Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kata Pengantrar pada Buku Inspirasi Pengembangan Pariwisata di Daerah

 Membaca Buku Inspirasi Pengembangan Pariwisata di Daerah, karya Drs. Manahati Zebua, M.Kes., MM. kita dibawa ke alam penyadaran bersama betapa Pariwisata merupakan aset nasional kita yang belum terurus dengan baik.

Beberapa catatan tambahan yang ingin saya sampaikan untuk menghantar buku ini ketangan pembaca, bahwa Pariwisata Indonesia menyimpan kekayaan alam dan budaya yang melimpah sebagai potensi penggerak ekonomi untuk kesejahteraan bangsa. Disamping itu, Pariwisata sekaligus juga berperan besar sebagai instrumen pelestarian alam dan budaya.

Namun untuk menggerakkan itu semua menjadi lokomotif ekonomi lokal dan nasional memerlukan kesiapan orang-orang  yang tanggap dan memahami  ilmu untuk menggerakkan pariwisata. Pariwisata harus digerakkan dalam semangat dan pemahaman yang sama antara pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat.

Untuk membangun pariwisata diperlukan  keterampilan, pengetahuan dan perilaku yang sesuai dengan  tuntutan "dunia" pariwisata.

Buku ini membuka banyak wawasan yang bisa menginspirasi semua pihak untuk lebih memahami peluang dan juga sekaligus tantangan kepariwisataan kita. Mengambil contoh Nias sebagai destinasi wisata potensial di Indonesia tentu saja sah karena tanah  kelahiran penulis tersebut memiliki alasan yang  layak untuk dikembangkan dengan serius.

Atas nama Direktorat Promosi Pariwisata Dalam Negeri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI saya memberi apresiasi kepada penulis yang pernah menjadi  rekan kerja saya di Kanwil Departemen Parpostel Daerah Istimewa Yogyakarta, medio  delapan puluhan, atas inisiatifnya menulis buku ini.

Dalam rangka memajukan pariwisata dalam negeri, diperlukan wawasan yang luas dan kesadaran yang tinggi untuk menggerakkannya. Buku ini merangkum banyak informasi dan wawasan kepariwisataan, tentu saja ikut berkontribusi untuk kemajuan pembangunan pariwisata nasional. Selamat membaca.

Penulis: Tazbir Abdullah, SH. M.Hum.

Mantan Direktur Promosi Pariwisata Dalam Negeri  Kementerian                         Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI

 

Post a Comment for "Kata Pengantrar pada Buku Inspirasi Pengembangan Pariwisata di Daerah"