Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MENGAPA MEMAJUKAN PARIWISATA DAERAH?

Mendayagunakan Potensi Daerah

Sebagai seorang Kepala Daerah (Kada) seyogyanya sudah mengetahui benar mengenai potensi potensi daerahnya. Apabila mampu dan bisa mengetahui potensi daerah yang dipimpin, mestinya akan berusaha keras untuk mengoptimalkan potensi daerah itu menjadi sumber kesejahteraan bagi masyarakatnya. Bahkan kalau bisa, justru mengoptimalkan juga berbagai sektor pendukung untuk mewujudkan keberhasilan potensi daerah yang sudah diketahui dan mau dioptimalkan tersebut.

Potensi daerah itu tentu berbeda antara satu daerah dengan daerah lain yang diwilayahi Indonesia. Ada potensi daerah yang biasa memberi hasil sayur mayur, potensi hasil coklat, penghasil kelapa sawit, penghasil batu bara, potensi hasil timah dan nikel, pemberi hasil perikanan dan pariwisata, pemberi hasil pertanian, potensi hasil Kelapa ataupun jagung, dan lain sebagainya.

Penulis sering memberi contoh kesuksesan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka. Beliau mengamati daerahnya dan akhirnya mengetahui betul bahwa potensi daerahnya tidak memiliki sumber daya alam. Potensi daerahnya hanya sebagai penghasil jasa melalui pemajuan kegiatan dalam bidang pariwisata. Apa yang dilakukan oleh Walikota Solo yang masih muda ini? Beliau mengusahakan untuk menghadirkan berbagai kegiatan setiap bulan, yang bisa menghadirkan banyak orang/wisatawan, seperti peringatan hari lahir organisasi masyarakat (Ormas), pelaksanaan kegiatan seni budaya, Solo safari, dan kegiatan pertunjukkan yang lain.

Hal yang sama juga diusahakan oleh pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dengan menggarap dan mengoptimalkan potensi daerahnya di bidang Pariwisata dan bidang Pendidikan. Pada bidang kegiatan Pariwisata, menghadirkan destinasi wisata yang menarik dan unik, meningkatkan kegiatan di bidang seni dan budaya khas daerah, kerajinan khas daerah, dan berbagai macam kuliner khas Yogyakarta. Sementara itu di bidang pendidikan, memberikan dorongan kepada pemilik pendidikan di berbagai jenjang pendidikan, supaya berusaha meningkatkan mutu pendidikan yang diasuh, baik milik Pemerintah maupun milik Swasta. Pada akhirnya banyak pemuda/pemudi dari berbagai daerah di Indonesia yang berminat untuk melanjutkan pendidikannya di Yogyakarta.

Demikian juga yang dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Banyuwangi, Surabaya. Begitu melihat potensi daerahnya, ternyata daerahnya memiliki potensi dalam bidang Pariwisata. Dengan demikian, Kepala Daerahnya berusaha memajukannya dengan menata infrastruktur jalan dan destinasi wisatanya, bandar udara, memajukan seni budaya khas daerah, dan lain sebagainya. Apa hasil dari penanganan yang komprehensif terhadap potensi daerahnya? Beberapa destinasi wisata disulap sedemikian rupa, sehingga banyak didatangi oleh wisatawan, baik dari dalam negeri (wisatawan nusantara) maupun wisatawan dari luar negeri (wisatawan mancanegara).    

 

Mendatangkan Wisatawan

Kehebatan dari Pariwisata itu, berfokus pada menghidupkan kembali dan melestarikan seni budaya yang sudah berkembang di wilayah daerah itu, melestarikan alam dan lingkungan, mendisain bentuk destinasi wisata baik di bidang wisata alam dan wisata pantai, menangani dan mengelola benda benda peninggalan sejarah, seperti candi candi di Yogyakarta, batu megalitik di Pulau Nias, dan berbagai benda peninggalan sejarah lainnya yang terdapat di berbagai daerah di Indonesia.

Fokus lainnya dari Pariwisata itu adalah bisa mendatangkan wisatawan, baik wisatawan nusantara (Wisnus) maupun wisatawan mancanegara (Wisman). Destinasi wisata itu bagaikan sebuah Produk, yaitu sesuatu yang ditawarkan kepada khalayak masyarakat. Kalau Produk siap ditawarkan kepada masyarakat (wisatawan) berarti Produk itu siap memberikan daya tarik yang unik, sebagai ciri khas sebuah daerah yang mungkin sulit dan tidak terdapat di daerah lain, karena sudah didisain sedemikian rupa yang menggambarkan khas sebuah daerah.

Karena dikondisikan seperti itu, mendorong Wisman dan Wisnus untuk berkunjung di daerah itu, untuk melihat keadaan daerah itu serta berbagai destinasi wisata yang bisa dilihat dan dinikmati para wisatawan. Pada zaman now, bepergian untuk bertamasya sekaligus rekreasi, sudah sangat membudaya pada kehidupan masyarakat masa kini. Hal inilah yang mendorong hidupnya kegiatan Pariwisata di wilayah manapun di nusantara dan dunia. Pariwisata dapat memberikan dampak yang sangat luas pada kehidupan ekonomi, sosial budaya, lingkungan, dan ketahanan daerah. Karena itu, banyak daerah yang mendorong kegiatan pariwisata di daerahnya untuk ditangani dengan sangat baik. Jadi, hebatnya pariwisata itu dapat menyimpan kekayaan alam dan budaya yang melimpah sebagai potensi penggerak ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat, sekaligus berperan besar sebagai instrumen pelestarian alam dan budaya. Pergunakanlah berbagai peluang yang sedang mendunia ini dan yang menggelorakan kehidupan manusia di berbagai belahan dunia.     

 

Menghidupkan UMKM

Sudah menjadi kebiasaan bahwa apabila banyak warga masyarakat yang berkumpul, tentu menghadirkan berbagai kebutuhan dari orang orang yang sudah berkumpul tersebut. Warga masyarakat yang telah berkumpul tersebut biasanya mencari sesuatu produk yang dibutuhkan. Disinilah timbulnya jiwa wirausaha para pengusaha UMKM untuk menghadirkan berbagai produk yang dapat memenuhi kebutuhan warga masyarakat/wisatawan yang telah berkumpul tadi. Jadi bagaikan pisau bermata dua, sehingga bisa memotong pada ke dua arah. Destinasi wisata bisa dipoles dan disain disedemikian rupa sampai menjadi destinasi wisata daerah yang bakal dikunjungi para wisatawan, sekaligus para wisatawan tersebut bersedia membeli dan/atau mengkonsumsi berbagai produk yang dihasilkan para pengusaha UMKM di daerah. Jadi, UMKM sudah memiliki customer yang kontinyu dari kegiatan pariwisata serta memungkinkan usahanya akan semakin meningkat dan semakin berkembang di masa yang akan datang.

 

Mensejahterakan Masyarakat

Pada akhirnya, polesan dan disain dari berbagai Produk, yang dalam hal ini tergambar bentuk dan disain destinasi wisata, yang memberi dampak kepada para Wisnus dan Wisman untuk melakukan perkunjungan. Dengan demikian, akan mendorong para wisatawan untuk berusaha memenuhi segala kebutuhannya dengan mengkonsumsi berbagai produk usaha yang disediakan oleh para wirausahawan UMKM.

Tumbuhnya jiwa wirausaha di kalangan masyarakat untuk menyediakan berbagai produk yang diusahakan pengusaha UMKM, seperti berbagai kuliner khas daerah dan kerajinan khas daerah, akan memberikan peluang teratasinya berbagai kebutuhan pokok masyarakat. Kalau hal ini bisa terjadi, akan mendorong para Kepala Daerah untuk lebih berkreasi lagi untuk bisa memenuhi kebutuhan masyarakat lainnya, baik di bidang kesehatan, pendidikan, dan bentuk produk wirausaha lainnya yang tumbuh di kalangan masyarakat.

Mestinya penggalian dan pemberdayaan potensi daerah yang di manajemeni oleh Kepala Daerah ini, barangkali akan mampu memenuhi tercapainya perwujudan Visi dan Misi dari Kepala Daerah. Apabila Kepala Daerahnya mampu mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakatnya, tentu semakin disenangi oleh masyarakatnya, sehingga tingkat kepuasan masyarakat terhadap Kepala Daerahnya akan semakin meningkat, dan semakin disenangi oleh sebagian besar dari masyarakatnya.

Disinilah peran seorang Kepala Daerah yang sudah bercita-cita mau mensejahterakan masyarakatnya. Selalu berusaha memanajemeni berbagai program kerja dari berbagai Kementerian dari Jakarta, dan memanajemeni potensi daerahnya, yang dapat memberi manfaat pada kepentingan dan kebutuhan masyarakat yang dipimpin. Apabila sang Kepala Daerah mampu memanajemeni tugas pokok dan fungsinya, serta didukung oleh berbagai sumber pendanaan yang dapat diperoleh, niscaya daerah tersebut akan semakin maju dan berkembang di masa yang akan datang. Salam kemajuan!

 

Post a Comment for "MENGAPA MEMAJUKAN PARIWISATA DAERAH?"