Prakata Penulis Pada Buku Strategi Pembangunan Pariwisata
Pada penulisan Strategi
Pembangunan Pariwisata ini, dititikberatkan pada keberhasilan yang akan
didapatkan ke depan menjadi lebih membanggakan. Hal ini bisa terjadi karena
dari awal pembangunan pariwisata, sudah menghadirkan pola pembangunan
pariwisata dengan menciptakan strategi
membangun pariwisata, taktik membangun pariwisata, dan keberhasilan dalam
membangun pariwisata.
Strategi membangun pariwisata berkaitan dengan 3 (tiga) unsur
utama, yaitu: 1. Inovasi; 2. Adaptasi; dan 3. Kolaborasi. Inovasi berkaitan
dengan berbagai ide untuk melakukan pembaharuan terhadap sesuatu hal, seperti
yang bisa kita dilakukan pada tampilan destinasi wisata yang dimiliki, supaya
lebih diminati oleh para wisatawan. Perihal adaptasi memberi gambaran bahwa
untuk menangani destinasi wisata ke depan harus dilakukan dengan memperhatikan
perkembangan lingkungan pariwisata, dari dalam dan luar negeri, sedang
kolaborasi berusaha untuk melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga/instansi,
yang nantinya hasil dari kerjasama itu akan menerima dampak dan manfaatnya.
Mengenai taktik
membangun pariwisata, berkaitan dengan serangkaian tindakan yang dilakukan
dalam jangka waktu 1 (satu) tahun untuk mewujudkan tercapainya strategi
membangun pariwisata. Hal-hal yang perlu dilakukan, antara lain: 1.
Memasyarakatkan pariwisata; 2. Menentukan potensi daerah di bidang pariwisata;
3. Mendata destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan; 4. Menangani
kemudahan akses mencapai destinasi wisata; 5. Bangun destinasi wisata sebagai pilot project; dan 6. Melakukan kegiatan
marketing pariwisata.
Strategi membangun
pariwisata dan taktik membangun pariwisata akan berhasil diwujudkan, apabila
Kepala Daerah mau melakukan 4 (empat) aksi nyata dalam mengeksekusi program
kerjanya. Hal-hal yang harus mendapatkan aksi dari Kepala Daerah, yaitu: 1.
Manajemen 1 (satu) menit; 2. Komunikasi yang efektif; 3. Aksi sebagai Pemimpin;
4. Kelola Kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN); 5. Marketing Plan Pariwisata; dan 6. Destinasi Wisata itu
Alamiah.
Keberhasilan sebuah daerah untuk membangun pariwisata, sangat
bergantung dari kemampuan Kepala Daerah untuk
menciptakan kreativitas dan kemandirian dalam mensejahterakan sosial-ekonomi
masyarakat. Belum lama ini Presiden Jokowi mengatakan, Kepala Daerah harus
berdampak nyata bagi masyarakat dengan memberikan solusi pada
persoalan-persoalan masyarakat, yaitu mau melindungi, mengayomi, dan memenuhi
hak-hak masyarakat sesuai amanah konstitusi.
Salah satu hal yang dapat dilaksanakan Kepala Daerah
dalam membangun dan meningkatkan derajat kesehatan ekonomi masyarakat adalah
menangani dan memanfaatkan potensi yang dimiliki daerahnya di bidang
pariwisata. Alam sudah tersedia, budaya sudah diwariskan oleh para leluhur
kita, serta telah tersedia pula berbagai macam kerajinan dan kuliner termasuk
kepemilikan batu megalit di daerah. Manfaatkanlah potensi daerah ini untuk
ditawarkan kepada wisatawan nusantara (Wisnus) dan wisatawan mancanegara
(Wisman) agar berkehendak melakukan perkunjungan di destinasi wisata yang ada
di daerah.
Post a Comment for "Prakata Penulis Pada Buku Strategi Pembangunan Pariwisata"