Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KOMUNITAS DIRI

 

SALAH SATU unsur dari strategi pemasaran seperti yang disampaikan oleh Hermawan Kartajaya adalah Komunitas. Komunitas itu merupakan sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih daripada yang seharusnya. Jadi, adanya sekelompok orang yang memiliki ciri ciri penting yang dimiliki bersama, seperti tempat, seperangkat norma, budaya, agama, nilai, adat istiadat, atau identitas (Wikipedia). Kalau dilihat di KBBI, komunitas diartikan sebagai kelompok organisme yang hidup dan saling berinteraksi dalam daerah tertentu dan/atau kumpulan populasi yang berbeda di suatu daerah yang sama dan saling berinteraksi.

Berdasarkan pemahaman di atas, maka pada zaman now, sudah banyak terbentuk berbagai komunitas di wilayah kita, seperti: 1. Komunitas arisan alumni sekolah; 2. Komunitas arisan pengajian; 3. Komunitas arisan konco konco hang out (nongkrong bareng); 4. Komunitas senam taichi; 5. Komunitas arisan ibu ibu tempat suami bekerja; 6. Komunitas sepeda onthel; 7. Komunitas honda motor club; 8. Komunitas Yamaha motor club; 9. Komunitas fotografi club; 10. Komunitas golf club; 11. Komunitas iwak peyek club; 12. Komunitas WA; 13. Komunitas facebook; 14. Komunitas jalan jalan; 15. Komunitas lari marathon; 16. Komunitas guide; 17. Komunitas mancing ikan; 18. Komunitas petani; 19. Komunitas nelayan; 20. Komunitas senam; 21. Komunitas olahraga tenis lapangan dan tenis meja; 22. Komunitas pengusaha; 23. Komunitas instagram; 24. Komunitas motor gede (Harley Davidson); dan 25. Komunitas yang lain.

Nah . . orang orang yang suka gaul, biasanya sudah memiliki 1 (satu) atau lebih Komunitas. Sebagai individu biasanya pada waktu memperkenalkan diri, turut disampaikan juga mengenai komunitas komunitas yang diikuti selama ini, sehingga teman teman yang mendengarkan bisa mengetahui dan barangkali akan berancang-ancang untuk bersama-sama dalam sebuah Komunitas tertentu. Dan ini sangat baik sekali bagi Anda, lebih dikenal dan teman teman menjadi lebih akrab dengan Anda. Dengan demikian, teman teman lebih mengerti dan memahami siapa Diri Anda dan bagaimana menciptakan kegiatan yang lebih mengakrabkan Diri Anda dengan teman teman yang lain.

Pada zaman now Komunitas merupakan sasaran dari para marketer untuk melakukan Kolaborasi dalam memanfaatkan sebuah produk yang sedang tranding di pasar. Anda akan mudah dihubungi dan juga Anda mudah menghubungi sesuai ciri ciri yang dipersepsi sama di dalam sebuah Komunitas. Artinya, bisa saling mempengaruhi dalam hal pemanfaatan sebuah produk yang sama sama digemari.

Apabila Anda suka mengikuti Komunitas sepeda onthel umpamanya, biasanya suka bersepeda bersama dengan teman teman, sesuai waktu yang disepakati dan/atau mengikuti acara sepeda onthel yang diselenggarakan oleh sebuah instansi berkenaan dengan peringatan hari ulang tahunnya dan sebagainya. Hal yang sangat seru bila Komunitas sepeda onthel melakukan olahraga bersama, yaitu tubuh harus fit, dan masing masing menyiapkan secara mandiri perihal berbagai kebutuhannya, seperti helm, botol minum, gembok sepeda, kacamata, lampu sepeda, sabuk tempat HP, snack box, handuk kecil untuk mengelap keringat yang keluar, dan kebutuhan lainnya.

Seorang teman bercerita bahwa enaknya bila bersepeda bersama, bisa menentukan waktu istirahat sambil makan snack. Bisa juga melakukan foto selfie di tempat tempat yang bagus bila melewati gunung, lembah, sungai, serta bisa berfoto bersama dengan teman teman dalam upaya menghadirkan sebuah kenangan bersama dengan teman teman Komunitas hehehe. Apalagi kalau mau menurunkan berat badan dan membakar lemak di dalam tubuh, serta menguatkan otot otot kaki dan tangan termasuk menjaga kesehatan jantung.

Banyak hal yang bisa dipetik pada olahraga bersepeda, selain menyehatkan fisik dan pemikiran, juga bisa mengurangi kesakitan pada tubuh. Yah . . namanya olahraga dengan menggunakan sepeda, bisa mengakrabkan diri dengan teman yang lain serta bisa

berdiskusi dalam berbagai hal selama melakukan perjalanan dengan bersepeda bersama, serta dapat dilakukan dengan serius tapi santai (Sersan) hehehe.

Hal lain yang bisa dilakukan dalam kegiatan bersepeda bersama yaitu berwisata bersama dengan mengunjungi beberapa destinasi wisata yang bisa dilewati selama bersepeda. Lebih heboh lagi bila bisa mengunjungi destinasi wisata di daerah yang dilewati, bisa menjadi sebuah sarana diskusi untuk menghidupkan desa wisata di wilayah Anda. Wow . . semakin menarik jadinya.

Komunitas lain apa ya yang telah Anda tercatat sebagai anggota Komunitas? Bisa Komunitas olahraga tenis lapangan dan tenis meja. Setelah menyelesaikan berbagai pekerjaan pada pagi dan siang hari, sore harinya sesuai waktu olahraganya bisa berolahraga tenis sekaligus bisa menyegarkan tubuh kembali setelah melakukan olahraga. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan kesegaran pemikiran kembali, sehingga dapat melakukan pekerjaan kembali dengan semangat yang menyala-nyala dan barangkali kinerjanya semakin meningkat.   

Oleh karena itu, jangan suka menyendiri walau ada teman yang sangat dekat dengan Anda yaitu handphone (HP) hehehe. Anda pastinya perlu berkolaborasi dengan teman yang lain, terutama dalam hal berkomunitas sesuai dengan hobi dan keinginan Anda. Berteman itu jauh lebih indah ketimbang hanya menyendiri saja, sekaligus memberikan semangat untuk melakukan olahraga bersama dalam waktu waktu tertentu, sehingga tubuh dan pikiran manjadi sehat dan segar bugar.

Banyak hal yang bisa dilakukan bila mau memasuki sebuah komunitas, antara lain bisa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru, serta mempunyai banyak teman yang suka melakukan kegiatan hang out bersama. Pepatah Tiongkok mengatakan “seribu kawan terlalu sedikit, satu musuh terlalu banyak”. Artinya, sebagai manusia sosial kita amat membutuhkan orang lain sebagai teman, karena teman itu bisa sebagai tempat berkeluh kesah atau berbagi duka dan bahagia atau adanya teman justru semakin mempermudah kehidupan.   

Sekarang sih . . sudah zamannya berkomunitas dengan orang orang yang memiliki hobi yang sama serta saling peduli satu sama lain lebih daripada yang seharusnya. Apabila bisa berkumpul bersama dalam sebuah komunitas, aura positifnya bisa semakin bersemangat serta mau melakukan sebuah pekerjaan yang berat pun menjadi lebih mudah dilaksanakan, karena api hidupnya sedang menyala-nyala.

Oleh karena itu, pada waktu memperkenalkan diri sangat diapresiasi oleh banyak teman, apabila turut memberikan informasi mengenai Komunitas yang sedang dijalankan selama ini. Anda bisa menyebut 1 (satu) Komunitas atau lebih, yang diikuti sampai saat ini sehingga melalui perkenalan Komunitas Anda, teman yang lain bakal ada yang mau mengikuti Komunitas Anda. Dengan demikian, akan bertambah jumlah teman yang bakal masuk dan mengikuti Komunitas Anda, sehingga akan mempercepat dan mempermudah keakraban Anda dengan teman teman yang lain.

Perkataan bijak mengatakan, “siapa bergaul dengan orang bijak akan menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang tolol akan menjadi malang”. Artinya jangan berteman dengan orang yang lekas gusar atau seorang pemarah, supaya tingkah lakunya tidak menjerat dirimu sendiri. Jadi, Komunitas sangat diperlukan supaya bisa mengembangkan diri lebih cepat melalui sebuah kelompok yang relatif tidak besar, serta dapat menimbulkan kebersamaan di dalam melakukan berbagai kegiatan sesuai dengan tujuan dari Komunitas tersebut.

Post a Comment for "KOMUNITAS DIRI"