tersedia infrastruktur jalan yang semakin baik.

Mengapa Pak Jokowi bisa memiliki ide yang sangat brilian dalam memenuhi kebutuhan sebagian besar masyarakat Indonesia? Karena Pak Jokowi berasal dari rakyat kebanyakan dan sudah mengalami pahit getirnya kehidupan. Pak Jokowi memahami betul bila keluarga berada pada kondisi hidup miskin dan melarat serta mengalami pahit getirnya kehidupan, seperti sulit memenuhi kebutuhan sehari-hari, anak anak sulit menempuh pendidikan, dan sulit memperoleh tingkat kesehatan yang wajar, termasuk tingginya angka stunting pada anak anak.  

Berdasarkan keadaan rakyat seperti yang sudah disebutkan di atas, sangat menaruh harapan kepada para Pemimpin kita, untuk berusaha melaksanakan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) sesuai amanah yang diterima, yaitu bekerja keras untuk mensejahterakan rakyat Indonesia. Apabila seluruh Pemimpin di Indonesia mau dan memiliki rasa empati pada kehidupan masyarakat yang mengalami pahit getirnya kehidupan, dapat diprediksi masyarakat yang dipimpin bisa segera keluar dari kehidupan yang serba miskin dan serba melarat. Tetapi sayangnya . . para Pemimpin kita tidak semua melakukan hal yang seperti itu, masih ada sebagian dari Pemimpin kita yang hanya memikirkan kepentingan pribadi Pemimpin dan kelompoknya. Buktinya masih banyak Pemimpin yang melakukan korupsi kolusi dan nepotisme (KKN), hal ini bisa dilihat dari banyaknya operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan komisi pemberantasan korupsi (KPK) dan/atau yang diproses di Kejaksaan perihal korupsi yang dilakukan oleh para Pemimpin kita. Salam kinerja!

Post a Comment for "MENGAPA JOKOWI DICINTAI RAKYAT?"