PENGEMBANGAN SDM RUMAH SAKIT
MARI
kita lihat dan mengamati sumber daya manusia (SDM) Indonesia secara umum.
Seorang teman menyampaikan pendapatnya bahwa SDM kita itu belum banyak berbuat seperti
yang diharapkan. Hal ini bisa terjadi karena sumber daya manusia (SDM) di
Indonesia didapatkan sebagian besar SDM-nya berkualitas rendah, dan semangat
juang juga rendah. Kalau kondisi SDM kita seperti yang diutarakan teman ini,
berarti daya saing organisasi jadi rendah.
Apabila daya saing
organisasi rendah, berarti kinerja dari
SDM di organisasi tersebut tergolong rendah. Kalau kinerja SDM tergolong rendah
dapat dipastikan bahwa usaha untuk mewujudkan pelayanan yang berkualitas bagi
pengguna (pasien) produk jasa pelayanan kesehatan menjadi tidak mudah tercapai.
Oleh karena itu, SDM rumah sakit yang didukung latar belakang banyak profesi
tersebut, sangat membutuhkan berbagai model pengembangan SDM, untuk mengarahkan
semua SDM rumah sakit menjadi SDM yang memiliki kinerja untuk bersama-sama
mewujudkan tercapainya visi dan misi rumah sakit. Nah . . hal yang mendukung
untuk memahami dengan baik mengenai kondisi SDM rumah sakit dalam mewujudkan
kinerja yang baik dalam meningkatkan pelayanan yang berkualitas kepada para
pasien, dibutuhkan semangat dari Manajemen rumah sakit untuk melakukan evaluasi
terhadap SDM rumah sakit. Kegiatan evaluasi ini dapat dilakukan dengan cara
menganalisis strengths, weaknesses, opportunities, threats (SWOT) SDM rumah sakit.
Sebagai bahan (referensi)
dalam melakukan SWOT SDM rumah sakit, akan diberikan contoh penggambarannya, yang
dapat dikembangkan menurut kondisi manajemen SDM di rumah sakit pada saat ini. Renungkanlah
indikator kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman SDM rumah sakit, seperti item-item
yang sudah dirumuskan di bawah ini.
No
|
Indikator Kekuatan SDM
|
Penilaian
Kondisi Saat Ini
|
Urgensi
Penanganan
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Ada yang
menyebabkan SDM kita lebih baik dibandingkan dengan SDM pesaing
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Ada keahlian
unik yang kita miliki sehingga berbeda dengan pesaing
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Ada SDM kita
yang paling ahli dan paling tinggi kinerjanya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Ada yang
menyebabkan SDM memiliki kinerja yang tinggi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Ada kekuatan
SDM yang harus dikembangkan dan dimiliki oleh setiap SDM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Ada yang harus
dilakukan untuk semakin meningkatkan kekuatan SDM yang kita miliki
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Memiliki SDM
yang berusia muda dan potensial untuk dikembangkan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian: 285 :
630 .100 = 45.24% Urgensi: 330:420.100=78.57%
No
|
Indikator Kelemahan SDM
|
Penilaian
Kondisi Saat Ini
|
Urgensi
Penanganan
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Ada keahlian SDM
yang perlu ditingkatkan di rumah sakit ini
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Ada sikap dan
perilaku SDM yang menghambat dalam rumah sakit ini
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Ada salah satu
tindakan yang paling menghambat kemajuan rumah sakit ini
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Ada yang
menyebabkan SDM memiliki kinerja yang sangat buruk
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Ada proses
pelayanan dan prosedur yang dapat mengakibatkan kinerja SDM buruk
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Ada tindakan
yang harus dilakukan untuk memperbaiki proses pelayanan dan prosedur sehingga
dapat meningkatkan kinerja SDM
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Ada satu
kelemahan terbesar di bidang SDM yang hampir selalu ada di semua gugus tugas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Ada yang harus
dilakukan untuk memperkecil kelemahan SDM yang kita miliki
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Kompetensi SDM
yang lemah dalam bidang pengelolaan dana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian: 317 : 810 .
100 = 39.51% Urgensi: 413 : 540 . 100 =
77.78%
No
|
Indikator Peluang SDM
|
Penilaian
Kondisi Saat Ini
|
Urgensi
Penanganan
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Ada jenis
keahlian yang harus dimiliki SDM agar dapat menjadi rumah sakit yang unggul
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Ada keahlian
yang harus dimiliki SDM untuk lima tahun mendatang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Ada salah satu
perilaku yang harus dibina agar kinerja rumah sakit meningkat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Ada jenis
pelatihan SDM yang bisa mengirim semua SDM ke dalam satu jenis pelatihan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Ada yang harus
dilakukan untuk merebut peluang di bidang SDM yang akan kita hadapi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian: 180: 450 .
100 = 40% Urgensi: 250 : 300.100=83,33%
No
|
Indikator Ancaman SDM
|
Penilaian
Kondisi Saat Ini
|
Urgensi
Penanganan
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Ada isu SDM
yang harus diperhatikan agar kita tidak ketinggalan dari pesaing
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Ada hal yang
harus dihindari setiap SDM agar kita terhindar dari kegagalan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Ada yang harus
dilakukan agar SDM ada dalam kondisi puncak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Ada yang harus
kita lakukan untuk mengatasi ancaman SDM yang kita hadapi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian: 130:360.100=36.11% Urgensi: 186:240.100=79.17%
Analisis faktor internal rumah
sakit (RS) ini, diperoleh gambaran dari indikator kekuatan SDM RS dan indikator
kelemahan SDM RS. Pada contoh di atas, didapatkan kekuatan SDM sebesar 45,24%
lebih besar dari kelemahan SDM sebesar 39,51%. Hal ini bisa diamati pada poin
pernyataan kekuatan di poin 7 yaitu RS memiliki SDM yang berusia muda dan
potensial untuk dikembangkan, dan di poin 3 yaitu ada SDM kita yang paling ahli
dan paling tinggi kinerjanya. Artinya, ada yang harus dilakukan oleh Manajemen
RS untuk semakin meningkatkan kekuatan SDM yang dimiliki di masa yang akan
datang, serta berusaha meningkatkan kapabilitas SDM untuk semakin terampil
dalam memberikan pelayanan yang berkualitas dan pelayanan yang ekselen kepada
pasien-pasien RS. Selanjutnya ada kekuatan SDM yang harus ditumbuhkembangkan kepada
setiap SDM RS. Untuk mewujudkan kondisi SDM seperti yang diutarakan di atas, sangat
diperlukan adanya program kerja dari Manajemen RS untuk melaksanakan pengembangan
SDM berupa pemberian in house training (IHT) kepada SDM RS,
beserta perwujudan keteladanan dari
Manajemen RS, agar seluruh SDM rumah sakit semakin bersemangat dan
berintegritas di dalam melaksanakan berbagai tugas pelayanan di RS.
Pada poin kelemahan SDM
yang termasuk dalam analisis faktor internal RS, bisa di lihat pada poin
pernyataan di nomor 5 yaitu ada proses pelayanan dan prosedur yang dapat
mengakibatkan kinerja SDM buruk, dan pada poin pernyataan nomor 2 yaitu ada
sikap dan perilaku SDM yang menghambat dalam rumah sakit ini. Artinya, perlu
ada tindakan yang harus dilakukan untuk memerbaiki proses pelayanan dan
prosedur, sehingga dapat meningkatkan kinerja SDM, termasuk ada salah satu
tindakan yang paling menghambat kemajuan rumah sakit ini. Oleh karena itu,
perlu diamati mengenai proses pelayanan RS yang seharusnya sesuai yang
disepakati pada waktu membuat standar prosedur operasional (SPO) RS untuk
mendapatkan penilaian lulus akreditasi setelah memerhatikan catatan-catatan
dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).
Pada analisis faktor ekternal
RS, dapat dilihat pada indikator peluang dan indikator ancaman kepada SDM RS. Pada
analisis ini diperoleh data ancaman SDM RS sebesar 36,11% lebih kecil dari data
peluang SDM RS sebesar 40%. Data ini memberi gambaran bahwa Manajemen RS harus bekerja
ekstra keras untuk mengusahakan lebih banyak peluang SDM RS ketimbang ancaman kepada
SDM RS. Pada peluang SDM RS, dapat dilihat pada pernyataan poin 1 yaitu ada
jenis keahlian yang harus dimiliki SDM RS agar RS ini dapat menjadi unggul
dalam pelayanan, dan pada poin 3 yaitu ada salah satu perilaku SDM yang harus
dibina oleh Manajemen RS, agar kinerja rumah sakit bisa meningkat. Artinya,
perlu ada beberapa jenis pelatihan SDM yang
bisa diikuti semua SDM RS, serta ada suatu keahlian yang harus dimiliki SDM pada
waktu lima tahun mendatang. Dengan demikian, ada beberapa keahlian SDM RS yang
perlu ditingkatkan oleh Manajemen RS, supaya RS ini unggul dalam pelayanan,
sekaligus peningkatan keahlian tersebut dapat menjadi program kerja yang masuk
pada pelaksanaan kegiatan pembinaan kepada SDM untuk lebih profesional dalam
tugas pelayanannya di RS.
Mengenai
ancaman pada pelayanan SDM, dapat dilihat pada pernyataan poin nomor 2 yaitu
ada hal yang harus dihindari setiap SDM agar kita terhindar dari kegagalan, dan
di nomor 1 yaitu ada isu SDM yang harus diperhatikan agar kita tidak
ketinggalan dari pesaing nantinya. Artinya, Manajemen RS berusaha mengelola
isu-isu negatif yang sedang berkembang di RS dan menjadikannya sebagai isu
positif yang dapat memberikan semangat bagi SDM RS untuk berusaha memberikan
pelayanan terbaik kepada pasien-pasien RS.
Nah
. . setelah mengetahui kondisi SDM saat ini beserta hal-hal yang diperlukan
untuk mendorong SDM RS semakin mampu berkarya lebih baik dalam menjalankan
pelayanan yang berkualitas kepada pasien RS, Manajemen RS harus mengarahkan
dengan tepat perihal orientasi dari SDM dalam pelayanan. Hendaknya SDM RS diarahkan
untuk berorientasi pada kinerja pelayanan, efisiensi, perhatian terhadap
standar kualitas, berjiwa wirausaha, dan optimalisasi penggunaan sumber daya
yang dimiliki, demi tercapainya pelayanan yang berkualitas kepada pasien RS.
Manajemen RS harus terus berusaha untuk menyelaraskan kemampuan dan kemauan
individu SDM dengan kebutuhan dan tujuan dari organisasi. Keselarasan antara
SDM RS dengan yang dibangun organisasi dalam upaya menjadikan SDM RS terus
berusaha membangun kepercayaannya terhadap pencapaian tujuan dan nilai
organisasi, kepentingan organisasi, dan memiliki keinginan kuat untuk membangun
organisasi menjadi lebih baik dan berkembang di masa yang akan datang.
Oleh
karena itu, Manajemen RS harus terus membangun SDM-nya agar memiliki kemampuan
dan kinerja dalam mewujudkan visi dan misi organisasi (rumah sakit). Mewujudkan
SDM RS yang dapat memberikan pelayanan yang maksimal serta menjadikan SDM RS
sebagai “man behind the gun” dalam
pelayanan, lakukanlah analisis SWOT pada SDM RS, supaya pembangunan dan
pengembangan SDM RS tepat sasaran dan sesuai kebutuhan Manajemen RS. Peliharalah
dan kembangkan SDM RS Anda, agar pelayanan RS Anda berdaya guna bagi pasien RS
serta mampu berdaya saing.
Post a Comment for "PENGEMBANGAN SDM RUMAH SAKIT"