PROGRAM KERJA KEPALA DAERAH
SETIAP
Pemimpin di daerah pasti sudah memiliki Visi dan Misi dalam upaya untuk mensejahterakan
masyarakat yang dipimpin. Berdasarkan Visi dan Misi tersebut, tentu Pemimpin atau
Kepala Daerah (Kada) menjabarkannya pada program kerja yang dapat dilaksanakan
dalam jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Kalau program kerja
diarahkan pada penanganan Destinasi Wisata yang mumpuni dan bisa disediakan di
daerah, sebagai upaya untuk menghadirkan wisatawan nusantara (Wisnus) dan
wisatawan mancanegara (Wisman) mau berkunjung di daerahnya. Untuk mewujudkan
keinginan tersebut, tentu diperlukan berbagai program kerja yang perlu
dikerjakan untuk menjadikan Destinasi Wisata sebagai tempat kunjungan wisatawan
yang dapat memberi kesan dan kebanggaan bagi setiap wisatawan yang melakukan
kunjungan di Destinasi Wisata.
Adapun program kerja yang diharapkan dapat
mewujudkan Visi dan Misi Kada pada waktu yang akan datang, sebagai berikut:
Contoh
Program kerja Kada selama 5 (lima) tahun ke depan
No. |
Program
Kerja |
Jangka
Pendek |
Jangka
Menengah |
Jangka
Panjang |
Keterangan |
1 |
Pelayanan yang Berkualitas |
V |
v |
V |
|
2 |
Pelayanan yang Berkesan |
V |
v |
V |
|
3 |
Komunikasi Dalam Pelayanan |
V |
v |
V |
|
4 |
Pemantapan Fungsi OPD Pariwisata |
V |
v |
V |
|
5 |
Menangani Keluhan wisatawan |
V |
v |
V |
|
6 |
Komunikasi itu Media Pemasaran |
V |
v |
V |
|
7 |
Pemberian Pelayanan yang Responsif |
V |
v |
V |
|
8 |
Budaya Kerja pada Pelayanan yang Berkualitas |
V |
v |
V |
|
9 |
Pelayanan yang Ekselen |
V |
v |
V |
|
10 |
Menciptakan Daya Saing |
V |
v |
V |
|
11 |
Menangani dengan baik perihal Kinerja Hubungan
Masyarakat (Humas) |
V |
v |
V |
|
12 |
Perbaikan Pelayanan para Juru Parkir |
V |
v |
V |
|
13 |
Tersedianya Media Internet |
V |
- |
- |
|
14 |
Penyediaan Pemandu Wisata |
V |
v |
V |
|
15 |
Penyediaan Pelayanan Kesehatan yang Dekat
Destinasi Wisata |
V |
v |
V |
|
16 |
Tersedianya Rumah Makan yang Bersih |
Dan
seterusnya menurut kebutuhan |
|||
17 |
Tersedianya Air Bersih |
|
|
|
|
18 |
Mengadakan Event Pariwisata |
|
|
|
|
19 |
Mendisain Destinasi Wisata yang Unik dan Menarik |
|
|
|
|
20 |
Melaksanakan Kegiatan Sadar Wisata bagi Masyarakat |
|
|
|
|
21 |
Mengadakan Lomba Kesenian |
|
|
|
|
22 |
Menghidupkan Berbagai Jenis Budaya Masyarakat |
|
|
|
|
23 |
Mengadakan Lomba Kebersihan |
|
|
|
|
24 |
Berkolaborasi Membangun Home stay |
|
|
|
|
25 |
Meningkatkan Penguasaan Bahasa Internasional |
|
|
|
|
36 |
Penanganan pelayanan yang Ramah |
dan
seterusnya menurut kebutuhan di bidang pariwisata |
Program
kerja yang tertulis di atas hanya merupakan contoh saja, dan ini tentu
disesuaikan dengan kebutuhan daerah yang dipimpin, yang semestinya berbasis
pada Visi dan Misi Pemimpin di dalam menjalankan Manajemen Operasional pada
pemerintahan daerah. Ada baiknya Pemimpin juga meminta kondisi pelayanan organisasi
perangkat daerah (OPD) di lapangan, barangkali ada masukan dari beberapa warga
masyarakat, yang menyampaikan hal hal yang dibutuhkan warga masyarakat, agar pelayanan
yang diberikan OPD semakin mampu memberikan pelayanan yang sesuai dengan
harapan dari warga masyarakat.
Selain
yang disebutkan di atas, bisa juga Pemimpin meminta barbagai harapan dari SDM aparatur
sipil negara (ASN) dan non ASN untuk menjadikan pemerintah daerah (Pemda) semakin
dapat dipercaya oleh masyarakat. Barangkali ada yang menyampaikan harapan
dengan mengusulkan beberapa hal seperti contoh di bawah ini:
1. Perbaikan manajemen operasional pada
pemerintahan daerah
2. Warga masyarakat mengeluh pada
infrastruktur jalan di wilayah Kabupaten dan/atau Kota
3. Peningkatan kebersihan pada
warung makan/kuliner khas daerah
4. Peningkatan kinerja SDM ASN dan
non ASN di lingkungan pemerintahan daerah
5. Pelatihan
SDM ASN dan non ASN menurut kebutuhan Pemda secara berkala
6. Membuat
tatakelola yang baik terhadap setiap OPD menurut tugas pokok dan fungsi
(Tupoksi)
7. Perbaikan
yang semakin baik terhadap kesejahteraan warga masyarakat
8. Perbaikan
pada Visi dan Misi Pemimpin, terus disosialisasikan kepada SDM ASN dan non ASN
9. Mempererat
tali persaudaraan
10. Meningkatkan
mutu pelayanan SDM ASN dan non ASN
11. Menambah
jumlah SDM yang dibutuhkan Pemda
12. Menciptakan
alur pemberian pelayanan yang pasti
13. Bila
ada kebijakan Pemda, sosialisasikan kepada SDM ASN, non ASN, dan masyarakat
14. Perlu
pemasaran atas kebijakan kebijakan Pemda
15. Peningkatan
komunikasi antar OPD dan Sekda
16. Dan
yang lain
Program
kerja Pemimpin dalam memajukan dan mengembangkan pelayanan Pemda kepada
masyarakat, harus dijelaskan dengan baik dan manfaatnya kepada masyarakat.
Sebagai ukuran yang digunakan, bisa menetapkan milestone (tonggak pencapaian) pada perwujudan kemajuan pelayanan Pemda.
Untuk itu alangkah baiknya program kerja Pemimpin selama bertindak sebagai
Pemimpin, Pemda perlu menjelaskan berbagai program kerja dalam jangka pendek, jangka
menengah, dan program kerja jangka panjang, yang disesuaikan dengan kemampuan
Manajemen Operasional Pemda. Program kerja inilah yang selalu digaungkan
Pemimpin kepada SDM ASN dan non ASN, sehingga mendorong semangat bersama di dalam
mewujudkannya, sekaligus menjadi daya dorong untuk memberikan pelayanan yang
semakin baik dan berkualitas kepada semua pihak yang dilayani Pemda.
Post a Comment for "PROGRAM KERJA KEPALA DAERAH"