PROGRAM KERJA DIREKTUR RUMAH SAKIT
SETIAP rumah sakit
pasti sudah memiliki Visi dan Misi dalam upaya untuk memberikan layanan kesehatan
terbaik dan berkualitas kepada setiap pasien rumah sakit. Berdasarkan Visi dan
Misi tersebut, tentu Pemimpin rumah sakit menjabarkannya pada program kerja
yang dapat dilaksanakan dalam jangka pendek, jangka menengah, dan jangka
panjang. Pernyataan Visi dan Misi seperti yang disebutkan di bawah ini, hanya
pemantik pemikiran saja sebagai contoh Visi dan Misi sebuah rumah sakit hehehe.
Visi Rumah Sakit
Menjadi rumah sakit yang sumber daya
manusia-nya (SDM-nya) mampu memberikan layanan yang profesional, diandalkan
oleh semua lapisan masyarakat di wilayah kerja rumah sakit dan sekitarnya
selama 5 tahun ke depan
Pokok-pokok Pikiran yang terkandung dalam Visi tersebt, yaitu:
1.
Sumber
daya manusia (SDM) rumah sakit merupakan penentu keberhasilan layanan rumah
sakit ke depan sebagai “Man Behind The
Gun”.
2.
Layanan
yang profesional yaitu layanan yang diberikan SDM kepada setiap pasien rumah
sakit dan bermutu menurut komisi akreditasi rumah sakit (KARS), sesuai tugas
dan tanggungjawab SDM pada layanannya di rumah sakit, sehingga pasien yang
dilayani merasa berada ditengah-tengah keluarganya.
3.
Layanan
yang diandalkan masyarakat yaitu layanan yang didapatkan pasien dari SDM rumah
sakit saat berobat di rumah sakit, dan dirasakan sebagai layanan SDM yang
berkesan kepada pasien
Misi Rumah Sakit
Untuk mewujudkan tercapainya Visi seperti yang
sudah disebutkan di atas, diperlukan Misi yang akan dijalankan selama menjadi
Pemimpin rumah sakit. Adapun Misi yang akan dijalankan, sebagai berikut:
1.
Melaksanakan
pelatihan dan pendidikan secara berkala kepada SDM rumah sakit, agar dapat dan
mampu memberikan layanan yang baik, bermutu, dan profesional
2.
Melaksanakan
perluasan jangkauan layanan rumah sakit dengan mengadakan pendekatan institusi
kepada masyarakat, dengan fokus pada kebutuhan masyarakat sekitar mengenai
pemberian layanan kesehatan dan informasi kesehatan
3.
Meningkatkan
mutu layanan dan kelengkapan yang dibutuhkan oleh produk layanan di rumah sakit
4.
Melakukan
marketing rumah sakit dengan 5P,
yaitu: a. Product (produk layanan
yang tersedia di rumah sakit); b. Price
(tarif layanan rumah sakit, jaminan kesehatan nasional (JKN), dan asuransi); c.
People (SDM rumah sakit); d. Place (tempat layanan pasien); dan e. Promotion (promosi layanan rumah sakit)
Pokok-pokok
Pikiran yang terkandung dalam Misi tersebut, yaitu:
a.
Peningkatan
mutu layanan, suatu upaya yang terus menerus dilakukan oleh seluruh civitas
hospitalia rumah sakit, untuk memberikan layanan yang selalu bermutu kepada
setiap pasien rumah sakit
b.
Pemberian
pendidikan dan pelatihan (Diklat) kepada SDM rumah sakit, pemberian Diklat
kepada SDM rumah sakit untuk meningkatkan kompetensi SDM, agar mampu memiliki
pengetahuan dan kemampuan dalam memberikan layanan terbaik kepada para pasien
yang berada di atas harapan para pasien RS
Nah . . setelah
menyatakan Visi dan Misi rumah sakit, termasuk pokok-pokok pikiran yang turut menjelaskan
secara mendalam mengenai Visi dan Misi rumah sakit tersebut. maka langkah
selanjutnya berusaha memaparkan program kerja yang akan dilaksanakan dalam masa
kerja jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Adapun program kerja
yang diharapkan dapat mewujudkan Visi dan Misi Pemimpin rumah sakit pada waktu
yang akan datang, sebagai berikut:
Program kerja rumah sakit selama 5
(lima) tahun ke depan
No. |
Program Kerja |
Jangka Pendek |
Jangka Menengah |
Jangka Panjang |
Keterangan |
1 |
Layanan yang Berkualitas |
v |
v |
v |
|
2 |
Layanan yang Berkesan |
v |
v |
v |
|
3 |
Komunikasi Dalam Layanan |
v |
v |
v |
|
4 |
Pemantapan Fungsi Kepala Ruang |
v |
v |
v |
|
5 |
Menangani Keluhan Pasien |
v |
v |
v |
|
6 |
Komunikasi itu Media Pemasaran |
v |
v |
v |
|
7 |
Pemberian Layanan yang Responsif |
v |
v |
v |
|
8 |
Budaya Kerja pada Layanan yang Berkualitas |
v |
v |
v |
|
9 |
Pelayanan yang Ekselen |
v |
v |
v |
|
10 |
Menciptakan Daya Saing |
v |
v |
v |
|
11 |
Menangani Hubungan Masyarakat |
v |
v |
v |
|
12 |
Perbaikan alat-alat medik |
v |
v |
v |
|
13 |
USG menurut dimensi baru |
v |
- |
- |
|
14 |
Kalibrasi alat-alat medis |
- |
v |
- |
|
15 |
Regulator O2 |
v |
v |
v |
|
16 |
Tabung Gas |
dan
seterusnya menurut kebutuhan rumah sakit |
|||
17 |
Perkusi stik |
|
|
|
|
18 |
Nebulizer |
|
|
|
|
19 |
USG Abdomen |
|
|
|
|
20 |
Timbang berat badan |
|
|
|
|
21 |
DC syok (alat pacu jantung) |
|
|
|
|
22 |
Saturasi |
|
|
|
|
23 |
Thermometer ruang |
|
|
|
|
24 |
Laboratorium RS |
|
|
|
|
25 |
CT Scan |
|
|
|
|
26 |
Ventilator |
|
|
|
|
27 |
NGT no. 16 |
|
|
|
|
28 |
CT Scan |
|
|
|
|
29 |
Emergency |
|
|
|
|
30 |
Nebulizer |
|
|
|
|
31 |
Monitor |
|
|
|
|
32 |
DC Syok (alat pacu jantung) |
|
|
|
|
33 |
Laboratorium milik RS/alat laboratorium
diperbaiki |
|
|
|
|
34 |
Thermometer, thermometer digital untuk anak |
|
|
|
|
35 |
Tempat sampah di ruangan |
|
|
|
|
36 |
BSM (monitoring pasien dengan pemantauan
khusus) |
dan
lain-lain |
Program kerja yang
tertulis di atas hanya merupakan contoh saja, dan ini tentu disesuaikan dengan kebutuhan
rumah sakit sesuai Visi dan Misi Pemimpin di dalam menjalankan manajemen
operasional di rumah sakit. Ada baiknya Pemimpin juga meminta kondisi layanan
di lapangan, barangkali ada masukan dari berbagai instalasi layanan untuk
menyampaikan hal-hal yang dibutuhkan, agar layanan yang diberikan semakin mampu
memberikan layanan yang sesuai dengan harapan dari pasien rumah sakit.
Selain yang disebutkan
di atas, bisa juga Pemimpin meminta barbagai harapan dari SDM rumah sakit untuk
menjadikan rumah sakit ini semakin dapat dipercaya oleh masyarakat. Barangkali
ada yang menyampaikan harapan dengan mengusulkan beberapa hal seperti contoh di
bawah ini:
1.
Perbaikan manajemen rumah sakit
2.
Rumah sakit bisa melayani layanan badan
penyelenggara jaminan sosial (BPJS) dengan mudah dan cepat
3.
Peningkatan kebersihan rumah sakit dan
lingkungan rumah sakit
4.
Peningkatan kinerja SDM rumah sakit
5.
Meningkatkan
jumlah kunjungan pasien di rumah sakit
6.
Pelatihan
SDM secara berkala
7.
Membuat
tatakelola ruang yang sesuai
8.
Komite
medik difungsikan dengan baik
9.
Perbaikan
kesejahteraan SDM
10. Perbaikan pada Visi dan Misi rumah sakit,
terus disosialisasikan kepada SDM
11. Mempererat tali persaudaraan
12. Meningkatkan mutu layanan SDM
13. Menambah jumlah SDM yang dibutuhkan rumah
sakit
14. Menciptakan alur layanan yang pasti
15. Bila ada kebijakan, sosialisasikan kepada SDM
16. Penambahan tenaga radiographer
17. Pemasaran rumah sakit
18. Akreditasi yang selalu di-update
19. Peningkatan komunikasi antar bagian
20. Menyediakan sarana dan prasarana/alat medis
sesuai standar
21. Perbaikan layanan laboratorium dan/atau
instalasi bedah sentral
Program kerja Pemimpin
dalam memajukan dan mengembangkan layanan rumah sakit yang dipercaya pasien,
harus dibuat dengan jelas dan bermanfaat sekaligus sebagai milestone (tonggak pencapaian) pada perwujudan kemajuan layanan
rumah sakit. Untuk itu alangkah baiknya program kerja Pemimpin selama bertindak
sebagai Pemimpin rumah sakit perlu diperjelas dari awal mengenai program kerja
jangka pendek, menengah, dan program kerja jangka panjang yang disesuaikan
dengan kemampuan Manajemen rumah sakit dan Pemilik rumah sakit. Program kerja
inilah yang selalu digaungkan Pemimpin kepada SDM rumah sakit, sehingga
semangat bersama di dalam mewujudkannya menjadi daya dorong untuk memberikan
layanan yang semakin baik dan berkualitas kepada pasien rumah sakit.
Post a Comment for "PROGRAM KERJA DIREKTUR RUMAH SAKIT"