Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PROGRAM KERJA KEPALA DAERAH

  

SETIAP Pemimpin di daerah pasti sudah memiliki Visi dan Misi dalam upaya untuk mensejahterakan masyarakat yang dipimpin. Berdasarkan Visi dan Misi tersebut, tentu Pemimpin atau Kepala Daerah (Kada) menjabarkannya pada program kerja yang dapat dilaksanakan dalam jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Kalau program kerja diarahkan pada penanganan Destinasi Wisata yang mumpuni dan bisa disediakan di daerah, sebagai upaya untuk menghadirkan wisatawan nusantara (Wisnus) dan wisatawan mancanegara (Wisman) mau berkunjung di daerahnya. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, tentu diperlukan berbagai program kerja yang perlu dikerjakan untuk menjadikan Destinasi Wisata sebagai tempat kunjungan wisatawan yang dapat memberi kesan dan kebanggaan bagi setiap wisatawan yang melakukan kunjungan di Destinasi Wisata.

 Adapun program kerja yang diharapkan dapat mewujudkan Visi dan Misi Kada pada waktu yang akan datang, sebagai berikut:

Contoh Program kerja Kada selama 5 (lima) tahun ke depan

No.

Program Kerja

Jangka Pendek

Jangka Menengah

Jangka Panjang

Keterangan

1

Pelayanan yang Berkualitas

V

v

V

 

2

Pelayanan yang Berkesan

V

v

V

 

3

Komunikasi Dalam Pelayanan

V

v

V

 

4

Pemantapan Fungsi OPD Pariwisata

V

v

V

 

5

Menangani Keluhan wisatawan

V

v

V

 

6

Komunikasi itu Media Pemasaran

V

v

V

 

7

Pemberian Pelayanan yang Responsif

V

v

V

 

8

Budaya Kerja pada Pelayanan yang Berkualitas

V

v

V

 

9

Pelayanan yang Ekselen

V

v

V

 

10

Menciptakan Daya Saing

V

v

V

 

11

Menangani dengan baik perihal Kinerja Hubungan Masyarakat (Humas)

V

v

V

 

12

Perbaikan Pelayanan para Juru Parkir

V

v

V

 

13

Tersedianya Media Internet

V

-

-

 

14

Penyediaan Pemandu Wisata

V

v

V

 

15

Penyediaan Pelayanan Kesehatan yang Dekat Destinasi Wisata

V

v

V

 

16

Tersedianya Rumah Makan yang Bersih

Dan seterusnya menurut kebutuhan

17

Tersedianya Air Bersih

 

 

 

 

18

Mengadakan Event Pariwisata

 

 

 

 

19

Mendisain Destinasi Wisata yang Unik dan Menarik

 

 

 

 

20

Melaksanakan Kegiatan Sadar Wisata bagi Masyarakat

 

 

 

 

21

Mengadakan Lomba Kesenian

 

 

 

 

22

Menghidupkan Berbagai Jenis Budaya Masyarakat

 

 

 

 

23

Mengadakan Lomba Kebersihan

 

 

 

 

24

Berkolaborasi Membangun Home stay

 

 

 

 

25

Meningkatkan Penguasaan Bahasa Internasional

 

 

 

 

36

Penanganan pelayanan yang Ramah

dan seterusnya menurut kebutuhan di bidang pariwisata

 

Program kerja yang tertulis di atas hanya merupakan contoh saja, dan ini tentu disesuaikan dengan kebutuhan daerah yang dipimpin, yang semestinya berbasis pada Visi dan Misi Pemimpin di dalam menjalankan Manajemen Operasional pada pemerintahan daerah. Ada baiknya Pemimpin juga meminta kondisi pelayanan organisasi perangkat daerah (OPD) di lapangan, barangkali ada masukan dari beberapa warga masyarakat, yang menyampaikan hal hal yang dibutuhkan warga masyarakat, agar pelayanan yang diberikan OPD semakin mampu memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan dari warga masyarakat.

Selain yang disebutkan di atas, bisa juga Pemimpin meminta barbagai harapan dari SDM aparatur sipil negara (ASN) dan non ASN untuk menjadikan pemerintah daerah (Pemda) semakin dapat dipercaya oleh masyarakat. Barangkali ada yang menyampaikan harapan dengan mengusulkan beberapa hal seperti contoh di bawah ini:

1.     Perbaikan manajemen operasional pada pemerintahan daerah

2.     Warga masyarakat mengeluh pada infrastruktur jalan di wilayah Kabupaten dan/atau Kota

3.     Peningkatan kebersihan pada warung makan/kuliner khas daerah

4.     Peningkatan kinerja SDM ASN dan non ASN di lingkungan pemerintahan daerah

5.     Pelatihan SDM ASN dan non ASN menurut kebutuhan Pemda secara berkala

6.     Membuat tatakelola yang baik terhadap setiap OPD menurut tugas pokok dan fungsi (Tupoksi)

7.     Perbaikan yang semakin baik terhadap kesejahteraan warga masyarakat

8.     Perbaikan pada Visi dan Misi Pemimpin, terus disosialisasikan kepada SDM ASN dan non ASN

9.     Mempererat tali persaudaraan

10.  Meningkatkan mutu pelayanan SDM ASN dan non ASN

11.  Menambah jumlah SDM yang dibutuhkan Pemda

12.  Menciptakan alur pemberian pelayanan yang pasti

13.  Bila ada kebijakan Pemda, sosialisasikan kepada SDM ASN, non ASN, dan masyarakat

14.  Perlu pemasaran atas kebijakan kebijakan Pemda

15.  Peningkatan komunikasi antar OPD dan Sekda

16.  Dan yang lain

Program kerja Pemimpin dalam memajukan dan mengembangkan pelayanan Pemda kepada masyarakat, harus dijelaskan dengan baik dan manfaatnya kepada masyarakat. Sebagai ukuran yang digunakan, bisa menetapkan milestone (tonggak pencapaian) pada perwujudan kemajuan pelayanan Pemda. Untuk itu alangkah baiknya program kerja Pemimpin selama bertindak sebagai Pemimpin, Pemda perlu menjelaskan berbagai program kerja dalam jangka pendek, jangka menengah, dan program kerja jangka panjang, yang disesuaikan dengan kemampuan Manajemen Operasional Pemda. Program kerja inilah yang selalu digaungkan Pemimpin kepada SDM ASN dan non ASN, sehingga mendorong semangat bersama di dalam mewujudkannya, sekaligus menjadi daya dorong untuk memberikan pelayanan yang semakin baik dan berkualitas kepada semua pihak yang dilayani Pemda.

 

Post a Comment for "PROGRAM KERJA KEPALA DAERAH"