Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PROGRAM KERJA DIREKTUR RUMAH SAKIT

  

SETIAP rumah sakit pasti sudah memiliki Visi dan Misi dalam upaya untuk memberikan layanan kesehatan terbaik dan berkualitas kepada setiap pasien rumah sakit. Berdasarkan Visi dan Misi tersebut, tentu Pemimpin rumah sakit menjabarkannya pada program kerja yang dapat dilaksanakan dalam jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Pernyataan Visi dan Misi seperti yang disebutkan di bawah ini, hanya pemantik pemikiran saja sebagai contoh Visi dan Misi sebuah rumah sakit hehehe. 

Visi Rumah Sakit

Menjadi rumah sakit yang sumber daya manusia-nya (SDM-nya) mampu memberikan layanan yang profesional, diandalkan oleh semua lapisan masyarakat di wilayah kerja rumah sakit dan sekitarnya selama 5 tahun ke depan                 

Pokok-pokok Pikiran yang terkandung dalam Visi tersebt, yaitu:

1.   Sumber daya manusia (SDM) rumah sakit merupakan penentu keberhasilan layanan rumah sakit ke depan sebagai “Man Behind The Gun”.

2.   Layanan yang profesional yaitu layanan yang diberikan SDM kepada setiap pasien rumah sakit dan bermutu menurut komisi akreditasi rumah sakit (KARS), sesuai tugas dan tanggungjawab SDM pada layanannya di rumah sakit, sehingga pasien yang dilayani merasa berada ditengah-tengah keluarganya.

3.   Layanan yang diandalkan masyarakat yaitu layanan yang didapatkan pasien dari SDM rumah sakit saat berobat di rumah sakit, dan dirasakan sebagai layanan SDM yang berkesan kepada pasien

 

Misi Rumah Sakit

Untuk mewujudkan tercapainya Visi seperti yang sudah disebutkan di atas, diperlukan Misi yang akan dijalankan selama menjadi Pemimpin rumah sakit. Adapun Misi yang akan dijalankan, sebagai berikut:

1.   Melaksanakan pelatihan dan pendidikan secara berkala kepada SDM rumah sakit, agar dapat dan mampu memberikan layanan yang baik, bermutu, dan profesional

2.   Melaksanakan perluasan jangkauan layanan rumah sakit dengan mengadakan pendekatan institusi kepada masyarakat, dengan fokus pada kebutuhan masyarakat sekitar mengenai pemberian layanan kesehatan dan informasi kesehatan

3.   Meningkatkan mutu layanan dan kelengkapan yang dibutuhkan oleh produk layanan di rumah sakit

4.   Melakukan marketing rumah sakit dengan 5P, yaitu: a. Product (produk layanan yang tersedia di rumah sakit); b. Price (tarif layanan rumah sakit, jaminan kesehatan nasional (JKN), dan asuransi); c. People (SDM rumah sakit); d. Place (tempat layanan pasien); dan e. Promotion (promosi layanan rumah sakit)

Pokok-pokok Pikiran yang terkandung dalam Misi tersebut, yaitu:

a.    Peningkatan mutu layanan, suatu upaya yang terus menerus dilakukan oleh seluruh civitas hospitalia rumah sakit, untuk memberikan layanan yang selalu bermutu kepada setiap pasien rumah sakit

b.   Pemberian pendidikan dan pelatihan (Diklat) kepada SDM rumah sakit, pemberian Diklat kepada SDM rumah sakit untuk meningkatkan kompetensi SDM, agar mampu memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam memberikan layanan terbaik kepada para pasien yang berada di atas harapan para pasien RS

Nah . . setelah menyatakan Visi dan Misi rumah sakit, termasuk pokok-pokok pikiran yang turut menjelaskan secara mendalam mengenai Visi dan Misi rumah sakit tersebut. maka langkah selanjutnya berusaha memaparkan program kerja yang akan dilaksanakan dalam masa kerja jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Adapun program kerja yang diharapkan dapat mewujudkan Visi dan Misi Pemimpin rumah sakit pada waktu yang akan datang, sebagai berikut:

Program kerja rumah sakit selama 5 (lima) tahun ke depan

No.

Program Kerja

Jangka Pendek

Jangka Menengah

Jangka Panjang

Keterangan

1

Layanan yang Berkualitas

v

v

v

 

2

Layanan yang Berkesan

v

v

v

 

3

Komunikasi Dalam Layanan

v

v

v

 

4

Pemantapan Fungsi Kepala Ruang

v

v

v

 

5

Menangani Keluhan Pasien

v

v

v

 

6

Komunikasi itu Media Pemasaran

v

v

v

 

7

Pemberian Layanan yang Responsif

v

v

v

 

8

Budaya Kerja pada Layanan yang Berkualitas

v

v

v

 

9

Pelayanan yang Ekselen

v

v

v

 

10

Menciptakan Daya Saing

v

v

v

 

11

Menangani Hubungan Masyarakat

v

v

v

 

12

Perbaikan alat-alat medik

v

v

v

 

13

USG menurut dimensi baru

v

-

-

 

14

Kalibrasi alat-alat medis

-

v

-

 

15

Regulator O2

v

v

v

 

16

Tabung Gas

dan seterusnya menurut kebutuhan rumah sakit

17

Perkusi stik

 

 

 

 

18

Nebulizer

 

 

 

 

19

USG Abdomen

 

 

 

 

20

Timbang berat badan

 

 

 

 

21

DC syok (alat pacu jantung)

 

 

 

 

22

Saturasi

 

 

 

 

23

Thermometer ruang

 

 

 

 

24

Laboratorium RS

 

 

 

 

25

CT Scan

 

 

 

 

26

Ventilator

 

 

 

 

27

NGT no. 16

 

 

 

 

28

CT Scan

 

 

 

 

29

Emergency

 

 

 

 

30

Nebulizer

 

 

 

 

31

Monitor

 

 

 

 

32

DC Syok (alat pacu jantung)

 

 

 

 

33

Laboratorium milik RS/alat laboratorium diperbaiki

 

 

 

 

34

Thermometer, thermometer digital untuk anak

 

 

 

 

35

Tempat sampah di ruangan

 

 

 

 

36

BSM (monitoring pasien dengan pemantauan khusus)

dan lain-lain

 

Program kerja yang tertulis di atas hanya merupakan contoh saja, dan ini tentu disesuaikan dengan kebutuhan rumah sakit sesuai Visi dan Misi Pemimpin di dalam menjalankan manajemen operasional di rumah sakit. Ada baiknya Pemimpin juga meminta kondisi layanan di lapangan, barangkali ada masukan dari berbagai instalasi layanan untuk menyampaikan hal-hal yang dibutuhkan, agar layanan yang diberikan semakin mampu memberikan layanan yang sesuai dengan harapan dari pasien rumah sakit.

Selain yang disebutkan di atas, bisa juga Pemimpin meminta barbagai harapan dari SDM rumah sakit untuk menjadikan rumah sakit ini semakin dapat dipercaya oleh masyarakat. Barangkali ada yang menyampaikan harapan dengan mengusulkan beberapa hal seperti contoh di bawah ini:

1.     Perbaikan manajemen rumah sakit

2.     Rumah sakit bisa melayani layanan badan penyelenggara jaminan sosial (BPJS) dengan mudah dan cepat

3.     Peningkatan kebersihan rumah sakit dan lingkungan rumah sakit

4.     Peningkatan kinerja SDM rumah sakit

5.     Meningkatkan jumlah kunjungan pasien di rumah sakit

6.     Pelatihan SDM secara berkala

7.     Membuat tatakelola ruang yang sesuai

8.     Komite medik difungsikan dengan baik

9.     Perbaikan kesejahteraan SDM

10. Perbaikan pada Visi dan Misi rumah sakit, terus disosialisasikan kepada SDM

11. Mempererat tali persaudaraan

12. Meningkatkan mutu layanan SDM

13. Menambah jumlah SDM yang dibutuhkan rumah sakit

14. Menciptakan alur layanan yang pasti

15. Bila ada kebijakan, sosialisasikan kepada SDM

16. Penambahan tenaga radiographer

17. Pemasaran rumah sakit

18. Akreditasi yang selalu di-update

19. Peningkatan komunikasi antar bagian

20. Menyediakan sarana dan prasarana/alat medis sesuai standar

21. Perbaikan layanan laboratorium dan/atau instalasi bedah sentral

Program kerja Pemimpin dalam memajukan dan mengembangkan layanan rumah sakit yang dipercaya pasien, harus dibuat dengan jelas dan bermanfaat sekaligus sebagai milestone (tonggak pencapaian) pada perwujudan kemajuan layanan rumah sakit. Untuk itu alangkah baiknya program kerja Pemimpin selama bertindak sebagai Pemimpin rumah sakit perlu diperjelas dari awal mengenai program kerja jangka pendek, menengah, dan program kerja jangka panjang yang disesuaikan dengan kemampuan Manajemen rumah sakit dan Pemilik rumah sakit. Program kerja inilah yang selalu digaungkan Pemimpin kepada SDM rumah sakit, sehingga semangat bersama di dalam mewujudkannya menjadi daya dorong untuk memberikan layanan yang semakin baik dan berkualitas kepada pasien rumah sakit.

   

Post a Comment for "PROGRAM KERJA DIREKTUR RUMAH SAKIT"