Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

BAKAL CALON LEGISLATIF

 

                                        Sumber: Gambar yang diperoleh dari google

Pengantar

Pada penulisan kali ini penulis mencoba mengeluarkan Ngenu-ngenu Dodo atau suara hati penulis, sehubungan dengan begitu bersemangatnya para bakal calon legislatif (Bacaleg) untuk terpilih menjadi anggota legislatif di masing masing daerah dan di pusat, yang tujuannya berkeinginan untuk memperjuangkan kepentingan dan kebutuhan masyarakat. Semua anggota legislatif itu berkeinginan memperjuangkan kepentingan masyarakat menurut daerah pemilihan (Dapil) di wilayah kerja sang Bacaleg.

Melihat motto para Bacaleg untuk berjuang bersama dalam upaya memenuhi kepentingan dan kebutuhan masyarakat, jadinya masyarakat berbondong-bondong untuk memilih Bacaleg menjadi anggota legislatif di wilayah kerja sang Bacaleg.  

 

Fungsi Lagislatif

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa fungsi dari anggota legislatif itu ya membuat undang undang dan/atau peraturan daerah (Perda) yang berkaitan dengan pengaturan tata cara kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta menyetujui dan mengawasi anggaran, dan mengawasi pelaksanaan undang undang/peraturan daerah yang telah disetujui anggota legislatif.

Untuk mengetahui lebih dalam fungsi legislatif itu, maka tujuan dari lembaga legislatif meliputi: 1. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembentukan undang undang dan/atau Perda yang berpihak kepada kepentingan masyarakat; 2. Menjaga keseimbangan kekuasaan antara lembaga pemerintahan dalam sistem checks and balances; dan 3. Memperkuat hubungan antara pemerintah dan rakyat melalui jalur legislatif. Tugas lainnya lagi dari anggota legislatif berupa: 1. Menyusun rencana pembangunan nasional dan anggaran negara dan/atau daerah; 2. Menetapkan kebijakan kebijakan yang akan dijalankan oleh pemerintah dalam rangka pembangunan nasional/daerah; 3. Menetapkan peraturan peraturan yang berkaitan dengan pemerintahan dan hukum; 4. Menjaga hubungan antara Indonesia dengan negara lain melalui hubungan parlemen; 5. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan undang undang/Perda dan kebijakan pemerintah; dan 6. Memberikan persetujuan atas kebijakan dan pengangkatan pejabat negara seperti hakim, jaksa, dan pejabat lainnya dari anggota legislatif pusat.

Dengan demikian, dalam lembaga pemerintahan, lembaga legislatif memiliki peran yang sangat penting dalam pembentukan undang undang/Perda dan pengawasan terhadap pelaksanaan undang undang/Perda. Selain itu, lembaga legislatif itu turut memperkuat dan mempertahankan demokrasi serta mewakili suara rakyat. Dengan menjalankan tugas tugas yang disebutkan di atas, diharapkan lembaga legislatif dapat memperkuat hubungan antara pemerintah dan rakyat serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat (https://fahum.umsu.ac.id)

 

Pembagian Wilayah bakal calon legislatif (Bacaleg)

Daerah pemilihan (Dapil) adalah kecamatan atau gabungan kecamatan atau bagian kecamatan yang dibentuk sebagai kesatuan wilayah/daerah berdasarkan jumlah penduduk. Daerah pemilihan (Dapil) dibentuk dalam upaya menentukan alokasi kursi anggota legislatif sebagai dasar pengajuan Bacaleg oleh pimpinan partai politik, dan penetapan calon terpilih anggota legislatif.

Daerah pemilihan (Dapil) merupakan arena para calon legislatif untuk berebut jumlah suara dan/atau tempat untuk berkontestasi antar anggota legislatif. Sistem Dapil merupakan perwujudan dari representasi politik dan demokrasi perwakilan yang bertujuan agar rakyat dan wakil rakyat yang dipilihnya tetap memiliki hubungan dan komunikasi kepentingan dengan rakyat, meskipun pemilu telah selesai. Mengenai ketentuan Dapil yang dihubungkan dengan jumlah penduduk tentu akan ditetapkan oleh yang berwenang untuk memutuskan Dapil di setiap Kabupaten/Kota, Propinsi, dan tingkat Nasional.

 

Bekerja Menurut Daerah Pemilihan (Dapil)

Menurut kata hati penulis, Dapil merupakan wilayah yang terus menerus mendapatkan perhatian dari para anggota legislatif. Anggota legislatif mestinya berjuang terus untuk memenuhi kepentingan dan kebutuhan masyarakat Dapil, sesuai dengan struktur dari para anggota legislatif tingkat Kabupaten/Kota/Propinsi/Nasional, termasuk menciptakan solusi solusi atas berbagai permasalahan yang dialami masyarakat di Dapil tersebut. 

Anda bisa bayangkan, apabila para anggota legislatif itu terus berjuang dan bekerjasama untuk memenuhi kepentingan dan kebutuhan masyarakat di Dapil, wow . . begitu cepatnya terakomodasi dan terpenuhinya kesejahteraan masyarakat di wilayah Dapil tersebut. Pertanyaan yang perlu dikemukakan, yaitu apakah hal hal yang berkaitan dengan kepentingan dan kebutuhan masyarakat di wilayah Dapil sudah bisa terpenuhi pada waktu sekarang?

Mari kita lihat fakta yang terjadi di wilayah Dapil. Masyarakat masih sulit untuk mendapatkan akses internet di wilayahnya, terutama lembaga pendidikan di sebuah wilayah Dapil. Masyarakat di wilayah Dapil masih mengalami kerusakan infrakstruktur jalan dan jembatan, sehingga masyarakat mengalami kesulitan untuk membawa produk yang dihasilkan ke wilayah pasar di wilayah kabupaten dan perkotaan, pada hal customer yang membutuhkan berada jauh dari tempat tinggal warga penghasil produk.

Apalagi harga harga sembilan bahan pokok (Sembako) di wilayah Dapil terkendali dengan baik dan/atau banyak yang naik harganya, termasuk besarnya inflasi di daerah. Bayangan penulis, mestinya masyarakat di Dapil dapat semakin sejahtera hidupnya, berhubung yang menaruh perhatian di wilayah Dapil sudah banyak, seperti para anggota legislatif, pemerintah daerah dan pemerintah pusat melalui Kementerian yang ada di Jakarta. Mereka semua berusaha memberikan pelayanan terbaik dan meningkatkan derajat hidup bagi masyarakat serta terpenuhinya kepentingan dan kebutuhan dari masyarakat tersebut.

Kalau kita menyebut dukungan dari Kementerian, bisa dari Kementerian desa-pembangunan daerah tertinggal-dan transmigrasi, Kementerian perhubungan, Kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat, Kementerian sosial, Kementerian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi, Kementerian kesehatan, Kementerian pariwisata, dan Kementerian yang lain. Dengan posisi seperti yang disebutkan di atas, sebuah kewajaran bila rakyat Indonesia akan lebih cepat mendapatkan kemajuan hidup serta Indonesia cepat menjadi negara maju di dunia, yang telah diprediksi bahwa akan tercapai pada 1 (satu) abad kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada tahun 2045.          

 

Hasil yang Diwujudkan Anggota Legislatif

Namanya sebuah lembaga yang memikirkan kemajuan dan kesejahteraan hidup orang banyak atau yang disebut masyarakat, mestinya akan lebih cepat maju dan sejahtera hidupnya. Anggota legislatif selalu berusaha mencatat dan mengetahui berbagai hal yang dirasakan masyarakat, baik kemajuan yang dialami maupun permasalahan yang masih dirasakan oleh masyarakat.

Kalau permasalahan masyarakat yang ditemukan bersifat umum, terdapat banyak di beberapa daerah, anggota legislatif bisa segera membuat undang undang dan/atau Perda yang menata kehidupan masyarakat serta mengawasi pelaksanaan undang undang/Perda tersebut supaya dapat dijalankan dengan baik oleh pemerintah. Demikian juga dalam hal penganggaran yang dibutuhkan untuk mewujudkan kemajuan masyarakat Indonesia, terus diawasi penggunaan anggarannya dengan harapan dapat dijalankan dengan baik.

Meskipun melakukan pengawasan terhadap perikehidupan masyarakat termasuk penggunaan anggaran yang lebih fokus memajukan kesejahteraan masyarakat, ternyata masih banyak terdapat kelemahan di sana sini, yang menghantui kehidupan masyarakat. Masih terdapat penggunaan anggaran yang belum sesuai ketentuan, sesuai dasar permintaan dan persetujuan anggaran. Tujuan penggunaan anggaran sih dimaksudkan untuk memajukan perikehidupan masyarakat di daerahnya, tetapi faktanya sebagian besar dari anggaran tersebut banyak digunakan untuk melakukan perjalanan dinas (PD) dan rapat rapat. Masih terdapat korupsi terhadap anggaran yang sudah disetujui, sehingga pemerintah mengusulkan adanya undang undang perampasan aset yang telah dimiliki oleh koruptor, namun sampai sekarang belum terlihat perwujudannya. Masih terdapat kesulitan dalam hal pendirian rumah ibadah, meskipun agama itu sudah disetujui dan diakui di Indonesia. Masih terdapat beberapa daerah yang menunjukkan tidak toleran terhadap sesamanya, hanya karena terdapat perbedaan dalam hal agama dan keyakinannya. Bahkan yang lebih memprihatinkan lagi yaitu beberapa anggota legislatif di beberapa daerah ditangkap komisi pemberantasan korupsi (KPK), karena menerima suap saat penetapan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Meskipun kondisi negara kita masih demikian, kita masih berharap bahwa masyarakat Indonesia akan bertindak lebih baik lagi serta saling menghargai satu sama lain, sehingga masyarakat Indonesia merasakan kedamaian dan sejahtera hidupnya yang semakin baik dari waktu ke waktu. Para Bacaleg yang sudah terpilih menjadi anggota legislatif, dapat lebih peduli lagi pada tugas dan tanggung jawabnya untuk turutserta mensejahterakan masyarakat Indonesia ke depan, serta berusaha melakukan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) dengan fokus pada kepentingan dan kebutuhan masyarakat, yang telah memilih Anda menjadi anggota legislatif definitif.

 

Daftar pustaka

https://fahum.umsu.ac.id Pengertian, Tujuan, dan Tugas Lembaga Legislatif Indonesia. disadur pada tanggal 30 Juli 2023

 

Post a Comment for "BAKAL CALON LEGISLATIF"