Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MEMAHAMI KINERJA PEMASARAN RUMAH SAKIT


 
BERBAGAI hasil diskusi dengan sumber daya anusia (SDM) yang bekerja di beberapa gugus kerja di produk jasa pelayanan kesehatan di rumah sakit, mereka memberi informasi bahwa produk jasa pelayanan rumah sakit, sangat dibutuhkan adanya kegiatan pemasaran untuk turutserta memajukan pelayanan rumah sakit. Timbul pertanyaan dari usulan SDM ini, yaitu apa yang akan dilakukan Bagian Pemasaran untuk turutserta memajukan produk jasa pelayanan yang ada di rumah sakit?

Berbagai informasi yang disampaikan oleh Bagian Pemasaran perihal tugas pekerjaannya di Bagian Pemasaran, antara lain:
1.   Menyiapkan berbagai brosur produk jasa pelayanan kesehatan untuk diketahui pasien dan calon pasien yang akan memeriksakan kesehatan dirinya di rumah sakit
2. Menyiapkan konsep kerjasama dengan berbagai perusahaan dan instansi untuk menggunakan produk jasa kesehatan yang ada bila karyawannya sakit
3.     Menawarkan pelayanan medical check-up kepada masyarakat
4.     Menerbitkan majalah internal rumah sakit
5.    Menangani berbagai keluhan pasien pada berbagai produk jasa pelayanan kesehatan di rumah sakit
6. Menangani kegiatan pemasaran di internal rumah sakit untuk meningkatkan nilai pelayanan, hasil pelayanan, dan jumlah utilitas pelayanan
7.   Melakukan survei kepuasan pasien dan calon pasien pada produk jasa pelayanan rumah sakit
8.  Mengisi dan mempresentasikan secara berkala mengenai pelayanan rumah sakit di perkumpulan arisan ibu-ibu
9.    Melakukan kerjasama dengan beberapa hotel berbintang di wilayahnya untuk membuka dan melaksanakan klinik kesehatan di hotelnya secara berkala seminggu sekali
10. Menangani jadwal harian praktek dokter

Inilah tugas-tugas yang mungkin sudah dilakukan di Bagian Pemasaran. Berdasarkan hal itu, Bagian Pemasaran mejadi sangat penting dihadirkan di organisasi kesehatan seperti rumah sakit. Mengenai pemahaman tugas Bagian Pemasaran yang lain, diutarakan juga oleh Hartono (2010), bahwa Bagian Pemasaran itu memiliki uraian tugas yang mencakup fungsi-fungsinya, tanggung jawabnya, dan pihak-pihak utama yang berhubungan dengan tugas-tugasnya, antara lain:
1.        Fungsi bagian pemasaran
a.   Memberikan masukan kepada Direksi dari segi pemasaran dalam rangka perencanaan jangka panjang rumah sakit
b.    Menyiapkan data yang mungkin dibutuhkan oleh para pimpnan di lingkungan rumah sakit dalam hal besarnya pasar tertentu, segmen-segmennya, kecenderungannya, dan dinamika perilakunya
c.    Menyelenggarakan penelitian-penelitian tentang kebutuhan, persepsi, selera, dan kepuasan dari pasar-pasar tertentu
d.       Membantu dalam perencanaan, promosi, dan pelepasan pelayanan-pelayanan baru
e.       Membantu pelaksanaan kampanye/komunikasi dan promosi serta penyiapan bahan-bahannya
f.        Menganalisis dan memberikan saran dalam rangka penetapan tarif pelayanan
g.      Menilai usulan/gagasan tentang pelayanan baru dari sisi pemasaran
h.      Memberikan masukan tentang kepuasan pasien
i.        Memberikan masukan dalam rangka pencarian dukunan dana untuk rumah sakit
2.      Tanggung jawab bagian pemasaran
a.   Menghubungi individu pimpinan dan kelompok-kelompok di rumah sakit untuk menjelaskan tentang pelayanan rumah sakit dan masalah-masalah yang dihadapi
b. Memilih proyek-proyek pelayanan yang prioritasnya tinggi dan menetapkan tujuan/target tahunannya
c.       Menyiapkan permintaan anggaran untuk mendukung proyek-proyek yang dipilih
d.      Menyiapkan laporan tahunan tentang kinerja rumah sakit
3.      Pihak-pihak utama yang berhubungan
a.         Berhubungan langsung dengan Direktur Utama, para Direktur, dan Bagian Humas
b.        Berhubungan tidak langsung dengan Kepala-kepala Unit

Melalui uraian yang disampaikan di atas, yang telah dirinci dalam fungsi pemasaran, tanggung jawab pemasaran, dan pihak-pihak utama yang berhubungan dengan pemasaran, akan tampak pada kita bahwa kedudukan Bagian Pemasaran rumah sakit merupakan posisi yang setingkat dengan Manajemen Menengah di rumah sakit.

Setelah ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh sumber daya manusia (SDM) yang bertugas di Bagian Pemasaran, akan memberikan kemudahan untuk menilai kinerja mereka di rumah sakit. Sebagaimana kita ketahui bahwa kinerja itu merupakan catatan dari hasil pekerjaan yang telah dilaksanakan dalam periode waktu tertentu, misal selama 3 bulan atau selama 6 bulan atau selama 1 tahun (Zebua, 2016). Dengan demikian, kinerja pemasaran di rumah sakit, akan tampak pada seberapa besar hasil pekerjaan yang mereka bisa wujudkan di rumah sakit. Untuk menilai kinerja itu dan seberapa besar pencapaian program kerja yang bisa diwujudkan Bagian Pemasaran untuk turutserta memajukan pelayanan di masing-masing produk jasa kesehatan yang ada di rumah sakit, akan terlihat dari data yang dimiliki rumah sakit dari waktu ke waktu. Monitoring pada data yang telah dimiliki rumah sakit bisa diamati perkembangannya selama 6 (enam) bulan dan/atau selama 1 (satu) tahun. Jumlah perkembangan atau peningkatan pasien dari waktu ke waktu setiap hari bisa dilihat pada jumlah kunjungan pasien setiap hari di rumah sakit, seperti: a. Jumlah  pasien yang memeriksakan kesehatannya di pelayanan instalasi rawat jalan; b. Jumlah pasien setiap hari yang berkunjung pada pelayanan instalasi gawat darurat (IGD); c. Jumlah pasien yang dirujuk dari produk jasa kesehatan yang lain, termasuk dari praktek pribadi dokter, bidan dan perawat ke pelayanan rumah sakit; dan d. Jumlah pasien per hari di instalasi pelayanan rawat inap.

Angka-angka yang dimonitor ini akan memberikan informasi mengenai berkembangtidaknya pelayanan rumah sakit setelah membentuk Bagian Pemasaran di rumah sakit. Nah, untuk mendapatkan hasil terbaik dari Bagian Pemasaran rumah sakit, tentu sangat bergantung dari program kerja yang dilaksanakan Bagian Pemasaran itu di rumah sakit, serta seberapa besar dukungan Manajemen rumah sakit pada tugas pekerjaan Bagian Pemasaran, sehingga hasil dari program kerja yang dilaksanakan Bagian Pemasaran, mampu mewujudkan hasil program kerja yang baik bagi rumah sakit. Apabila Bagian Pemasaran mampu mewujudkan program kerjanya dengan hasil baik di rumah sakit, akan mampu meningkatkan kepercayaan Kepala-kepala Unit dan/atau manajer gugus kerja yang ada di rumah sakit kepada Bagian Pemasaran rumah sakit.

Mengapa ada penekanan dalam hal kepercayaan Kepala-kepala Unit yang ada di rumah sakit kepada Kepala Bagian Pemasaran rumah sakit? Karena masalah pemasaran merupakan hal baru yang belum lama diterima di rumah sakit, agar pekerjaan tenaga kesehatan di rumah sakit mampu melaksanakan pekerjaan yang berorientasi pada patient safety. Jadi, konsentrasi SDM yang profesional pada pekerjaan mereka, bisa fokus pada pemberian pelayanan sesuai kepentingan dan kebutuhan pasien, sehingga mampu mewujudkan pemberian pelayanan yang baik dan berkualitas kepada pasien-pasien yang dilayani. Dengan demikian, pemberian pelayanan kepada pasien bisa dilaksanakan dengan: a. Menampilkan wajah senyum dan komunikatif; b. Memberikan pelayanan yang berkesan; dan c. Memberikan pelayanan yang ekselen kepada pasien-pasien rumah sakit.

Untuk mewujudkan pelayanan seperti yang ditulis di atas, memang Manajemen harus jeli melihat pekerjaan yang kurang berfokus pada pekerjaan yang dilakukan, dengan melakukan pembagian pekerjaan yang bisa dilakukan dengan baik oleh SDM yang dipercayakan Manajemen. Sesuai dengan yang tercantum dalam Undang-Undang nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit, di pasal 3 (tiga) memberi ketentuan bahwa pengaturan penyelenggaraan rumah sakit bertujuan:
a.      Mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan
b.     Memberikan perlindungan terhadap keselamatan pasien, masyarakat, lingkungan rumah sakit, dan SDM di rumah sakit
c.       Meningkatkan mutu dan memertahankan standar pelayanan rumah sakit
d.     Memberikan kepastian hukum kepada pasien, masyarakat, SDM rumah sakit, dan rumah sakit.

Berdasarkan ketentuan dan pengaturan seperti yang disebutkan di atas, Manajemen rumah sakit sudah dapat memahami dengan mendalam mengenai bagaimana sebaiknya unit-unit kerja yang ada di rumah sakit, termasuk Bagian Pemasaran itu dapat mewujudkan kinerjanya dengan baik di rumah sakit. Jalankanlah bidang pekerjaan yang dipercayakan Manajemen rumah sakit kepada Anda untuk selalu berupaya keras dalam mewujudkan hasil dan sukses di bidang pekerjaannya, dengan tampilan kinerja yang baik dan meningkat di masing-masing gugus kerjanya.

Post a Comment for "MEMAHAMI KINERJA PEMASARAN RUMAH SAKIT"